Trending News

Blog Post

Album of The Day: Susan Boyle – I Dreamed a Dream
Album of The Day

Album of The Day: Susan Boyle – I Dreamed a Dream 

PhotobucketMemulai karir musik profesional di usia 48 tahun, tentu saja andalan utama bagi seorang Susan Boyle (SuBo) adalah vokal. Vokal yang pada awal 2009 ini membuat juri serta penonton ajang kontes Britain’s Got Talent, yang semula meremehkan penampilan khas ibu-ibunya, menganga. Vokal yang membuat 2.5 juta pasang mata di dunia menyaksikannya dalam waktu 72 jam setelah di posting di YouTube.

Didukung dengan penuh oleh Simon Cowell, salah satu juri kontes tersebut, maka di penghujung 2009 kelarlah ‘I Dreamed A Dream’ album pertamanya. Diambil berdasarkan tembang dari pagelaran Les Miserables yang memang telah menjulangkan namanya dalam acara tersebut.

Vokal SuBo terentang dengan luas, meski mungkin tidak terlalu lincah, sehingga pilihan materi album adalah tembang-tembang klasik dunia yang telah menjadi favoritnya. Contohlah ‘Wild Horses’ yang aslinya adalah milik Rolling Stones, bertransformasi menjadi balada lembut yang subtil. Membuat merinding!

Unsur teatrikal pun lekat pada teknik vokal SuBo, yang tidak heran tereferensikan melalui vokal diva-diva teater terkenal seperti Elaine Page atau Sarah Brightman.

‘I Dreamed A Dream’ adalah bukti konkrit untuk itu, dimanal SuBo berhasil membangun kemegahan yang ingin dikejar oleh lagu tersebut, meski dia pun tak berpantang dalam irama Jazz seperti ‘Cry Me A River’ yang eklektik atau ‘ How Great Thou Art’ dan ‘Amazing Grace’ yang berbau gospel.

Kesan megah seolah memang menjadi ciri khas vokalnya, termasuk saat merendisi ulang hit-klasik Madonna, ‘You’ll See’. Didalam vokalnya, tembang tersebut menjadi lebih extravagans, mendalam dan sendu. Atau pada hits klasik ‘The End of the World’, yang meski hanya diiringi oleh petikan gitar, namun malah menambah kesan syahdu.

Mendaur ulang lagu-lagu lama sepertinya menjadi tipikalitas bagi SuBo, akan tetapi album ini tetap menawarkan lagu orisinil yang khusus dibuat untuknya; ‘Who I Was Born to Be’ dan ‘Proud’. Keduanya adalah tembang balada dalam koridor pop. Aransemennya masih berkesan teatrikal mungkin, akan tetapi vokal SuBo menyublimasi menjadi suatu kekuatan yang lembut tetapi bertenaga, mengawang sekaligus membumi. Kedua lagu tersebut mampu tampil inspirasional dan menyentuh. Potensi untuk menjadi hits cukup besar bagi lagu-lagu ini.

Dan karena sebentar lagi hari Natal, tidak heran jika album ini pun ditutup dengan ‘Silent Night’ versi SuBo yang sangat otherworldly. Disamping anasir choir yang memikat, vokal SuBo sendiri berhasil meniupkan ruh spiritualitas yang adi-kodrati di dalamnya. Lembut, mengalun dan bernas. Superb!

‘I Dreamed A Dream’ seolah-olah adalah pembuktian untuk “tiada-kata-terlambat” atau “keajaiban-itu-nyata”. Hanya dalam kurang dari setahun, seorang “biasa” seperti Susan Boyle berinkarnasi menjadi seorang yang “luar-biasa”. Dan itu karena karunia vokalnya yang bertalenta. Sebuah album yang dewasa yang kontemplatif mungkin, akan tetapi tidak mereduksi nilai popularitasnya. Album yang sangat menawan.
(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
01. Wild Horses
02. I Dreamed A Dream
03. Cry Me A River
04. How Great Thou Art
05. You’ll See
06. Daydream Believer
07. Up To The Mountain
08. Amazing Grace
09. Who I Was Born To Be
10. Proud
11. The End Of The World
12. Silent Night

Related posts

Leave a Reply