Trending News

Blog Post

Album of The Day: Timbaland: Presents Shock Value 2
Album of The Day

Album of The Day: Timbaland: Presents Shock Value 2 

PhotobucketIt’s so fantastic!!! Itulah yang terbersit dibenak saya ketika melihat ke-17 lagu yang berkutat dalam album ketiga Timbaland, Present: Shock Value II. Masih seperti album keduanya, Shock Value II masih mengandalkan kolaborasi yang fantastis. Timothy Zachary Mosley atau yang biasa disebut Timbaland merupakan pria kelahiran 10 Maret 1971 yang sukses membuat beberapa penyanyi berhasil terangkat. Sebut saja OneRepublic, Justin Timberlake, Nelly Furtado, Keri Hilson hingga Madonna. Masih bertindak sebagai executive producer, Timbaland juga dibantu beberapa produser lain seperti Jim Beanz, Jerome “JRoc” Harmon, dan Polow da Don. Masih mengandalkan formula yang sama pada seperti album sebelumnya, Timbaland berhasil meramu, meracik dan menggabungkan beberapa aliran/genre musik menjadi satu. Sebut saja pop, rock, hip hop, r&b, hingga rock, semua bisa ditemui di album ini. Uniknya? Miley Cyrus yang pada dasarnya beraliran country, juga didapuk terlibat pada Shock Value II ini.

Mendengarkan vokal Timbaland yang unik pada setiap lagunya, merupakan kelebihan Timbaland dalam menggabungkan beberapa genre musik. Pada pembukaan pertama, “Intro” dibuka oleh DJ Felli Fel. Kangen dengan suara Justin Timberlake? Mari kita nikmati “Carry Out”, masih mengandalkan music r&b, menjadi single pembuka yang masih cukup asyik untuk bergoyang. Cukup dengan Justin, mari kita beranjak ke Jojo. Lose Control” yang pada vokal pembukanya di buka oleh Jojo, merupakan single pop slow, dan sedikit r&b seperti milik Jojo sebelumnya, sangat mengesankan. Lanjut pada single “Meet In tha Middle” yang dibawakan dengan Bran’ Nu atau yang biasa di kenal Brandy, sangat kental akan nuansa r&b dan masih asik untuk dinikmati. Kolaborasi pada “Say Something” dengan Drake, masih mengandalkan irama slow hip hop, sedikit membosankan.

Hip hop berkolaborasi dengan music rock? Sudah bukan hal yang asing buat Timbaland. “Tomorrow In a Bottle” dibawkan keroyokan dengan penyanyi rock Chad Kroeger yang merupakan lead vokal dari Nickelback, dan Sebastian yang sebelumnya pernah tampil pada beberapa single pada album Timbaland sebelumnya. Intro yang cukup unik dimulai dengan suara rap, dengan menggabungkan beberapa instrument seperti gitar dan sekilas mendengar lagu ini akan mengingatkan pada beberapa lagu milik Nickelback. Kolaborasi unik Miley Cyrus dan Timbaland pada “We Belong to the Music” membuat pendengarnya tidak bisa berhenti menggoyangkan badan, coba dengarkan intro Timbaland menyebut Miley, dan Miley membalas “Put your hands up” membuat single electropop dance ini, akan menjadikan favourite semua orang, oh ya jangan berharap mendengar irama country pada single ini, sekilas mengingatkan pada “Breakout” milik Miley Cyrus.

“Morning After Dark” dibawakan Nelly Furtado & SoShy merupakan single yang tidak perlu dipertanyakan lagi seperti apa. Mengajak SoShy penyanyi yang berasal dari Perancis, dan yang sudah tidak asing lagi, Nelly Furtado, membuat sempurna single dance midup tempo ini. Apa jadinya jika pop rocknya Katy Perry berkolaborasi dengan hip hop Timbaland? “If We Ever Meet Again” merupakan single yang terdengar nyaris tanpa cacat, dibuka pada intro gitar, sekilas sedikit mengingatkan pada beberapa single milik Katy Perry. Mengesankan. Tidak ketinggalan, pada “Can You Feel It” Timbaland mengajak singer Kanada Esthero, dan juga Sebastian. Jika didengarkan sekilas sedikit mengingatkan “The Way I Are”. Single upbeat ini, sangat mudah untuk dinikmati.

Mau mendengarkan Timbaland tanpa kolaborasi? “Ease Off The Liquor” single upbeat dengan irama dance ini, masih menampilkan background vokal Melody Thornton, personil Pussycat Dolls. Mendengarkan Undertow yang dibuka dengan Piano pada intronya, Timbaland berhasil menggabungkan kolaborasi yang unik antara hip hop dan alternative rock piano, The Fray dan Esthero. Hampir seluruh single ini diiringi dengan piano, seperti pada single milik The Fray kebanyakan dan dibalut dengan sedikit musik hip hop. Sebagai tambahan, Esthero merupakan singer dan produser yang sudah malang melintang di dunia musik cukup lama.

“Timothy (Where Have You Been)”, sekilas mendengar pada intronya, akan langsung teringat single milik kelompok Jet, “Look What You’ve Done”. Perpaduan unik garage/alternative rock dengan hip hop ditambah Timbaland yang mebawakan dengan slow-rap, terdengar unik. Gimana nih dengan lengkingan vokal rock Daughtry yang berlawanan dengan rap-nya Timbaland? “Long Way Down” menghasilkan perpaduan musik yang unik. Meski nuansa rock dan vokal Daughtry sangat mendominasi, mendengarkan single ini tidak terlalu sulit untuk dicerna.

OneRepubilc? Tampaknya masih belum bosen untuk berkolaborasi dengan Timbaland yang berhasil mengangkatnya lewat “Apoogize”. “Marchin’ On” dibawakan dengan versi Timbaland Remix, sebenarnya tidak memiliki perbedaan musik yang terlalu jauh dengan versi aslinya. Namun yang terjadi setelah di remix? Memiliki tempo upbeat yang membuat sedikit semangat, ditambah vokal elektro timbaland yang unik, membuat single yang intronya mirip dengan “Save You” milik Kelly Clarkson ini makin mudah menancap dikuping. Setelah duet melalui lagu “The Way I Are”, Keri Hilson & D.O.E. kembali bergabung dengan “The One I Love” , mengandalkan beat slow r&b, masih bisa asik untuk didengarkan, dan ditutup dengan “Symphony” yang dibawakan keroyokan oleh Attitude, Bran’ Nu & D.O.E. memang memiliki beat-beat yang unik.

Meski pada beberapa track porsi menyanyi dan rap Timbaland kurang mendominasi, namun secara keseluruhan, album ketiganya ini terdengar begitu meriah. Berkolaborasi dengan berbagai penyanyi, musisi dan produser musik terkenal, sudah menjadi jaminan bahwa album Shock Value II ini akan kembali mengulang kesuksesan. Saya memberikan jaminan mendengarkan berulang-ulang album ini, akan membuat addicted alias ketagihan, sekali didengar, ingin didengar lagi. Itulah kehebatan Timbaland, berhasil meramu musik dari bermacam aliran menjadi satu dalam album ini, sehingga tidak terdengar membosankan. Selain pada beberapa singlenya mengajak bergoyang, dengan irama dance, hip hop, r&b, dan electropop, kolaborasinya dengan musik rock, mendapatkan dua acungan jempol dari saya.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributor)

Track List:
1. “Intro” (by DJ Felli Fel) 0:49
2. “Carry Out” Feat. Justin Timberlake 3:53
3. “Lose Control” Feat. JoJo 4:28
4. “Meet In tha Middle” Feat. Bran’ Nu 4:01
5. “Say Something” Feat. Drake 4:01
6. “Tomorrow In a Bottle” Feat. Chad Kroeger & Sebastian 5:28
7. “We Belong to the Music” Feat. Miley Cyrus 4:28
8. “Morning After Dark” Feat. Nelly Furtado & SoShy 3:52
9. “If We Ever Meet Again” Feat. Katy Perry 4:59
10. “Can You Feel It” Feat. Sebastian & Esthero 4:44
11. “Ease Off the Liquor” 5:58
12. “Undertow” Feat. Fray & Esthero 4:22
13. “Timothy (Where Have You Been)” Feat. Jet 4:47
14. “Long Way Down” Feat. Daughtry 4:23
15. “Marchin’ On” (Timbaland Remix) Feat. OneRepublic 4:12
16. “The One I Love” Feat. Keri Hilson & D.O.E. 4:34
17. “Symphony” Feat. Attitude, Bran’ Nu & D.O.E. 4:21

Related posts

Leave a Reply