Trending News

Blog Post

The Best and The Worst Idol of 00’s
American Idol

The Best and The Worst Idol of 00’s 

Fenomena Idol semenjak kemunculannya di Inggris dengan judul Pop Idol di tahun 2001 benar-benar besar. Acara yang lebih sering disebut sebagai perekrutan penyanyi-penyanyi instan ini kemudian mewabah dan diselenggarakan di lebih dari 30 negara di 5 benua. Hingga saat ini sudah ratusan alumni idol yang merajalela di negara masing-masing maupun terkenal secara internasional. Simon Fuller adalah orang yang membawa konsep ajang pencarian bakat terbesar di dunia ini, yang hingga kini banyak diikuti formatnya oleh acara lain, sebut saja Got Talent maupun X Factor. Daftar ini kita susun berdasarkan dari pencapaian mereka di Idol dan juga Post-Idol yaitu penjualan album mereka!. Ini dia daftar Top 10 Best & Worst Idol of 00’s.

Top 10 Best:

Photobucket1. KELLY CLARKSON – American Idol (2002-winner), World Idol (2003-runner up)
Sebut satu nama Idol yang paling terkenal dan paling banyak menjual album di seluruh dunia, maka nama tersebut adalah gadis asal Texas ini. Awal penampilannya dalam idol, Kelly dikenal sebagai penyanyi soul yang sering membawakan lagu-lagu dari Aretha Franklin. Namun album studio ke-2nya yang berjudul Breakaway adalah puncak karirnya, dimana dia sanggup menjadi sorotan sekaligus salah satu penggagas konsep Rock Chick. Two times Grammy winner ini kini harus berjuang untuk Grammy ke-3nya tahun depan dalam kategori Best Pop Album untuk All I Ever Wanted.

Photobucket2. CARRIE UNDERWOOD – American Idol (2005-winner)
Keterbatasannya dalam country music tidak menghentikan langkah gadis 26 tahun asal Checotah ini untuk menjadi idola di luar country fans. Carrie Underwood hingga saat ini sudah berhasil menjual 14 juta keping album pasca idol dan 9 lagu nomer satu. Kesuksesan Carrie ini belum pernah dijamah oleh alumni idol bergenre country sebelumnya seperti Carmen Rasmusen dan Josh Gracin ataupun disusul oleh alumni idol setelahnya seperti Kellie Pickler dan Bucky Covington. Carrie kini sedang sibuk mempersiapkan tur Play On di 2010 nanti, dan rumor terbaru darinya adalah Carrie sudah bertunangan dengan Fisher di 20 Desember lalu.

Photobucket3. SUSAN BOYLE – Britain’s Got Talent (2009-runner up)
Satu lagi runner up Britain’s Got Talent yang jauh lebih terang bintangnya dibanding yang pernah mengunggulinya. Susan Boyle, 48 tahun, berhasil menjadikan dirinya pendatang baru dengan penjualan album terbaik sepanjang 2009 ini and still going strong. Album I Dreamed A Dream miliknya berhasil menjadi juara di 7 negara. Kesuksesan Susan menunjukkan pada dunia bahwa tidak ada kata terlambat!

Photobucket4. WILL YOUNG – Pop Idol (2001-winner), Idol Original
Idol pertama dalam sejarah reality show televisi ini tak terasa sudah bersama kita selama satu dekade. 4 album studio pasca idol, 4 single nomor satu, dan akhir tahun ini Will membungkus satu dekade perjalan musiknya dalam album kompilasi yang diberi judul The Hits. Ciri khas Will adalah vokalnya yang sangat unik dan gampang dikenali. Selain menyanyikan lagu originalnya, Will juga banyak menyanyikan tembang lawas, seperti Evergreen, Light My Fire, The Long and Winding Road, dan Your Love Is King. Hingga saat ini Will mencatat angka penjualan album seluruh dunia sebanyak 8 juta.

Photobucket5. CHRIS DAUGHTRY – American Idol (2006-5th place)
Tereliminasi di posisi ke-4 waktu Idol thn 2006 lalu emang cukup mengagetkan. Tapi, dengan vocal Rock yang sangat komersil, akhirnya Chris Daughtry bikin band dengan memakai namanya, Daughtry yang sukses berat! Dengan dikontrak oleh RCA, Chris merupakan lulusan Idol dengan penjualan terbesar dibawah Kelly Clarkson dan Carrie Underwood.

Photobucket6. JENNIFER HUDSON – American Idol (2004-7th place)
Posisi 7 tidak masalah bagi Jennifer Hudson. Cepat selesai dari idol justru semakin mematangkan posisinya dalam dunia musik dan film. Grammy dan Oscar dia peroleh di 2 tahun berturut dan hingga saat ini tidak ada tanda-tanda bahwa Jen akan berhenti. Prestasi lain adalah Jen tampil dalam acara pemakaman King of Pop, Michael Jackson membawakan lagu Will You Be There.

Photobucket7 . LEONA LEWIS – X Factor (2006-winner)
Berhasil memenangkan seri ke-3 dari acara yang menggantikan Pop Idol sejak 2004 ini benar-benar berkah bagi cewek 24 tahun ini. Leona tidak hanya terkenal di kampung halamannya saja, tapi juga berhasil menguasai Amerika dan menerima beberapa nominasi Grammy untuk album perdananya, Spirit. Tur dunianya akan dimulai 2010 mendatang, dan proyek teranyar dari Leona adalah mengisi soundtrack film Avatar dengan menyanyikan sebuah lagu yang berjudul I See You.

Photobucket8. CLAY AIKEN – American Idol (2003 – 2nd place)
Jadi Runner Up tapi lebih sukses dari sang jawara! Ini baru terjadi pertama kalinya di American Idol season 2. Debut albumnya “Measure of a Man” terjual 613rb keping diminggu pertamanya dan merupakan debut album tertinggi untuk solo artis sejak thn 1993. Billboard Awards dan American Music Awards pun juga diraihnya. Total sudah 5 album yang dirilis dan sekarang Clay mencoba jalur di panggung Broadway!

Photobucket9. GUY SEBASTIAN – Australian Idol (2003-winner)
Pemenang dari benua Australia ini sudah menawarkan banyak jenis musik dalam setiap penampilannya dalam album studionya. Pop, R&B, ballad, soul, gospel, sampai dance. Guy tidak hanya dikenal sebagai orang yang paduli pada karir musiknya semata, tapi ternyata dia juga peduli sesama. Buktinya adalah di tahun 2005 lalu dia berkunjung ke Uganda untuk program ‘An Idol in Africa’ yang fokus membantu anak-anak korban perang dan yatim piatu akibat HIV/Aids.

Photobucket10. CONNIE TALBOT – Britain’s Got Talent (2007-runner up)
Mencuri perhatian publik dengan vokalnya yang angelic saat usianya masih 6 tahun, Connie pantas menjadi salah satu alumni reality show terbaik dekade ini. Meskipun sepak terjangnya masih terlalu singkat, paling tidak Connie sudah menjadikan album pertamanya nomor satu di 3 negara. 2 proyek terakhir yang Connie hasilkan adalah Christmas Album dan Holiday Magic masing-masing di tahun 2008 dan 2009. Sekarang Connie masih harus menimba ilmu di Sekolah Dasar tempat ia tinggal Streetly, Walsall, West Midlands, England, UK.

Top 10 Worst:

Photobucket1. STEVE BROOKSTEIN – X Factor (2004-winner)
Siapa yang kenal dia? Well, dia adalah pemenang seri pertama X Factor. Steve menang dari grup Over 24’s yang dimentori oleh Simon Cowell kala itu. Single dari Steve hanyalah Against All Odds yang merupakan single asli dari Phil Collins, yang menembus posisi tertinggi di UK, dan dia berhak mendapat julukan One-hit Wonder. Debut albumnya masih lumayan terjual 250ribu keping dan dia didrop oleh label, lalu album keduanya “40,000 things” direlease melalui label indie Numunu Records dan hanya laku 1000 (betul, seribu keping saja!). Dan katanya dia masih bakal merelease album ke-3nya thn depan? Oh no…

Photobucket2. TAYLOR HICKS – American Idol (2006-winner)
Album pertama, gagal. Album kedua, gagal. Padahal Taylor adalah idol pertama yang diketahui memiliki album solo sebelum idol. Album debutnya Under the Radar yang direkam dalam label independen muncul dalam katalog di billboard.com yang sempat menjadi perdebatan. Kemenangannya di idol mengalahkan Katharine McPhee juga menjadi kontroversi. Genre blues yang diusungnya tidak terkonsumsi dengan begitu baik. Padahal Do I Make You Proud mampu menjadi lagu nomor satu di US dan merupakan lagu kemenangan terakhir yang berhasil meraih posisi pertama hingga saat ini. Album self-tittled pasca idol debut di posisi 2 Billboard Hot 200 Albums dan mencetak angka penjualan 704.000 kopi yang menyebabkan sang idola harus terdepak dari Arista Records. Kelanjutan nasibnya bersama Modern Whomp Records menghasilkan The Distance yang hanya terjual sebanyak 34.000 kopi saja.

Photobucket3. LEON JACKSON – X Factor (2007-winner)
Terima kenyataan ini, debut albumnya Right Now tidak begitu memuaskan sehingga Leon harus didepak dari SonyBMG. Album ini juga mencatat angka penjualan yang ada di bawah runner-up nya, Same Difference sebanyak 50.000 kopi. Leon sekarang lebih fokus ke penampilan live ketimbang bekerja di studionya. Dan semoga Joe McElderry tidak mengikuti jejaknya.

Photobucket4. MICHELLE McMANUS – Pop Idol (2003-Winner)
Pasti gak banyak orang yang tahu ama pemenang Pop Idol kedua sekaligus terakhir dari Skotlandia ini. Single kemenangannya, ‘All this time’ emang sempat jadi jawara di UK Singles Chart, Januari 2004. Tapi sayangnya debut albumnya hanya laku 100ribu keping, dan dia langsung di drop oleh labelnya, SonyBMG. Menurut isunya sih karena dia terlalu overweight, makanya agak susah untuk membangun image dan menjual merchandisenya. Thn depan dia berencana merelease album keduanya. Bakal Sukses? We don’t think so…

Photobucket5. CASEY DONOVAN – Australian Idol (2004-winner)
Memenangkan Australian Idol dalam usianya yang baru 16 tahun, Casey DOnovan tidak bisa begitu berbangga hati atas prestasinya itu. Meskipun namanya sempat masuk dalam jajaran artis yang memiliki lagu nomor satu, Casey harus terdepak dari SonyBMG berhubungan dengan image yang tidak sesuai dengan yang mereka ingin promosikan. Album EP pun dirilis di tahun 2008 tapi tidak bisa mengangkat nama Casey kembali ke permukaan. Nasib baik lebih berpihak pada sang runner up Anthony Callea.

Photobucket6. BLAKE LEWIS – American Idol (2007-runner up)
Penjualan Audio Day Dream yang tidak begitu menyenangkan memaksa Blake harus keluar dari ARista Records, kemudian merilis album ke-2 di bawah Tommy Boy Entertainment dengan judul Heartbreak On Vynil tetap tidak membuat nama Blake bersinar seperti saat dirinya dielu-elukan sebagai salah satu finalis terfavorit di American Idol tahun 2007 silam. Penyanyi sekaligus beat boxer ini padahal sebagai breathe of fresh air di American Idol.

Photobucket7. SANJAYA MALAKAR – American Idol (2007-7th place)
Sanjaya adalah salah satu kesalahan terbesar dalam sejarah American Idol. Dan yang paling hebat dari itu semua adalah Simon bahkan angkat tangan pada Amerika karena telah meloloskan Sanjaya hingga ke 7 besar dalam seri ke-7nya. Pasca idol, Sanjaya sempat merekam EP berjudul Dancing to the Music in my Head di awal tahun 2009 berikut buku dengan judul yang sama. Gaya rambut Sanjaya lebih banyak dibicarakan ketimbang cara bernyanyinya.

Photobucket8. DIANA DeGARMO – American Idol (2004-runner up)
Sesial-sialnya Fantasia, jauh lebih sial Diana. Pergelutannya di industri musik tidak begitu menyenangkan semenjak gagasan mengadu single I Believe yang dia rilis dengan versi Fantasia juga. Hasilnya, bintang Diana justru semakin buram. Album Blue Skies bersama RCA pun tidak dapat dikategorikan sukses karena hanya berhasil mencatat angka penjualan 168.000 kopi. Di tahun 2006 Diana mencoba dunia baru, yaitu musical teathre. Di tahun 2009 ini, Diana kembali dengan album unplugged yang didistribusikan melalui iTunes, Amazon, dan Rhapsody.

Photobucket9. KURT NILSEN – Norwegian Idol (2003-winner), World Idol (2004-winner)
Penyandang gelar satu-satunya World Idol adalah Kurt Nilsen. Dia berhasil mengalahkan Kelly Clarkson dengan 9 angka saja. Bahkan, Simon Cowell memberi komentar bahwa Kurt membuktikan ajang idol bukan hanya bagi orang-orang yang memiliki pretty face. Tapi, apakah itu membuktikan bahwa dia sukses secara komersil dan juga worldwide? Tidak juga.. 4 album studio sudah dia hasilkan, dan proyek terakhirnya adalah 2 album Hallelujah bersama Espen Lind, Askil Holm dan Alejandro Fuentes. Hingga kini, tak banyak orang yang tahu namanya selain di Eropa terutama Norwegia.

Photobucket10. DAVID ARCHULETA – American Idol (2008-runner up)
Sorry to say buat para fansnya Archie. Walau punya berjuta-juta fans, herannya tidak membumbungkan nama Archie sebagai salah satu artis pendatang baru dengan angka penjualan album yang fantastis. Syok melihat album debutnya yang tidak kunjung memperoleh mencapai angka satu juta keping di seluruh dunia. Album keduanya yang merupakan album natal sejauh ini terjual 153.000 keping, dan Archie harus bekerja keras agar tidak ikut terdepak dari label Jive yang dinaunginya sekarang.

And the worst of them all:
PhotobucketWILLIAM HUNG – American Idol (2004-audition)
William Hung emang pantas mendapat predikat ini, karena selain dia bukanlah finalis, dan cuman audisi di musim ke-3, Hung menyanyi di depan juri tanpa malu membawakan sebuah lagu dari Ricky Martin yang berjudul “She Bangs”. Hung kemudian di kontrak oleh Koch Entertainment untuk merekam album berjudul Inspiration. Dan lebih dari itu, Hung juga merekam 3 album lagi, Hung for the Holidays, My Crazy Mother Original Soundtrack, dan Miracle : Happy Summer from William Hung. Errr… Crazy ‘rite?

Review by: Welly & Ai Hasibuan

Related posts

Leave a Reply