Trending News

Blog Post

Album of The Day: Boyz II Men – Love
Album of The Day

Album of The Day: Boyz II Men – Love 

PhotobucketAlbum Loveini dimulai dengan lagu country ‘I Can’t Make You Love Me’ yang dipopulerkan Bonnie Raitt sebagai pembuka. Lagu ini dibawakan dengan gaya Boyz II Men sendiri yang kental dengan nuansa R&B. B2M benar-benar sukses membuat lagu ini terasa dengan tekstur yang berbeda dari penyanyi aslinya. Tetap lembut tapi dengan nuansa yang lebih hitam. Indah sekali. Ada satu lagu country lainnya yang dibawakan ulang oleh B2M, yaitu ‘Amazed’ yang dipopulerkan oleh grup country Lonestar. B2M juga sukses membuat lagu ini terasa berbeda dengan lagu aslinya. Begitu lembut, sendu, gelap tapi juga manis.

B2m juga mendaur ulang lagu-lagu soft rock macam ‘If You Leave Me Now’ yang dipopulerkan Chicago, juga ‘Open Arms’ yang dipopulerkan Journey termasuk yang lebih alternative rock macam Iris dari Goo Goo Dolls. ‘If You Leave Me Now’ dengan aransemen musik yang tidak terlalu jauh berbeda dengan lagu aslinya meski dengan tempo yang sedikit lebih lambat. B2M juga mempresentasikannya lembut dengan improvisasi falsetto dan melesma yang meliuk-liuk pada beberapa bagian. Sementara pada ‘Open Arms’, B2M terdengar dengan lebih sederhana pada bagian intro. Barulah pada chorus mereka lagu ini terdengar begitu megah. Begitu juga pada Iris, B2M berhasil memasukkan warna mereka tanpa meninggalkan kesan megah yang ditimbulkan oleh grup aslinya.

Selain mengeksplorasi lagu-lagu yang dipopulerkan musisi kulit putih, B2M juga mendaur ulang lagu-lagu dari musisi kulit hitam lainnya. Seperti Cupid, yang dipopulerkan Sam Cooke atau Misty Blue yang dipopulerkan oleh legenda jazz Ella Fitzgerald. Dan menurut saya meski tidak sebagus aslinya, B2M cukup sukses membawakan lagu-lagu ini.
B2M juga berkolaborasi dengan Michael Buble membawakan lagu klasik ‘When I Fall In Love’. Awalnya saya agak kuatir kalau-kalau di lagu ini B2M hanya akan terdengar bagai backing vocal dari Buble. Tapi ternyata kekuatiran saya tidak terbukti. Buble dan B2M berhasil menyatu tanpa saling menjatuhkan meski memiliki gaya yang berbeda. Bahkan lagu ini terdengar lebih pekat dengan improvisasi vokal yang melismatik dari B2M.

Yang juga menarik disimak adalah bagaimana B2M membawakan ulang ‘Back Fo Good’ yang dipopulerkan boysband Take That. Hasilnya? Jauh lebih memikat ketimbang versi Take That. Tetap lembut dan simple tapi dengan tekstur yang lebih ‘hitam’. Lagu tersebut memang pas. Back for good. Boyz II Men kembali dengan album ini untuk bertahan sebagai grup vokal yang memang pantas disegani.
(Timmy / CreativeDisc Contributor)

Track List:
1. I Can’t Make You Love Me
2. Amazed
3. Could It Be I’m Falling in Love
4. If You Leave Me Now
5. Time After Time (A Capella)
6. Iris
7. Cupid
8. Shining Star
9. In My Life
10. Open Arms
11. When I Fall in Love (featuring Michael Bublé)
12. Back for Good
13. Misty Blue

Related posts

Leave a Reply