Trending News

Blog Post

Album of The Day: Robin Thicke – Sex Therapy
Album of The Day

Album of The Day: Robin Thicke – Sex Therapy 

PhotobucketJika dibandingkan ‘Something Else’ yang lebih kental dengan aroma soul retro, maka ‘Sex Therapy’ terasa lebih kental aroma R&B-nya. Dalam album teranyar ini Robin Thicke seakan kembali ke akar musiknya R&B. Meski tidak berarti Thicke meninggalkan nuansa soul sama sekali.

Dalam single perdana yang diproduseri Polow Da Don ‘Sex Therapy’, Thicke akan membuat kita merasakan komposisi yang kontemporer sekaligus sensual. Dengan backbeat berupa alunan drum yang perlahan dirangkai dengan vokal Thicke yang lembut dipadukan dengan falsetto membuat lagu ini begitu membuai. Liriknya sendiri begitu sensual menggoda. Coba simak bagian chorusnya

It’s your body, we’ll go hard if you want to
As hard as you want to, soft as you want to
Just let me love you lay right here, I’ll be your fantasy
Give you sex therapy Give you sex therapy

Di album ini Thicke terkesan begitu sensual dengan mengeksplorasi sisi seksual secara musikal. Thicke membawa kita pada sisi liar dari gairah dan birahi. Lagu-lagunya sebagian bertempo lambat atau sedang, sebagian bertempo cepat tanpa meninggalkan ciri khas warna vokal falsetto yang lembut. Di album ini ‘Mrs. Sexy’ Thicke menggunakan sampling dari karya Eric B. & Rakim’s Al Green “Mahogany” yang berasal dari tahun 1990. Komposisi ini menjadi salah satu favorit saya. Yang mengesankan kelembutan dari vokal dan interpretasi Thicke tak membuatnya jatuh terkesan feminin. Meski terkadang terkesan seperti Justin Timberlake, meski buat saya Thicke tetap memiliki warna vokal yang lebih berkarakter.

Di album ini Thicke juga mengajak berkolaborasi sejumlah artis hip-hop, R&B macam Jay-Z, Ludacris, Kid Cudi, Snoop Dogg, Game, Nicki Minaj, Estelle, dan Jazmine Sullivan. Selain itu Thicke juga berkolaborasi dengan produser-produser baru selain Pro-J yang sudah sering berkolaborasi dengan dirinya. Dilibatkannya nama-nama kampiun seperti Toby Gad, Kane Beatz, Rich Skillz, Jeff Bhasker, Polow Da Don, Dre & Vidal, Teddy Riley, dan Swizz Beatz. Sebuah kolaborasi musik antara musisi kulit putih dan hitam yang terkesan Thicke mampu menunjukkan dirinya berhasil memperoleh respek dari sejumlah musisi yang dilibatkannya di album ini. Produser-produser yang kali ini dilibatkan Thicke berhasil membuatnya terkesan berani mengambil resiko dengan memberikan nuansa yang berbeda dalam album ini dari album-album sebelumnya.

Dan ternyata kolaborasi ini tidak terdengar menjadi semacam tempelan semata-mata. Dalam ‘Meiple’ Thicke terdengar begitu hitam dan menyatu dengan alunan improvisasi Jay-Z pada seperempat akhir bagian lagu. Atau simak saja kolaborasi yang apik dengan Snoop Dogg dalam ‘It’s In The Mornin’’, begitu membuai. Sementara dalam ‘Shakin’ It 4 Daddy’ bersama Nicki Minaj, Thicke terasa begitu dinamis dengan ngerap bertempo cepat.

Album ini memang menjadi penanda babak baru dalam evolusi musik Robin Thicke. Eksploratif tapi kupinggenic di saat bersamaan. Jadi layak untuk dimasukkan dalam koleksi.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
The Session:
1. Mrs. Sexy
2. Sex Therapy
3. Meiplé (feat. Jay-Z)
4. Make U Love Me
5. It’s In the Mornin’ (feat. Snoop Dogg)
6. Shakin’ It 4 Daddy (feat. Nicki Minaj)
7. Elevatas (feat. Kid Cudi)
8. Rollacoasta (feat. Estelle)
9. Million Dolla Baby (feat. Jazmine Sullivan)
10. 2 Luv Birds
11. Diamonds (feat. Game)
The Experience:
12. 2 Luv Birds
13. I Got U
14. Jus Right
15. Mona Lisa
16. Brand New Luv
17. Diamonds” (featuring Game)
18. Sex Therapy (Luda Remix) [iTunes Bonus Track] (featuring Ludacris)

Related posts

Leave a Reply