Trending News

Blog Post

Kaleidoskop Music 2009
Music News

Kaleidoskop Music 2009 

The Concert
Diawal tahun 2009, penggemar musik indonesia jadi kecewa gara-gara konser Rihanna dibatalkan untuk kedua kalinya. Konser ini seharusnya di selenggarakan tanggal 12 februari! Untungnya sepanjang tahun 2009, publik dimanjakan dengan berbagai festival musik bertaraf internasional walaupun sempat di guncang isu2 terorisme. Di bulan maret ada javajazz dengan lined up artist Jason Mraz dan masih banyak lagi. Kemudian java rockin land di bulan agustus yang membawa Mr.Big, Mew, Vertical Horizon, Third Eye Blind, Melee dan Secondhand Serenade. Lalu, Axis jakarta international soulnation festival bersama The Ting-Tings. Serta, Djarum blues festival 2009.

Selain itu Tahun 2009 juga beberapa menghadirkan konser lepas dari musisi luar negri. Jamiroquai, Bullet For My Valentine, Anggun, Lenka, Rain, The Pussycat Dolls, Franz ferdinand dan juga The All American Reject yang konser bertepatan pada hari kemerdekaan RI. Tyson Ritter, vokalis the all american rejects mengibarkan bendera merah putih ketika konser berlangsung. Menutup akhir tahun 2009. Tata Young dan Christian Baustista juga akan menggelar konser di ibukota, Sedangkan band rock Hoobastank manggung untuk ketiga kalinya di bali.

Photobucket
The Reality Show
Masuk ke ajang pencarian bakat kita bakalan flash back ke ajang-ajang pencarian bakat! Di American Idol 2009 secara mengejutkan Kris Allen mengalahkan Adam Lambert yang menjadi favorit juara. Adam Lambert sendiri merupakan seorang gay dengan penampilan yang eksentrik dan gara-gara itu dia sempat jadi cover majalah rolling stones. Trus ada Susan Boyle, wanita berumur 48 tahun ini membuka mata penonton Britain’s got talent 2009 dan publik dunia kalo kontes idola bukan hanya milik kaum muda saja. Walaupun hanya menjadi runner-up, penjualan album I Dreamed A Dream miliknya menjadikan dirinya pendatang baru dengan penjualan album terbaik sepanjang 2009.

Yang gak boleh ketinggalan dari Indonesia sendiri kita punya Sandhy Sandoro. Penyanyi kelahiran ciputat, jakarta ini menjadi juara satu di ajang New Wave 2009, kontes penyanyi pop internasional terbesar dan terpopuler di Latvia dan Eropa Timur bulan Agustus lalu. di final ajang tersebut sandhy menyanyikan lagu ‘When a man loves a woman’ yang sempat dipopulerkan Michael Bolton yang membuat 11 dari 12 juri memberikannya nilai 10.

Photobucket
The Comebacks
2009 menjadi tahun pilihan untuk musisi yang udah vakum cukup lama buat merilis album, ada Eminem “Relapse”, Black Eyed Peas “THE E.N.D”, Green Day “21st Century Breakdown”, Whitney Houston “I Look To You”, Maxwell “Blacksummers Night”, dan lain2 yang sudah kita bahas di Top 10 Comeback of 2009 lalu. Tapi yang paling gak disangka-sangka (mungkin) adalah band Aqua yang udah bubar tahun 2001 lalu dan di tahun ini mereka merilis album greatest hits. Begitu juga dengan No Doubt yang kembali dengan serangkaian tour sambil menggodok materi untuk album baru mereka.

The Newcomers
Tahun 2009 juga gak cuma milik musisi yang sudah mempunyai nama. Banyak musisi-musisi muda yang muncul dan mengukuhkan diri menjadi musisi kelas dunia. Sebut saja para artis dari disney seperti Miley Cyrus dan Jonas Brothers. Single-single mereka masuk ke jajaran chart seluruh dunia dan membuat remaja-remaja pada klepek-klepek setengah mati. Terus ada Adele, Duffy, Lady Gaga, Taylor Swift yang dengan mudah mempertahankan posisi mereka sebagai penyayi yang naik daun sejak akhir 2008 dan sepanjang tahun 2009. Tahun ini juga banyak new comer (Kebanyakan dari UK) ada Pixie Lott , La Roux, Florence and The Machine, Alexandra Burke, JLS. Selain itu ada keri hilson (masih terhitung new comer walaupun udah lama main di belakang layar), The Ting Tings (yang promo di US), Justin Bieber, Daniel Merriweather dan Owl City. Mereka menerima pujian positif dari kritikus-kritikus musik dan yang lebih penting adalah mereka bisa merebut hati penikmat musik dunia dan juga menempatkan single2 mereka di Chart Billboard maupun UK.

The Break Up
Ada Group / Band baru… juga ada yang bubar atau setidaknya anggotanya bubar. Siapa aja?
– Band Oasis bubar!? Hanya dengan sebuah pernyataan singkat dari Noel Gallagher ‘saya berhenti dari oasis malam ini”. Sang gitaris mengatakan dalam situs grup inggris tersebut, dia mengatakan bahwa ia keluar dari band oasis dengan alasan tak bisa lagi bekerja sama dengan adiknya, vokalis Liam Gallagher.
– Manajer Band Led Zeppelin sudah mengkonfirmasi band Rock Legend ini sudah bubar untuk selamanya
– Di acara “Making the Band 4: The Final Chapter”, P. Diddy akhirnya membubarkan girlband yg dibentuknya, Danity Kane. 4 Anggota mereka, Aubrey O’Day, D. Woods, Shannon Bex dan Dawn Richard sudah lepas kontrak dari Bad Boy Records.
– Ryan Ross dan Jon Walker keluar dari band mereka, Panic At the Disco dan membentuk group baru “The Young Veins”.
– Aly & AJ ganti nama menjadi 78violet.
– Nick Jonas (dari The Jonas Brothers) bikin side-project band dengan nama Nick Jonas & The Administration dan ini membuat fans JB gerah karena dikira mereka bubar, tapi akhirnya JB membuat pernyataan resmi kalo mereka tidak bakalan bubar.

The Awards!
Selama tahun 2009 kurang lebih ada 20 penghargaan internasional bergengsi yang di gelar. Sayangnya Billboard music awards yang biasanya ada setiap bulan desember, mulai tahun ini diputuskan untuk tidak ditampilkan lagi di tv. Namun, pihak billboard masih memberikan awardnya dan Artist of the year 2009 mereka jatuh ke tangan Taylor Swift. Sejauh ini Taylor Swift telah memenangkan 47 penghargaan lainnya, dan di nominasikan untuk 9 kategori di grammy tahun 2010.

Photobucket

Di perhelatan grammy 2009, Robert Plant yang merupakan vokalis band rock legendaris Led Zeppelin berkolaborasi dengan Alison Kraus dan dengan album mereka Raising Sand . Album ini menerima lima penghargaan, termasuk kategori Album Of The Year, Record Of The Year, mengalahkan Leona Lewis, Radiohead, Ne-Yo, Dan Coldplay yang menjadi favorit kemudian Adele menjadi best new artist di Grammy awards.

Di ajang lain Seperti World Music Awards, Brit Awards, mtv Europe Music Awards , Mtv Video Music Awards dimenangkan artis-artis yang udah punya nama kaya Green Day ,U2. Metallica, Tokio Hotel, Kings Of Leon, Beyonce, Jayz, Kanye West, Pixie Lott , Katy Perry, dan beberapa artis mainstream lainnya,

Shocking News
Terus ada beberapa news dari dunia musik yang menyita perhatian public di tahun 2009 seperti:
– Rapper TI dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun karena kepemilikan senjata api secara ilegal.
– Kebangkitan dan transformasi Britney Spears sepanjang tahun 2009. Sejak merilis album Circus dan mengeluarkan The Singles Collection dengan lead single “3”.
– Kanye West yang menginterupsi pidato Taylor Swift ketika menerima penghargaan Best Female Video Music Awards 2009 dan mengatakan bahwa taylor tidak pantas menerima piala tersebut dan video single ladies milik beyonce jauh lebih pantas memenangkan piala tersebut!.
– Pencapaian chart yang luar biasa dari Stefani Joanne Germanotta a.k.a Lady GaGa dalam setahun. Hanya dengan bermodalkan debut album The Fame. Saking suksesnya, album ini dilanjutkan dengan nama The Fame Monster dengan single bad romance. By the way, she earned Billboard Rising Star 2009!
– Pemukulan Chris Brown terhadap Rihanna di malam grammy yang berdampak buruk bagi Chris Brown sepanjang tahun 2009. selain terbukti bersalah, album barunya grafitti yang dibuat untuk memulihkan reputasinya, di tolak oleh beberapa toko, sedangkan karir Rihanna sendiri baik-baik saja , baru-baru ini dia merilis album Rated R. dan akibat kekerasan inilah rihanna tidak jadi manggung di Indonesia.
– Penjualan debut album Susan Boyle yang hingga berita ini ditulis masih jadi jawara di Billboard 200 Albums Chart selama 5 minggu berturut2 dengan lebih dari 500ribu keping tiap minggunya, menjadikan salah satu album terlaris di thn 2009. Siapa sangka?
Last but not least, berita dari dunia musik tidak akan dilupakan sepanjang tahun 2009 adalah kematian michael jackson tanggal 25 juni lalu. Di tahun ini ada sekitar 20an musisi yang meninggal (udah termasuk DJ AM dan Stephen gately). Michael Jackson meninggal secara tiba-tiba ditengah persiapan mega konsernya. King Of Pop dikabarkan meninggal akibat serangan jantung tapi sampai akhir tahun ini penyelidikan masih berlanjut. Setelah kematiannya, penjualan albumnya naik secara drastis, Michael pun menerima berbagai penghargaan setelah wafat, pemakamannya menjadi salah satu pemakaman terbesar abad ini. Seluruh cinderamata miliknya menjadi incaran penggemarnya dan terjual dengan harga selangit. Akibat tragedi ini nama jackson berada di urutan 5 besar pencarian Google, Yahoo, Youtube, bahkan jadi hot threading topic Twitter tahun 2009! Mengalahkan popularitas presiden kulit hitam pertama Barrack Obama. Lagu serta Film This Is It juga di rilis yang untuk mengenal sang legenda. Film ini merupakan dokumenter terakhir dari Jacko di saat gladi resik konsernya.

Photobucket

Itulah segelintir sensasi dari dunia musik tahun 2009! Kalau kamu merasa masih ada yang kurang, silahkan di tambahkan di comment dengan santun dan kita bisa sharing! Happy new years all!

(Muthe / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply