Trending News

Blog Post

Album of The Day: Corinne Bailey Rae – The Sea
Album of The Day

Album of The Day: Corinne Bailey Rae – The Sea 

PhotobucketDan memang rasanya masterpiece di album ini adalah ‘Are You Here’ yang menempati posisi sebagai track pembuka. Sebuah aransemen yang sederhana, didominasi gitar dan drum serta dipadukan dengan vokal Corinne Bailey Rae yang lembut menyayat, benar-benar menyentuh. Lagu ini memang ditulisnya terkait dengan kepergian sang suami. Ia mengakui lagu itu ditulis untuk membantu hatinya merasakan apa yang dirasakan almarhum. Ada sebuah lagu lain yang juga dimasukkannya ke album ini terkait dengan kenangan akan sang suami, ‘I’d Do It All Again’. Lagu ini sebenarnya ditulisnya dua bulan sebelum kejadian mengenaskan itu. Namun rupanya lagu yang terinspirasi dari pertengkaran antara Corinne dengan sang suami, memberikan makna yang berbeda setelah kepergian sang suami. Komposisi ini sedikit berbeda dengan ‘Are You Here’. Meski masih mengandalkan gitar dan drum pada bagian awal lagu, namun pada bagian reffreinnya tekstur orkestra begitu kental hingga membuat lagu ini terkesan megah.

Meski dua lagu itu terkesan gelap, bukan berarti Corinne membuat album yang kental dengan nuansa gelap. Corinne membuat album ini dengan lapisan emosi yang beragam secara melodi.

Selain dua lagu pertama tersebut, coba simak ‘The Sea’ dan ‘I Would Like To Call It Beauty’ yang memberikan kesan megah yang berpadu dengan vokal lembut bertenaga ala Corinne. Memang ada kemiripan nuansa antara ‘Are You Here’ dan ‘The Sea’, tapi tak berarti album ini terkesan monoton.

Setelah lagu-lagu yang lebih kental dengan tekstur ballad maka Corinne akan membawa kita pada nuansa yang lebih riang dengan ‘Feels Like The First Time’, ‘The Blackset Lily’ dan ‘Closer’. Dengarkan juga ‘Paris Nights/New York Mornings’ dan ’Paper Dolls’ yang memiliki nuansa riang yang berbeda. ‘Paper Dolls’ lebih kental dengan nuansa Irish folk dengan petikan gitarnya yang khas, sedikit mengingatkan pada gaya musik Amy Macdonald. Sementara ‘Paris Nights’ memberikan nuansa retro 70’s dengan iringan orkestra. Sedangkan ‘Feels Like The First Time’ memberikan nuansa kontemporer di album ini.

Album ‘The Sea’ ini Corinne masih konsisten mengusung warna retro soul, pop dan R&B ditambah sedikit sentuhan folk. Jadi buat penggemar Corinne, album ini tidak akan mengecewakan.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Are You Here”
2. “I’d Do It All Again”
3. “Feels Like The First Time”
4. “The Blackest Lily”
5. “Closer”
6. “Love’s On Its Way”
7. “I Would Like To Call It Beauty”
8. “Paris Nights/New York Mornings”
9. “Paper Dolls”
10. “Diving For Hearts”
11. “The Sea”

Album ini sudah tersedia di Toko2 CD terdekat dengan harga 75rb direlease oleh Warner Music Indonesia.

Related posts

Leave a Reply