Trending News

Blog Post

Album of The Day: Janet – Number Ones
Album of The Day

Album of The Day: Janet – Number Ones 

PhotobucketJanet kembali merilis album hit nya untuk kedua kali. Dengan single andalan ‘Make Me’, sebuah komposisi bernuansa dance dengan tempo yang cepat ciri khas dari Janet. Album the best ini menggambarkan bagaimana perjalanan karir musik dari Janet. Berisikan lagu-lagu hit sejak album ‘Control’ hingga yang terakhir yaitu ‘Discipline’.

Sejak album greatest hits-nya yang pertama Janet selalu memasukkan lagu-lagu dari album ‘Control’. Dua album sebelumnya yaitu ‘Janet Jackson’ dan ‘Dream Street’ karena penjualannya mengecewakan tak disertakan dalam daftar lagu-lagunya. Salah satu sebabnya saat itu Janet masih berada di bawah bayang-bayang Joe Jackson, ayahnya. Lewat tangan dingin produser Jimmy Jam dan Terry Lewis-lah, Janet mulai menunjukkan taringnya di panggung musik dunia. Diawali dengan album ‘Control’ di tahun 1986. Meski masih dibayang-bayangi sang ayah, namun Janet mulai berani menunjukkan kepribadiannya. Dibuktikan lewat lirik ‘Control is what I have, control is what I do…and this time I’m gonna do it my way’. Kolaborasi antara Janet dengan Jimmy Jam dan Terry Lewis terus berlanjut dan membuahkan kesuksesan besar untuk karir Janet. Janet berhasil lepas dari bayang-bayang kebesaran nama Michael Jackson, sang kakak, yang juga sukses besar di dekade 80an.

Lewat ‘Rhythm Nation’ Janet mulai menunjukkan sisi kedewasaannya dengan lirik-lirik yang mengangkat soal rasisme, homoseksualitas dan prasangka. Selanjutnya Janet tampil dengan sisi sensualnya dalam album ‘Janet’. Pada album berikutnya ‘The Velvet Rope’, Janet mengangkat kembali soal seks dalam lirik-liriknya dengan melangkah lebih jauh soal sadomasokis, kekerasan dalam rumah tangga dan hubungan sejenis. Album ini juga menggambarkan tekanan yang dihadapi Janet sebagai seorang selebriti.

Lewat album berikutnya ‘All For You’, Janet mengangkat soal kehidupan pasca perpisahan berdasarkan perceraian yang baru saja dialaminya. Album ke-10 ini menjadi album pertama yang mendapat label Parental Advisory karena liriknya yang mengandung kalimat2 yang keras dan bernuansa seksual.

Setelah ‘All For You’, karir Janet mulai meredup. Nampaknya kolaborasinya dengan Jimmy Jam dan Terry Lewis mulai menunjukkan titik nadir. Terbukti dengan kegagalan album ‘Damita Jo’ secara penjualan. Apalagi dengan insiden di Superbowl bersama Justin Timberlake yang membuat album yang memiliki lirik sexual content ini semakin mendapat image sebagai album tak senonoh tahun 2004. Meski gagal secara penjualan album ini berhasil mendapatkan dua nominasi Grammy.

Rentetan kegagalan album Janet berlanjut dengan dua album berikutnya ‘20Y.O.’ dan ‘Discipline’. Meski penjualan dalam minggu pertama selalu mengesankan, namun tetap saja single-single lanjutannya tak berhasil terjual seperti yang diharapkan dari seorang Janet Jackson. Album ’20 Y.O.’ menjadi penanda berakhirnya kerjasama Janet dengan Virgin. Janet kemudian bergabung dengan Island untuk kemudian merilis ‘Discipline’ di tahun 2008.

Dari album kumpulan hit kali ini terlihat jelas bagaimana komposisi lagu-lagunya lebih banyak berasal dari album-album tersukses Janet ketimbang ketiga album terakhirnya yang gagal di pasaran. Mudah-mudahan album kumpulan hits ini, dengan berbagai kenangan kesuksesan didalamnya mampu mengangkat nama Janet kembali ke permukaan.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
DISC 1

1. “What Have You Done for Me Lately”
2. “Nasty”
3. “When I Think of You”
4. “Control”
5. “Let’s Wait Awhile” (Single Remix Version)
6. “The Pleasure Principle”
7. “Diamonds” (Herb Alpert with Janet Jackson)
8. “Miss You Much”
9. “Rhythm Nation”
10. “Escapade”
11. “Alright 7” (Video Version with Rap)
12. “Come Back to Me”
13. “Black Cat” (Video Mix/Short Solo Single Version)
14. “Love Will Never Do (Without You)”
15. “The Best Things in Life Are Free” (Luther Vandross and Janet Jackson with BBD and Ralph Tresvant)
16. “That’s the Way Love Goes”

DISC 2

1. “If”
2. “Again”
3. “Because of Love”
4. “Any Time, Any Place”
5. “Scream” (Michael Jackson and Janet Jackson)
6. “Runaway”
7. “Got ’Til It’s Gone” featuring Q-Tip and Joni Mitchell
8. “Together Again”
9. “I Get Lonely” featuring BLACKstreet
10. “Go Deep”
11. “What’s It Gonna Be?!” (Busta Rhymes featuring Janet Jackson)
12. “Doesn’t Really Matter”
13. “All for You” (Video Single Mix)
14. “Someone to Call My Lover”
15. “All Nite (Don’t Stop)”
16. “Call on Me” featuring Nelly
17. “Feedback”
18. “Make Me”

ps. Album ini sudah tersedia di Toko2 CD terdekat dengan format 2cd dan harga 90rb, direlease oleh Universal Music Indonesia!

Related posts

Leave a Reply