Trending News

Blog Post

Album of The Day: Michael Bublé – Crazy Love
Album of The Day

Album of The Day: Michael Bublé – Crazy Love 

PhotobucketApa yang bisa diharapkan dari seorang penyanyi pop crossover jazz macam Michael Buble? Tentunya konsistensi dalam jalur musiknya, traditional pop dengan musik big band. Album ketiga ini masih mengandalkan formula lama, daur ulang lagu-lagu lama dengan rasa lebih jazzy. Masih mengandalkan beberapa lagu standar jazz macam ‘Cry Me A River’, ‘Georgia On My Mind’, ‘All I Do Is Dream Of You’ juga ‘Baby/You’ve Got What It Takes’. Membosankan? Belum tentu bagi kita yang menyukai genre semacam ini karena toh meski lagu-lagunya sebagian besar tua, musiknya cukup kupinggenic hingga membuat kita terbuai.

Coba dengarkan ‘Hold On’ yang sangat ngepop dengan strings section yang terkesan megah. Album yang masih diproduseri David Foster, Humberto Gatica dan Bob Rock ini, menurut penuturan Buble dibuat terasa studio live. Buble sendiri menurut pengakuannya berusaha menggali lebih dalam setiap lagu dari penyanyi aslinya dan berusaha membuat identifikasikan dirinya dalam setiap lagu hingga terasa menyatu menjadi pengalaman pribadi Buble sendiri.

Album ini dibuka dengan intro berupa brass section yang mengingatkan pada theme song James Bond pada lagu ‘Cry Me a River’. Dalam lagu ini, Buble terkesan berusaha lebih keras untuk bisa menyatu dengan iringan orkestra yang sangat megah. Buble sendiri mengakui kalau ia bersama para musisi merekam langsung lagu ini di studio. Meski tak terdengar sangat sempurna macam lagu yang sudah mendapat sentuhan computerized. Buble mengakui ia sangat menikmati prosesnya yang menurutnya ‘feels really good’.

Lagu lain yang juga masuk dalam koleksi Great American Songbook seperti ’You’re Nobody ‘Till Somebody Loves You’ dan ‘All I Do is Dream of You’, dibawakan oleh Buble dengan vokal yang manis dalam iringan musik jazz standard. Selanjutnya, ada dua lagu jazz standard yang sebenarnya sudah pernah dinyanyikan Buble di album-album sebelumnya: “All of Me” di album First Dance dan “Stardust” di album Dream. “Stardust” di album Crazy Love terasa berbeda dengan hadirnya grup acapella Naturally 7.

Kali ini, Buble merilis debut singlenya berjudul “Haven’t Met You Yet”. Sebuah lagu dengan musik yang ringan dan lirik yang romantis universal. Ini adalah satu-satunya lagu baru di album ini yang ditulis oleh Buble bersama Alan Chang dan Amy Foster.

Kelemahan album ini, mungkin terasa pada dua lagu lama yang sudah sangat identik dengan penyanyi sebelumnya. Rasanya “Georgia on My Mind” kurang menyentuh dibandingkan dengan versi Ray Charles. Begitu pula dengan lagu ‘Crazy Love’, versi Brian McKnight masih terkesan lebih ‘gila’ ketimbang Michael Buble.

Jika kalian berharap untuk mendengarkan lagu pop balada seperti “Home” dan “Lost”, maka “Hold On” adalah pilihannya. Namun lagu ini seakan-akan kian menegaskan bahwa Michael Buble agak terasa monoton. Semoga ini tidak berkelanjutan di album-albumnya yang akan datang. Mestinya Buble lebih banyak menulis lagu sendiri ketimbang mendaur ulang lagu lama.
Review duet oleh Timmy M. & Theo Karaeng

Track List:
1. “Cry Me a River” (Arthur Hamilton) – 4:15
2. “All of Me” (Gerald Marks, Seymour Simons) – 3:08
3. “Georgia on My Mind” (Hoagy Carmichael, Stuart Gorrell) – 3:08
4. “Crazy Love” (Van Morrison) – 3:31
5. “Haven’t Met You Yet” (Michael Bublé, Alan Chang, Amy S Foster) – 4:05
6. “All I Do Is Dream of You” (Nacio Herb Brown, Arthur Freed) – 2:32
7. “Hold On” (Michael Bublé, Alan Chang, Amy S Foster) – 4:05
8. “Heartache Tonight” (Don Henley, Glenn Frey, Bob Seger, J. D. Souther) – 3:52
9. “You’re Nobody Till Somebody Loves You” (Russ Morgan, Larry Stock, James Cavanaugh) – 3:07
10. “Baby (You’ve Got What It Takes)” (featuring Sharon Jones and The Dap-Kings) (Clyde Otis, Murray Stein) – 3:20
11. “At This Moment” (Billy Vera) – 4:35
12. “Stardust” (featuring Naturally 7) (Hoagy Carmichael, Mitchell Parish) – 3:13
13. “Whatever It Takes” (featuring Ron Sexsmith) (Ron Sexsmith) (Bonus Track for all editions) – 4:35

Related posts

Leave a Reply