Trending News

Blog Post

Album of The Day: Weezer – Raditude
Album of The Day

Album of The Day: Weezer – Raditude 

PhotobucketJangan salah artikan lirik dalam ‘I’m Your Daddy’, sebuah antem rock dengan sentuhan elektro-pop besutan Dr. Luke (Kelly Clarkson, Ke$ha) sebagai semangat pedofilia, karena vokalis-gitaris-penulis lagu Rivers Cuomo bernyanyi secara harafiah tentang putrinya sendiri. Lagu dengan semangat pop yang kental tersebut memang mengajak untuk bersenang-senang, meski sebenarnya Cuomo menciptakan lagu tersebut saat sang putri tengah terbaring sakit.

Mendengarkan ‘Raditude‘, sebenarnya sama halnya dengan mendengarkan enam album Weezer sebelumnya. Atmosfir cadas dan bising ala rock akan tetapi tetap memerhatikan notasi-notasi yang masih dalam hitungan melodius. Hanya saja, dalam album ini, Cuomo beserta Patrick Wilson (gitar, dram), Brian Bell (gitar, vokal) dan Scott Shiner (bas, vokal) sepertinya ingin lebih bersantai dengan pemilihan tema yang lebih ringan dan nge-pop.

Kolaborasi dengan Lil’ Wayne dalam ‘Can’t Stop Partyin’ misalnya. Dari judulnya saja sudah terlihat jelas jika mereka memang hanya ingin berpesta sepuasnya. Dengan ketukan mesin drum dan vokal ala auto tunes, lagu ini memang sangat tipikal lagu pesta masa kini. Namun, bukan Cuomo namanya jika ia tidak memberi ambiens ironi dalam lagu yang juga ditulis oleh kawakan Hip Hop/Rn’B, Jermaine Dupri.

Kontemplasi pun masih dapat ditemui dalam komposisi album ini, seperti ‘Love is the Answer’ yang ditingkahi oleh instrumen India seperti sitar serta vokal perempuan dalam bahasa Hindi. Aransemen yang bernuansa psikedelik menambah kesan artistik lagu. Dalam lagu yang cenderung mid-tempo namun keras di tengah ini justru menjadi lebih unik dengan arsiran vokal Hindi tadi.

Terlepas dari itu, ‘Raditude’ masih menawarkan nafas serta bobot musikalitas yang bisa kita dapatkan dari sebuah kumpulan musik cadas bernama Weezer. ‘(If You’re Wondering If I Want You To) I Want You To’ yang ditulis bersama Butch Walker (Dashboard Confessional, P!nk, Avril Lavigne) memang bernuansa pop-melodik dalam kapasitas penuh, akan tetapi tetap ada ‘Let It All Hang Out’ atau ‘In the Mall’, yang memiliki benang merah yang sangat tebal dengan klise Weezer selama ini. Nakal, nerdy, tapi berisi.

Dan yang senang dengan materi sendu tapi tidak murung, ada ‘I Don’t Want to Let You Go’ yang rasanya memang cocok sebagai pamungkas album ini. Vokal Cuomo yang sedikit berlarat namun tidak kehilangan aura geek-nya terasa menawan dan membuat lagu menjadi sangat meneyntuh, meski sebenarnya lagu bukan beritme lembut.

‘Raditude’ adalah album yang memuaskan. Setidaknya dalam pakem yang biasa kita kenal dari Wezer. Semangat bermain-main mereka dalam rock yang bernuansa progresif tetap terasa jenial, walau mungkin dibungkus dalam semangat pop yang tinggi. Weezer, bagaimanapun, masih band rock terdepan yang kita punya.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST:
01. (If You’re Wondering If I Want You To) I Want You To
02. I’m Your Daddy
03. The Girl Got Hot
04. Can’t Stop Partying (Polow version)
05. Put Me Back Together (Rich costy mix)
06. Trippin’ Down The Freeway
07. Love Is The Answer
08. Let It All Hang Out
09. In The Mall
10. I Don’t Want To Let You Go

TRIVIA:

* Album dirilis dalam dua edisi; standar dan deluxe. Edisi Indonesia adalah rilisan standar yang berisi 10 lagu. Sedang pada edisi deluxe berisi dua keping, selain rilisan standar maka pada keping kedua terdapat 4 tambahan lagu lagi, yang uniknya terkesan mentah, akan tetapi tetap jenial dalam musikalitas ala Weezer.

* Judul ‘Raditude’ diperoleh atas masukan dari aktor-komedian Rainn Wilson (The Office). Raditude kurang lebih bahasa slang yang berarti mempunyai sikap dalam getar positif atau negatif, atau juga keren.

ps.Album ini sudah tersedia di toko cd terdekat Rp.75.000,- direlease oleh Universal Music Indonesia.

Related posts

Leave a Reply