Trending News

Blog Post

Single of The Day: Helping Haiti – Everybody Hurts
Single of The Day

Single of The Day: Helping Haiti – Everybody Hurts 

PhotobucketSebelum Simon Cowell datang dengan ide ini, adalah Perdana Menteri Gordon Brown yang memintanya secara khusus untuk membuat sebuah proyek musik demi pemulihan Haiti pasca gempa berkekuatan lebih dari 7 skala richter yang terjadi 12 Januari lalu. Simon kemudian mengakomodir materi yang akan menjadi proyek tersebut dan terpilihlah lagu tahun 1993 milik REM yang berjudul Everybody Hurts. Secara lirik, lagu Everybody Hurts adalah lagu yang sangat pas untuk momentum seperti yang terjadi di Haiti. Di saat semua yang ada hanyalah keputusasaan dan perasaaan down, lagu ini mampu meyakinkan diri untuk bangkit bahwa sebenarnya yang menderita dalam hidup ini adalah semua orang. Maka dari itu, Simon Cowel mengajak nama-nama besar di industri musik UK dan US untuk bergabung menyanyikannya secara asamble, dan mereka menamakan dirinya Helping Haiti.

Steve Robson mengambil alih peran produser untuk lagu ini dan mengakalinya dengan cara membagi liriknya untuk dinyanyikan secara terpisah dari 21 penyanyi yang ada. Sedangkan aransemennya dibagi menjadi 2 versi, versi utama yang ditampilkan sebagai single dan juga videonya, dan sebagai b-side diberikan versi alternative, minus instrumen band-nya. Let’s talk about the singing part first. Aku tidak begitu menyukai ide satu artis dengan satu bagian seperti presentasi disini. Seperti artis satu dan lainnya tidak berinteraksi sama sekali. Hanya di bagian akhir semua suara terdengar semua, bukan sebagai paduan suara, tapi malah improvisasi masing-masing.

What’s up with Leona Lewis? Pemenang X Factor yang mendapatkan bagian verse pertama ini menyanyikan liriknya sebagai Mariah Carey impersonator. Dan untuk bagian Mariah Carey, sorry to say tapi ada phrasing yang dia gunakan terdengar janggal dan cara bernyanyi seolah tidak niat. Do you get the Mika part? Dia adalah yang menyanyikan lirik ‘now it’s time to sing along’ tepat setelah Cheryl Cole. Belum lagi Joe McElderry yang hanya dapat kebagian sebagai backing vocal saat yang lain punya moment masing-masing. In a way ini membuat lagunya menjadi sedikit menarik, tapi kemudian justru menuari komentar Joe tidak berbuat banyak untuk lagu ini. My most fave part adalah James Morrison. He’s got the vocal and the soul secara bersamaan.

Seperti yang diutarakan sebelumnya, bahwa single ini disajikan dalam 2 versi. Versi utama dengan iringan gitar elektrik dan gebukan drum cenderung lebih asyik untuk dinikmati. Dan alternative version-nya yang minus gitar elektrik dan drum-nya terdengar lebih santai dan khusyuk. Videonya yang disutradarai oleh Joseph Kahn menampilkan artis Helping Haiti saat sesi rekaman. Tidak semua nama tampil di video. Mariah Carey, Miley Cyrus, Jon Bon Jovi, dan Kylie Minogue tidak kelihatan. Selain itu juga menampilkan video footage dari keadaan di Haiti. Silahkan tonton Videonya disini.

I’m giving 3.5 out of 5 stars untuk lagu ini. Simon Cowell sudah melakukan effort serupa sejak X Factor Finalists menyanyikan charity singles seperti Hero dan You Are Not Alone. And he did another good job dengan lagu ini.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Lyrics:
[Leona Lewis]
When the day is long and the night, the night is yours alone,

[Rod Stewart]
When youre sure youve had enough of this life, well hang on

[Mariah Carey]
Dont let yourself go, cause everybody cries and everybody hurts

[Cheryl Cole]
Sometimes…. sometimes everything is wrong.

[Mika]
Now its time to sing along

[Michael Buble]
When your day is night alone,

[Joe McElderry]
(hold on, hold on)

[Miley Cyrus]
If you feel like letting go

[James Blunt]
If you think youve had too much of this life, well hang on..

[Gary Barlow]
Cause everybody hurts..

[Mark Owen]
Take Comfort in your friends
everybody hurts..

[Jon Bon Jovi]
Dont throw your hand, oh no

[James Morrison]
Dont throw your hand.
If you feel like youre alone, no, no, no, you are not alone

[Susan Boyle]
If youre on your own in this life, the days and nights are long,

[Aston Merrygold]
When you think youve had too much of this life to…

[Marvin Humes]
…hang on

[Shane Filan]
Everybody hurts, sometimes,

[Mark Feehily]
Everybody cries

[Kylie Minogue]
And everybody hurts… sometimes

[Robbie Williams]
And everybody hurts… sometimes, so hold on, hold on

[Everyone]
Hold on, hold on, hold on, hold on, repeat to fade

Related posts

Leave a Reply