Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Samantha Mumba
Time Tunnel

Time Tunnel: Samantha Mumba 

Photobucket

Samantha Mumba adalah penyanyi pop asal Dublin, Irlandia yang lahir di tanggal 18 Januari 1983. Berkulit gelap dengan jidat yang cukup lega adalah gambaran fisik wajah seorang Samantha Mumba. Namanya seru ya, Mumba (baca: mamba). Apakah dia asli Irlandia? Tidak, saudara-saudari. Ayahnya Peter Mumba adalah warga kulit hitam Zambia yang menikah dengan wanita kulit putih asal Irlandia. Maka lahirlah Samantha Tamania Anne Cecilia Mumba. Sam kecil bersekolah di Dublin’s Billie Barry Stage School, sejak usia 3 sampai 15 tahun. Hmm… Bayangkan betapa lamanya Sam mengenyam pendidikan seni disana. Dan lulus dari Billie Barry, Sam ikutan acara televisi pencari bakat Let Me Entertaint You tayang di RTE TV, sebuah ajang yang dimotori oleh Louis Walsh.Kagum dengan bakatnya, Louis memuluskan jalan Sam untuk teken kontrak bareng Polydor. Dan dari sini terbitlah album perdana Gotta Tell You di 31 Oktober 2000.

Banyak nama besar yang membantu Sam dalam albumnya itu, sebut saja Steve Mac (banyak mengerjakan proyek Boyzone dan Westlife), Dave Pensado (banyak ngebantuin Christina Aguilera di album Stripped), Stargate (dulunya banyak kerjasama ama Blue dan Atomic Kitten). Banyak single yang Sam rilis dari album ini. Awalnya adalah Body II Body yang berhasil masuk Top 5 di UK Singles Chart di tahun 2001. Lagu pop R&B ini mengambil sample lagunya David Bowie yang Ashes To Ashes. Kemudian hit terbesar Sam adalah Always Comeback To Your Love yang dirilis 19 Pebruari 2001 yang menembus 3 besar UK Singles Chart dan bahkan posisi puncak di Irlandia. Ini adalah hasil kerja keras Sam bersama Stargate pastinya! Untuk single ini, Sam nge-rap di bagian bridge lagunya. Dan di video klipnya, Sam bersama backup dancers melakukan koreografi yang pop abis! Sama kayak yang dilakukan Britney, Christina, Mandy, dan Jessica.

Untuk menaikkan namanya di US, Sam merilis Baby Come On Over (This Is Our Night) di 10 September 2001. Sayangnya lagu ini hanya mampu bertengger di posisi 49 sebagai tempat tertingginya. Lagu ini mengambil sample Ladies Night miliknya Kool & The Gang. Na’asnya lagi, Don’t Need You To (Tell Me I’m Pretty) yang khusus dirilis hanya di US juga tak mengangkat nama. Hanya peak di nomor 60 saja. Padahal lagu pop ciptaan Dianne Warren ini memiliki chart topping material. Ron Fair memproduseri lagu ini, lho. Natasha Thomas kemudian merekam lagu ini untuk album tahun 2006-nya Playin’ With Fire.

Lately dan I’m Right Here adalah 2 langkah terakhir Sam untuk menyelamatkan karir musiknya. Lately adalah lagu nomor 1 di US yang dibawakan oleh Divie di tahun 1998, tapi merupakan sebuah kegagalan besar bagi Sam di tahun 2002. Sedangkan I’m Right Here yang merupakan karya Bloodshy & Avant adalah menjadi dasar terkuburnya karir musik Sam. Jeleknya hasil yang dituai oleh single ini membuat proyek album ke-2 Sam yang direncanakan berjudul Woman harus dibatalkan. Parah ya? Seolah membela diri, Sam di tahun 2007 menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada rencana album ke-2, itu semua track yang tersebar di internet.

Gagal di musik, Sam mencoba peruntungannya di jalur showbiz yang lain. Modelling, Sam sempat menjadi modelnya Louise Kennedy, Dior, dan Reebok. Acting, Sam memerankan Mara di film The Time Machine di tahun 2002. Hingga akhirnya jalur inilah tempat bernaung Sam selama ini. Tidak kurang dari 5 judul film diikutinya sejak tahun 2003 hingga 2007. Spin The Bottle, Boy Eats Girl, Nailed, Johnny Was, 3 Croosses, Shifter, hingga yang akan datang di tahun ini Loftus Hall. Apakah Sam benar-benar melupakan dunia musik? Tidak sepenuhnya demikian. Karena di tahun 2009 lalu dia sempat tampil sebagai vokalis tamu untuk lagu Stay In The Middle miliknya Hill, penyanyi dan aktor asal Brunei.

Tidak ada kepastian bahwa kita akan mendengarkan materi album terbaru Samantha Mumba di tahun ini. Tapi rumor yang beredar bahwa Sam akan mengeluarkan album studio ke-2nya tahun ini. Gotta Tell You sebenarnya bukanlah satu-satunya rekaman resmi Sam, karena di tahun 2001 Sam sempat merilis album natal berjudul Samantha Sings Christmas dan album kompilasi The Collection yang dikeluarkan di tahun 2006. Sekarang, percaya enggak percaya, lagu Samantha Mumba muncul sebagai salah satu nominator Grammy di tahun 2001 untuk Remixer of the Year Non-Classical, yang dimenangkan oleh remixer lagu I Turn To You miliknya Melanie C.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Trivia:
1. Samantha Mumba menyanyikan lagu Wish Upon A Star untuk soundtrack Barbie ad Rapunzel di tahun 2002.
2. Meteor Music Awards, ajang penghargaan musik di Irlandia menganugerahi Samantha Mumba sebagai Penyanyi Wanita Terbaik di tahun 2002.

Lagu Samantha Mumba apa yang paling kamu suka?

Related posts

Leave a Reply