Trending News

Blog Post

Album of The Day:  Mary J. Blige – Stronger With Each Tear
Album of The Day

Album of The Day: Mary J. Blige – Stronger With Each Tear 

PhotobucketMary J. Blige kembali lagi dengan karya terbarunya, Stronger With Each Tear. Mary masih konsisten berkolaborasi dengan produser-produser bertangan dingin dari album sebelumnya seperti Darkchild, Polow Da Don, Bryan-Michael Cox, Raphael Saadiq, Stargate, Ryan Leslie, Konvict Music, Stereotypes, Ne-Yo, Tricky Stewart, The-Dream, D’Mile, Ron Fair. Jadi jangan heran jika warna album ini tidak terlalu banyak berubah dari album sebelumnya. Tapi tak perlu kuatir untuk merasa jenuh, karena selain MJB memiliki materi lagu yang berbeda, MJB selalu menawarkan perubahan yang subtil tersamar lewat musiknya juga liriknya yang mendalam.

Dibuka dengan tembang berjudul ‘Tonight’. Sebuah tembang yang meski dipenuhi dengan dentuman drum terprogram dengan beat hip hop, namun lebih terasa melankolis ketimbang cheering up. Interpretasi vokal MJB di sini sedikit lebih ngepop, tanpa banyak melismatik yang menjadi ciri khasnya.

Komposisi berikutnya adalah ‘The One’ yang diisi dengan beat bertempo cepat. Di sini MJB mengajak kolaborasi Drake, rapper muda asal Kanada yang sedang naik daun di tengah scene musik hip-hop Amrik. Lagu ini kental sekali dengan nuansa electro yang dipadukan dengan ritme Afrika terutama pada bagian chorus yang dilantunkan oleh MJB. Sebuah lagu yang akan mengangkat mood kita yang mendengarkan untuk bergoyang.

MJB kemudian membawa kita pada ‘Said and Done’. Sebuah tembang dengan beat yang dinamis dan menceritakan ketegasan lewat liriknya. Sementara aroma ‘Good Love’ sedikit mengingatkan pada hit dari album sebelumnya ‘Just Fine’. Di tembang ini alunan rapping T.I. menjadi ornamen pembuka yang justru menjadi manuver yang catchy. Tentunya iringan T.I. bukan hanya pada bagian awal lagu saja sehingga tak terkesan hanya tempelan saja. Pengimbuhan brass section menambah nuansa kontemporer di lagu ini, membangkitkan mood kita yang mendengar.

Sementara pada komposisi ‘I Feel Good’ MJB membawa suasana yang rileks. Alunan piano dipadukan dengan dentuman drum serta sentuhan electro dalam tempo sedang mengkreasikan atmosfir yang santai. We surely can feel the good, mendengarkan lagu ini. Begitu juga pada tembang berikutnya ‘I Am’. Meski dengan permainan elemen yang berbeda, pengimbuhan strings section, namun atmosfir yang ditimbulkan sama. Kedua tembang ini langsung masuk dalam favorit saya.

‘Each Tear’ tentu saja menjadi masterpiece di album MJB kali ini. Komposisi bertempo sedang ini dibuka dengan dentuman drum sepanjang lagu dipadukan dengan alunan denting piano serta strings section mendominasi pada bagian chorus. Interpretasi vokal MJB yang begitu kuat membuat lagu ini memang pantas untuk menjadi tajuk album. Dengan lirik yang bermakna dalam pastilah akan membangkitkan semangat dan ketegaran. Lagu ini haruslah menjadi anthem bagi siapapun yang sedang menghadapi masalah dalam kehidupan.

Each tear there’s a lesson
Makes you wiser than before, makes you stronger than you know
Each tear brings you closer to your dream
No mistake no heartbreak can take away what you’re meant to be

Lewat ‘I Love U (Yes I Du)’ Mary membawakan tembang yang sangat dinamis dan bernuansa eklektik antara ritme Afrika dipadukan dengan nuansa reggae secara melodi. Nuansa kontemporer terasa dengan pengimbuhan nuansa electro pada beberapa bagian terutama pada bagian akhir lagu. Setelah bergoyang dengan ‘I Love U (Yes I Du)’ Mary membawa kita untuk cooling down dengan tembang “We Got Hood Love”. Tembang ini lebih kental dengan nuansa R&B ballad klasik ala MJB. Alunan suara Trey Songz di album ini justru memberikan sesuatu yang berbeda yang tidak tertebak, tanpa membuat vokal Trey Songz terkesan hanya tempelan.

Dilanjutkan dengan ‘Kitchen’. Alunan piano yang mendominasi sepanjang lagu dipadukan dengan interpretasi vokal MJB membuat lagu ini pantas menjadi favorit. Komposisinya lebih sederhana secara musikal, lebih akustik dibandingkan dengan sebagian besar lagu di awal, sementara penekanannya pada interpretasi vokal MJB dipadukan dengan lirik yang menarik. Sementara pada ‘In The Morning’ MJB benar-benar membawa nuansa soul R&B yang kental. Lagu ballad yang dibawakan dengan konsep big band ini memberikan kesan megah pada alunan vokal MJB.

Sebagai penutup peraih nominasi Grammy, Raphael Saadiq, berhasil mengangkat sisi emosi yang menyentuh lewat komposisi yang sederhana, lebih akustik, dan soulful dipadukan dengan interpretasi vokal MJB.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Tonight”
2. “The One” (featuring Drake)
3. “Said and Done”
4. “Good Love” (featuring T.I.)
5. “I Feel Good”
6. “I Am”
7. “Each Tear”
8. “I Love U (Yes I Du)”
9. “We Got Hood Love” (featuring Trey Songz)
10. “Kitchen”
11. “In the Morning”
12. “Color” (from the motion picture Precious)

PS:
Brass section: seksi alat tiup seperti saxophone, trompet, trombone
Strings section: seksi alat gesek seperti biola

Related posts

Leave a Reply