Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mayer Hawthorne – A Strange Arrangement
Album of The Day

Album of The Day: Mayer Hawthorne – A Strange Arrangement 

PhotobucketPerkenalkan salah satu artis musisi soul terbaru Mayer Hawthorne. Mayer Hawthorne, adalah multi instrumentalist, selain dikenal sebagai rapper dan DJ. Selain itu ia juga seorang produser, penulis lagu, arranger, dan audio engineer. Nama aslinya sendiri adalah Andrew Mayer Cohen. Sementara nama Hawthorne adalah nama jalan tempat dimana ia tumbuh besar di Michigan.

Jika sebelumnya kita mengenal Maxwell dan Robin Thicke yang kental dengan nuansa soul, maka Mayer Hawthorne menawarkan rasa soul yang berbeda lewat musiknya. Jika Maxwell dan Thicke terasa sangat kental dan pekat pengaruh akar musik hitamnya. Maka Mayer menawarkan interpretasi baru yang lebih putih atas black soul. Ini bisa kita rasakan lewat interpretasi vocal Mayer yang lebih disiplin pada melodi dan minim dengan improvisasi atau melismatik meski masih tetap di beberapa bagian menggunakan falsetto. Memang secara aransemen gaya vokal album Mayer ini sedikit mengingatkan gaya Robin Thicke di album terbarunya. Tapi tetap saja ada saja sesuatu yang membuat kedua musisi ini terasa dan terdengar berbeda.

Dibuka dengan prelude berupa alunan vocal Mayer yang dibuat dengan pembagian suara ala group sepanjang 25 detik sedangkan liriknya sendiri mengungkapkan pengakuan Mayer kalau musiknya merupakan aransemen yang asing.

Pernyataan awal Mayer itu seakan ditegaskan dengan komposisi pertama berjudul ‘A Strange Arrangement’. Musiknya sendiri sangat akustik dan minimalis dengan alunan piano diiringi ketukan drum serta bass. Alunan vocalnya diiringi oleh backing vocal Mayer sendiri. Komposisinya sederhana hanya berupa satu dua bar yang repetitif. Nuansa yang ditimbulkan cenderung misterius, gelap dan membuai ala lullaby.

Sementara track ketiga ‘Just Ain’t Gonna Work’ lebih cheering up dibandingkan dengan track sebelumnya, meski ironisnya lirik lagu ini justru mengisahkan perpisahan. Pada ‘Maybe So Maybe No’ Mayer membawakan nuansa yang lebih upbeat dipadukan dengan brass section yang mengangkat mood. Liriknya sendiri lebih menggoda dan jenaka. Dilanjutkan dengan lagu yang bernuansa retro Motown, ‘Your Easy Lovin’ ain’t Pleasin’ Nothin’’ Mayer masih mengangkat mood dengan tekstur doo-wop.

Dalam komposisi selanjutnya ‘I Wish It Would Rain’, Mayer mengajak kita untuk lebih rileks. Yang unik dalam lagu ini adalah gaya falsetto Mayer yang tidak melengking melainkan lebih gelap dan dalam. Pengimbuhan brass section pada bagian bridge menegaskan kemegahan di tengah atmosfir yang dingin, seakan mendengarkan gemuruh guntur di kejauhan menanti datangnya hujan.

Lewat tembang ‘Make Her Mine’ Mayer sekali lagi mengangkat mood kita dengan nuansa retro yang kental. Agak mengingatkan pada hit lama ‘Track Of My Tears’ pada bagian intronya. Di lagu ini memang terasa nuansa Smokey Robinson, Curtis Mayfield yang menjadi inspirasi bagi Mayer. Begitu juga pada komposisi berikutnya, ‘One Track Mind’.
Sementara pada ‘The Ills’ yang sangat upbeat, Mayer berhasil memadukan antara soul dan rock and roll. Lagu ini pasti langsung mengangkat mood kita yang mendengarnya.

‘Shiny And New’ bernuansa lullaby dan mengingatkan pada ‘A Strange Arrangement’ dalam melodi yang berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan ‘Let Me Know’, sebuah komposisi dengan tempo sedang. Sebuah tembang yang sangat kupinggenic membuat kita yang mendengar ingin ikut bernyanyi bersama Mayer.

Sebagai penutup ‘Green Eyed Love’ sebuah komposisi yang unik, gelap, bertempo lambat, sedikit bernuansa ballad dipadukan raungan gitar listrik pada bagian bridge sebelum masuk pada penutup lagu. Seperti yang ditegaskan Mayer ‘A Strange Arrangement’ nuansa lembut vokal Mayer terasa kontradiktif dengan raungan gitar listrik yang energik dan powerful.

Memang jika didengarkan secara keseluruhan ke-12 lagu di album ini akan terasa seragam, monoton, asing khususnya bagi mereka yang tidak terlalu menggemari nuansa retro soul yang cenderung lembut. Namun album Mayer Hawthorne ini pantas jika dijadikan alternatif dengaran baru setelah kita menikmati Maxwell dan Robin Thicke.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. Prelude
2. A Strange Arrangement
3. Just Ain’t Gonna Work
4. Maybe So, Maybe No
5. Your Easy Lovin’ ain’t Pleasin’ Nothin’
6. I Wish It Would Rain
7. Make Her Mine
8. One Track Mind
9. The Ills
10. Shiny And New
11. Let Me Know
12. Green Eyed Love

Related posts

Leave a Reply