Trending News

Blog Post

Album of The Day: Snow Patrol – Up To Now
Album of The Day

Album of The Day: Snow Patrol – Up To Now 

PhotobucketSnow Patrol adalah Gary Lightbody (vokal, gitar rhythm), Nathan Connolly (gitar, vokal latar), Paul Wilson (bass, vokal latar), Jonny Quinn (drum, perkusi) dan Tom Simpson (kibor, sampling). Tentu saja mereka sebelumnya telah melakukan beberapa kali pergantian personil, dan ini adalah formasi mutakhir dari Snow Patrol.

‘Up To Now’, sebuah album berkeping ganda, diakui bukan sebagai sebuah kumpulan lagu terbaik mereka (greatest hits), akan tetapi lebih kepada sebuah portofolio akan koleksi lagu-lagu cinta mereka. Tidak heran jika lagu-lagu yang non-single pun terdapat dalam album ini, juga lagu yang “tak lazim” seperti cover version hits-nya Beyonce, ‘Crazy in Love’.

Meski mengusung aliran rock-alternatif, akan tetapi sebenarnya kebanyakan single hits mereka adalah lagu-lagu bertema roman, sehingga tidak mengherankan jika mayoritas materi dari album ini adalah koleksi single mereka yang telah tenar sebelumnya, seperti ‘Chasing Cars’, ‘You’re All I Have’, ‘Hands Open’, ‘Shut Your Eyes’, ‘Signal Fire’, ‘Open Your Eyes’, atau favorit-favorit saya ‘Run’, ‘The Planets Bend Between Us’ dan ‘Set the Fire to the Third Bar’ yang menampilkan vokal Martha Wainwright. Oleh karenanya, kesan greatest hits tadi kuat tersampirkan.

Meski begitu, album ini menepati janjinya dengan menyertakan lagu-lagu yang non-single namun dipenuhi oleh atmosfir romantik, seperti ‘Batten Down the Hatch’, ‘Cartwheels’ atau ‘Making Enemies’.

Selain itu ada bonus tambahan dengan adanya versi live ‘Run’ dan ‘Chasing Cars’ yang diambil dari pertunjukan Mencap Little Noise Sessions, Live at the Union Chape. Semakin memperkaya materi yang ditawakan ‘Up to Now’.

Peabody jelas-jelas merupakan ujung tombak dari kumpulan ini, sehingga sah-sah saja jika kemudian dia pun memasukan ‘Cartwheels’ dan You are my joy’, yang merupakan lagu-lagu dari proyek sampinganya bersama Reindeer Section atau penampilan solonya pada ‘An Olive Grove Facing the Sea’. Sekali lagi ini hal yang sah-sah saja, mengingat ‘Up To Now’ bukanlah album the best mereka.

Namun, kesan the best tadi sulit dihilangkan, mengingat diikutsertakannya tiga materi baru, ‘Just Say Yes’, ‘Give Me Strength’ dan ‘Dark Roman Wine’ sebagai pengunci materi. ‘Just Say Yes’ yang bewarna elektro-pop seolah ingin mempertegas jika Snow Patrol bukanlah sebuah kumpulan sejenis Coldplay atau Radio Head, melainkan lebih mengejar estetika bermusik dalam ranah pop.

Namun begitu, jangan remehkan mereka. Dengan aransemen serta komposisi yang meliputi modern-rock, pop, balada dan folk, Snow Patrol menunjukkan tajinya dengan mengantarkan lagu-lagu yang kredibelitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi dengan didukung oleh kemampuan mereka dalam memadukan antara artistik-idealis dengan komersialisme-populer, yang dikemas dalam bentuk yang organis dan jenial.

‘Up to Now’ adalah sebuah album kompilasi yang memenuhi tugasnya dengan baik. Terlepas apakah ini adalah sebuah kumpulan lagu terbaik atau tidak, ‘Up To Now’ akan terasa sangat memuaskan, baik bagi penggemarnya, maupun “calon” penggemarnya.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST:
Disc 1
01. Chocolate
02. Chasing Cars
03. Crack The Shutters
04. Set The Fire To The Third Bar (feat. Martha Wainwright)
05. Crazy In Love
06. Just Say Yes
07. Batten Down The Hatch
08. You’re All I Have
09. Hands Open
10. Cartwheels
11. The Planets Bend Between Us
12. Ask Me How I Am
13. On/Off
14. Making Enemies
15. Run (MENCAP Little Noise Sessions, Live At The Union Chapel)

Disc 2
01. Take Back The City
02. Shut Your Eyes
03. An Olive Grove Facing The Sea
04. Run Snow Patrol
05. Give Me Strength
06. Signal Fire
07. Spitting Games
08. Open Your Eyes
09. Dark Roman Wine
10. Fifteen Minutes Old
11. You Are My Joy
12. The Golden Floor
13. Starfighter Pilot
14. PPP
15. Chasing Cars (MENCAP Little Noise Sessions, Live At The Union Chapel)

TRIVIA

* Lagu ‘Just Say Yes’ ditulis oleh Peabody sebenarnya atas permintaan untuk menjadi lagu terbaru bagi Gwen Stefani, namun sayangnya ditolak oleh Stefani. Kemudian nasib membawa lagu tersebut untuk direkam oleh Nicole Scherzinger, dari Pussycat Dolls untuk kepentingan album solonya. ‘Her Name is Nicole’. Namun, karena sesuatu dan lain hal, album tersebut terus tertunda, sehingga akhirnya produser mengklaim agar Snow Patrol saja yang membawakan lagu tersebut.

* Banyak yang mengira jika ‘Run’ adalah lagu yang dibawa pertama kalinya oleh Leona Lewis. Harus diakui, jika Lewis berhasil membawa atmosfir megah dan syahdu di lagu tersebut, namun versi Snow Patrol sendiri pun tak kalah melankolisnya, meski tetap dalam pengaruh rock yang kental.

* Meski sebelumnya telah mengeluarkan tiga album, namun nama Snow Patrol belum berkibar dengan jayanya, sampai mereka bergabung dengan label besar, Polydor dan melepas album ‘Final Straw’ di tahun 2004. Akhirnya mereka sukses besar. Apalagi disusul dengan keberhasilan secara masif dari album ‘Eyes Open’ (2006).

* Sejauh ini (medio 2010), Snow Patrol telah mengeluarkan 5 album dan satu EP.

Related posts

Leave a Reply