Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sugababes – Sweet 7
Album of The Day

Album of The Day: Sugababes – Sweet 7 

PhotobucketPut all the catfights behind. Sweet 7 dirilis 15 Maret ini selain menjadi album pertama Sugababes tanpa satupun anggota aslinya, album dengan konsep bermusik dan penampilan yang lebih seksi sebelumnya, dan juga album dengan jumlah kontributor yang lebih banyak dan beragam. Cewek-cewek ini menyebutnya sebagai rekaman terbaik mereka. Bagaimana penjabaran Sweet 7????

Get Sexy sebagai single pertama dan track pembuka dari album ini mampu membangkitkan gairah dengar. Untuk versi pertamanya (juga videonya) masih menampilkan Keisha, tapi untuk versi albumnya adalah rekaman ulang dengan vokal Jade di dalamnya. Hasilnya memang tidak jauh beda, tapi dibandingkan lagu-lagu Sugababes sebelum-sebelumnya, lagu ini termasuk sound baru untuk mereka dengan dance electro yang modern dan dance beat yang robotic. Wear My Kiss juga demikian. Hanya saja Wear My Kiss terdengar lebih ramah di telinga dengan hook-nya. Tapi untuk lagu terbaik dalam album ini buatku adalah About A Girl. Lagu hasil kerja keras RedOne ini mampu menjadi deklarasi Sugababes dengan formasi Heidi-Amele-Jade. This song has it all. Great DJ party music, strong women emancipation lyrics, plus hook to sing alot.

Aku suka dentuman drum untuk lagu Wait For You. Di lagu ini juga mereka menampilkan vokal yang murni, lebih sedikit vocal programming. Jade adalah andalan mereka untuk melakukan outstanding vocal performance. Ryan Tedder dan Stargate memberikan lagu Thank You For The Heartbreak. Seperti lagu dance 80’an, khususnya untuk synth yang digunakan. Stargate terdengar lebih dominan ketimbang Ryan Tedder disini. One of my fave. Sean Kingston muncul di lagu Miss Everything. Sebagai satu lagu ter-bising di album ini, dibuka dnegan jeritan ‘shawty’ dari Sean, berikutnya Sugababes menyanyikan lagunya seperti versi perempuannya Sean. Interesting, isn’t it?! Di lagu She’s A Mess, vokalnya dikomputerisasi sehingga seperti gaya bernyanyi Ke$ha. I just don’t like it, terdengar sedikit aneh. Belum lagu terlalu banyak sound yang ditampilkan, mulai dari scratch dan sirine, trus rap-nya Sugababes yang enggak berhasil buatku.

Dalam mendengarkan album ini, aku mencari kapan dan dimana ada track yang bisa dinikmati untuk cooling down. Tapi ternyata belum ditemukan di lagu Give It To Me Now. Meskipun tidak seliar dan selincah 2 track sebelumnya, setidaknya lagu ini lebih sweet dan civilized. Barulah Crash & Burn lagu yang bertempo slow dan mendengarnya membuat kita bertanya apakah ini karya Ryan Tedder? Ternyata tidak. Lagu ini karya Jonas Jeberg, yang pernah bekerjasama ama Kylie Minogue hingga Jessica Mauboy. Liriknya juga kuat, aku suka bagian ‘we can’t be rescued fromthe pain or the heartache, now trapped on the other side with no way to escape’. No More You juga sepertinya kelanjutannya Crash & Burn. Iringan pianonya mantap. This is what I’ve waited to hear. Mereka tidak begitu sibuk dengan new sound kayak American R&B atau electro-dance-pop saja, tapi masih ada waktu untuk menghasilkan lagu dengan beat yang slow dan tidak annoying.

An acoustic likely track di lagu Sweet & Amazing, kami bisa mendnegarkan harmonisasi vokal trio ini. Tapi dominasi Jade justru membuatku khawatir kalau-kalau di masa mendatang akan menuai pertikaian. Lagu penutup, Little Miss Perfect adalah bagian pendinginan setelah kita bergoyang bersama. I think they should release this song as a single. Mengapa? Karena lagu ini diciptakan oleh Claude Kelly bersama Stargate, nama besar mereka paling tidak bisa dijadikan modal awal. Trus, perbedaan yang mencolok antara lagu sesederhana ini dibandingan 3 lagu meriah sebelumnya pasti menjadi hal yang menarik dan membuat para pendengarnya penasaran dengan apa yang mereka suguhkan dalam Sweet 7. Piano di lagu ini mungkin akan sedikit mengingatkan kita pada lagu Unfaithful miliknya Rihanna.

After all, Sweet 7 terdengar bising dan heboh di awal, tapi ballad dan damai di akhir. Dirilis di bawah label milik Jay Z, Roc Nation, album ini memang tidak sia-sia. Seluruh kerja keras telah terbayar. Rekaman yang benar-benar beda dibanding rekaman yang telah diberikan Sugababes sebelumnya.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Get Sexy” Phillip Lawrence, Ari Levine, Bruno Mars, Richard Fairbrass, Fred Fairbrass, Rob Manzoli 3:14
2. “Wear My Kiss” Fernando Garibay, Bruno Mars, Philip Lawrence, Carlos Centel Battey, Steven Andre Battey 3:44
3. “About a Girl” Makeba Riddick, Nadir Khyat 3:28
4. “Wait for You” Garibay 3:50
5. “Thank You for the Heartbreak” Ryan Tedder, Mikkel Eriksen, Tor Erik Hermansen 3:41
6. “Miss Everything” (featuring Sean Kingston) Lawrence, Levine, Mars 3:39
7. “She’s a Mess” Lawrence, Levine, Mars 3:25
8. “Give It to Me Now” Reggie “Syience” Perry 3:00
9. “Crash & Burn” Jonas Jeberg, Marcus John Bryant, Nakisha Smith 3:37
10. “No More You” Shaffer “Ne-Yo” Smith, Eriksen, Hermansen 4:12
11. “Sweet & Amazing (Make It the Best)” Rob Allen, Martin Kleveland, Bernt Rune Stray, Eriksen, Hermansen 3:50
12. “Little Miss Perfect” Claude Kelly, Eriksen, Hermansen 3:46

Related posts

Leave a Reply