Trending News

Blog Post

Album of The Month: Sade – Soldier of Love
Album of The Day

Album of The Month: Sade – Soldier of Love 

PhotobucketAlbum ini dibuka dengan tembang ‘The Moon and the Sky’. Sebuah komposisi yang melankolis khas Sade bercerita tentang pengkhiatan cinta. Musiknya sendiri bernuansa gelap, sedih namun tak jatuh menjadi cengeng, dengan tempo lambat. Sederhana dengan kekuatan vokal Adu yang kharismatis membuat komposisi ini menjadi appetizer yang catchy.

Dilanjutkan dengan ‘Soldier Of Love’ yang bernuansa marching dengan dentuman drum yang khas militer dan menjadi debut single dari album ini. Lagu ini menceritakan peperangan dalam percintaan. Kemudian hadir ‘Morning Bird’. Sebuah komposisi bertempo lambat yang didominasi dentingan piano, lebih kental dengan nuansa akustik yang minimalis. Lagu ini berkisah tentang kenangan akan masa lalu yang indah namun justru menghadirkan kesedihan.

Sade kemudian membawa kita masuk dalam pengalaman cinta antara seorang ayah dan anak lewat komposisi berjudul ‘Baby Father’. Komposisi ini mendapat sentuhan reggae yang halus namun tetap berkarakter Sade. Sebuah komposisi yang menenangkan.

‘Long Hard Road’ berkisah tentang optimisme dalam menghadapi masalah. Atmosfer lagu ini bernuansa menenangkan dengan dominasi gitar, violin dan drum.

Lewat ‘Be That Easy’, Sade memberikan kejutan dengan musik yang bernuansa country. Petikan banjo menghiasi sejak intro hingga ke akhir lagu. Sebuah perkawinan antara musik yang bernuansa country dengan aransemen vokal yang lebih nge-soul.

Setelah sejumlah lagu bertempo lambat, Sade menghadirkan tembang yang bertempo cepat dengan ‘Bring Me Home’. Namun meski bertempo cepat dengan dominasi dentuman drum, aransemen lagu ini membuat nyaman kita yang mendengarnya.

‘In Another Time’ Sade membawakan nuansa soul blues yang kental, dengan iringan piano, violin diimbuhi alunan sax memberikan nuansa melankolis. Sementara lirik lagu ini berkisah tentang seorang wanita yang seharusnya mengakhiri sebuah hubungan dan merasakan sakitnya perpisahan namun tetap optimis untuk menemukan pria yang tepat.
Dilanjutkan dengan ‘Skin’ yang bernuansa funk yang lembut. Komposisi didominasi asimilasi antara ketukan bass Denman dan permainan gitar dari Matthewman. Lagunya sendiri mengisahkan seorang wanita yang hendak memutuskan kekasihnya.

Sebagai penutup ‘Soldier Of Love’, Sade menghadirkan ‘The Safest Place’ yang bernuansa akustik dengan dominasi gitar diimbuhi solo biola di tengah-tengah lagu. Tetapi dengan lirik yang jauh lebih manis dan optimis.

Album ini memang masih terasa kental dengan sentuhan khas Sade. Namun kekonsistenan ini tidak berarti membosankan. Karena Sade menawarkan sentuhan gaya baru secara halus dalam pesan yang berbeda lewat lagu-lagunya sehingga terasa juga keragamannya. Jadi kita masih bisa menikmati album ini dalam suasana santai dan rileks.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “The Moon and the Sky” – 4:27
2. “Soldier of Love” – 5:57
3. “Morning Bird” – 3:54
4. “Baby Father” – 4:39
5. “Long Hard Road” – 3:00
6. “Be That Easy” – 3:39
7. “Bring Me Home” – 4:06
8. “In Another Time” – 5:04
9. “Skin” – 4:14
10. “The Safest Place” – 2:43

ps. CD ini sudah direlease oleh Sony Music Indonesia seharga Rp.75.000,-

Related posts

Leave a Reply