Trending News

Blog Post

The Pussycat Dolls Investigation!
Music News

The Pussycat Dolls Investigation! 

Photobucket

Tahun 2005 adalah kali pertama kita menyaksikan The Pussycat Dolls di layar kaca. Saat mereka menari dan bernyanyi bersama, melantunkan hit Don’t Cha yang hingga gini masih sering berkumandang, khususnya di film-film layar lebar yang menggunakannya sebagai back sound. Don’t Cha memang berbuat banyak bagi grup ini, tapi apakah Don’t Cha yang sebenarnya merupakan titisan awal PCD? Robin Antin, penggagas grup dance show berbasis di kota Los Angeles yang kemudian membawa grup ini dari pagelaran panggung menuju studio rekaman bersama Interscope Records di tahun 2003. Dari sanalah rekaman musik PCD mulai terdengar di seluruh penjuru dunia. Formasi yang Antin gunakan untuk PCD sebagai artis rekaman adalah Nicole Scherzinger all lead and background vocals, Carmit Bachar dan Melody Thornton additional background and lead vocals, Jessica Sutta, Ashley Roberts, dan Kimberly Wyatt additional background vocals. Nama PCD pun semakin membumbung tinggi saat mereka merilis single Stickwitu yang menjadi hit terbesar mereka hingga saat ini, menjadi nomor 1 di lebih dari 5 negara, dan berhasil menyabet unggulan dalam Grammy Awards ke-49. PCD terus menerus menjadi sorotan sebagai girlband dengan format dance lalu vokal yang cukup diperhitungkan. Image seksi juga mereka boyong sejalan dengan hit Buttons, Beep, Wait A Minute, I Don’t Need A Man, hingga Sway. Agaknya grup ini here to stay.

Silaunya lampu sorot ketenaran membuat Nicole Scherzinger sang vokalis utama PCD ingin menyicipi pengalaman rekaman sebagai artis solo. Dan ide itu tertuang pada sebuah konsep album Her Name Is Nicole di tahun 2007. Fokus pemikiran dan seluruh jiwa raga Nicole tuangkan untuk album ini, namun single pertama Whatever U Like, single kedua Baby Love, dan single ketiga Puakenikeni tak menunjukkan respon yang membahagiakan bagi karis solo Nicole, yang terpaksa harus menunda perilisan proyeknya itu. Dan akhirnya PCD kembali menyita perhatian Nicole, tapi tidak dengan Carmit Bachar. Anggota terlama PCD ini mengundurkan diri per-Maret 2008 sesaat sebelum PCD kembali ke studio untuk merekam lagu-lagu terbaru mereka untuk album ke-2 Doll Domination, yang beberapa di antaranya merupakan materi solo Nicole dalam Her Name Is Nicole yang tunda rilis. Adalah hit single When I Grow Up yang kembali menjadi sorotan, saat berhasil meraih Best Dancing In A Video dalam ajang MTV Video Music Awards di tahun 2008. Meskipun tanpa Carmit, grup ini tidak kehilangan haluan. Dan tampak luar, PCD is okay. I Hate This Part, Watcha Think About That, Bottle Pop, semua terasa biasa. Hingga akhirnya saat mereka merilis single Jai Ho! yang originalnya adalah soundtrack untuk film peraih Oscar, Slumdog Millionaire yang diperkenalkan sebagai hasil karya dari AR Rahman & The Pussycat Dolls ft Nicole Scherzinger. Seolah Nicole adalah bagian lain dari PCD. Dan nama ini berlanjut ke single Hush Hush; Hush Hush. Ada apa dengan PCD?

PhotobucketThe Pussycat Dolls feat. Nicole Scherzinger bukanlah jawaban dari kebingungan atas apa yang terjadi dalam internal girlband ini. Doll Domination Tour yang dimulai sejak awal 2009 seolah sebagai saksi dari keretakan PCD. Awalnya adalah saat Melody Thornton mengambil alih panggung saat dirinya tidak ditampilkan di lagu Halo. Tapi itu tidak berlangsung lama, karena drama yang dihasilkan Melody agaknya hanya berada di atas panggung saja. Jessica Sutta mengalami insiden cedera saat tur di Sydney yang mengharuskannya tidak dapat mengikuti rangkaian tur ini hingga akhir, termasuk di bulan Juni saat mereka singgah di Jakarta. Nasib Jess berhenti bersama PCD di awal 2010 dimana Jess akhirnya angkat bicara mengenai nasibnya pasca cedera di Sydney adalah seperti tuna wisma, karena tak ada orang dalam lingkaran PCD yang peduli lagi atas keberadaan dirinya yang cedera tersebut. Ashley Roberts pun ikut curhat ke media, tak lama setelah mengakhiri tur Doll Domination di Inggris. Ash tampak meneteskan air mata dan sempat berucap bahwa ini adalah terakhir kalinya PCD bersama.

PhotobucketKimberly Wyatt yang tampaknya lebih vokal dalam mengekspresikan perasaannya terhadap PCD (baca: Nicole). “With Nicole, she’s more someone I work with, rather than a friend. But again, from all the touring and time we spent together, we did get close. I’d say that in any situation, nothing is ever perfect. But from the beginning, the way it was all put together, Nicole was always the lead singer and we had to come to terms with it. At the end of the day, that was just my job and when I came out on stage. I knew what my job was and I did it to the best of my ability. I feel like I can relate to anybody in a corporate job – because it’s just a job, nothing more! I don’t know if the Dolls will get back together. It’s not really up to me. I don’t know what’s next for the Pussycat Dolls.” Keberanian berkata-kata ini diikuti oleh tindakan selanjutnya yaitu hengkang dari PCD, for good. Uang dan ketenaran tak dapat membeli kebahagiaan, itulah yang diungkapkan Kim setelah melepaskan diri dari derita terpendam yang di rasakannya selama bergabung dalam PCD. Kim tak ingin selamanya larut dalam image Doll yang disandangnya sejak 2002 itu, maka single Not Just A Doll pun lahir sebagai ekspresi deklarasi karir solonya.

Pertanyaan terbesar pun muncul, apakah nanti akan tetap ada The Pussycat Dolls? Sementara anggota yang tersisa hanyalah 2 orang. “Some of the girls who have shared the stage and spotlight with Nicole are ready to begin artistic journeys of their own and I support them completely. And so, too, must I keep moving forward. I am happy to announce the creation of a new Pussycat Dolls, with Nicole Scherzinger continuing on as lead singer. We hope all our fans will join us on a journey that will prove to be a once-in-a-lifetime dream for m any girls around the world. So… get ready for the new, hot, sexy, talented Pussycat Dolls!” Robin Antin memberikan pernyataannya. Sementara Melody Thornton masih belum resmi, akankah meninggalkan PCD atau masih tetap bertahan. Tapi yang jelas, Nicole menyatakan masih bersedia menerima Melody dalam grup ini. Masih adakah penyanyi/penari yang mau bergabung bersama PCD dengan kondisi catfights melebihi jumlah rekaman yang telah mereka hasilkan? Robin will work it out.
PhotobucketCarmit Bachar baru saja mengeluarkan lagu berjudul Cream dan diberitakan dalam waktu dekat akan merilis album solonya. Sementara Ashley Roberts dan Jessica Sutta belum memliki langkah apa-apa dalam projek solonya. Kimberly Wyatt yang tampaknya lebih cerah karena selain telah mengeluarkan Not Just A Doll, bulan Mei nanti singlenya bersama rapper asal UK Aggro Santos yang berjudul Candy akan dirilis. Album solo perdananya nanti juga akan menampilkan Missy Elliott. Dan The Pussycat Dolls sendiri menurut Robin Antin harus berada dalam studio untuk merekam album baru yang harus dirilis tahun ini.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply