Trending News

Blog Post

Time Tunnel: The Rolling Stones
Time Tunnel

Time Tunnel: The Rolling Stones 

PhotobucketAsal muasal band ini adalah di tahun 1962 saat Brian Jones (harmonika) dan Ian Stewart (piano) membentuk sebuah grup yang kemudian diajak gabunglah Mick Jagger (vokal) dan Keith Richards (gitar). Dengan 4 member, The Rolling Stones belumlah lengkap. Karena berikutnya bergabung Bill Wyman (bass) dan Charlie Watts (drum) yang membuat grup ini jadi sempurna. Perjuangan musik mereka diawali dengan kontrak rekaman bersama Decca yang mengganti nama dari The Rollin’ Stones menjadi The Rolling Stones. And then they’re shining.

29 album studio dengan 10 album live, 33 album kompilasi, dan 3 album mini berhasil mereka hasilkan sejak 1964 hingga sekarang. Panjangnya rentang waktu mereka berkarir selain menghasilkan karya musik yang banyak juga menginspirasi banyak musisi masa kini dalam bermusik. Tahun lalu, mereka mengeluarkan album The Rolling Stones Box Set, yang merupakan kumpulandari album yang mereka hasilkan sejak tahun 1971 hingga 2005. Ada 14 album di dalamnya dan sangat membantu bagi 12 finalis American Idol dalam menentukan pilihan lagu untuk dinyanyikan.

Time Tunnel kali ini tidak akan membahas keseluruhan karir The Rolling Stones yang begitu panjangnya… kami putuskan untuk membahas ke-12 Single yang dibawakan oleh finalis American Idol 9 yang semalam barusan tampil dengan membawakan lagu2 mereka. So, ini dia…

Miss You (19 Mei 1978) album: Some Girls
Ini lagu anak band banget. Karena instrumen yang digunakan dalam lagu ini persis kayak live sessions di studio. Drum, bass, gitar, elektrik piano, saksopon, dan harmonika. Lagu ini merupakan lagu ke-8 mereka yang berhasil jadi juara di US meskipun hanya peak di posisi 3 di UK. Di tahun 2004, majalah Rolling Stone memasukkan lagu ini ke dalam daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa, tepatnya di posisi 496. Dan tau lagu apa yang menjatuhkan lagu ini dari posisi juara di US? Jawabannya adalah The Commodores dengan Three Times A Lady. Beberapa cover version pernah disediakan oleh Etta James, Musiq Soulchild, E Street Band, The Dynamics, dan The Concretes.

Play With Fire (13 Maret 1965) album: Out Of Our Heads
Lagu ini diciptakan oleh Nanker Phelge dan diproduseri oleh Andrew Loog Oldham. Liriknya bercerita mengenai kisah cinta antara anak muda dengan cewek kelas atas. Meskipun tidak begitu bernasib baik di chart (hanya muncul di posisi 96 Billboard Hot 100 Singles) tapi lagu ini masuk dalam 3 album kompilasi The Rolling Stones, Big Hits (High Tide and Green Grass) di tahun 1966, Hot Rocks di tahun 1971, dan Singles Collection: The London Years di tahun 1989.

It’s All Over Now (25 Juli 1964) album: 12 X 5
Originalnya lagu ini milik The Valentinos, diciptakan oleh Bobby Womack dan Shirley Womack di bulan Juni 1964. Tidak berselang lama, versi The Rolling Stones keluar dan menjadi hit besar di UK. Awalnya Bobby Womack tidak ingin memberikan lagu ini ke tangan The Rolling Stones, namun setelah diberi pengertian dan juga royalti, Womack mengijinkannya dan lebih berhasil di US dibanding versi aslinya. Peak di posisi 94 oleh The Valentinos dan posisi 26 untuk versi The Rolling Stones.

Ruby Tuesday (14 Januari 1967) album: Between The Buttons
Salah satu lagu terbesar The Rolling Stones di US, berhasil menyabet posisi terbaik di US Billboard. Lagu ini juga masuk daftar 50 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone di posisi 303. Mick Jagger, sendiri menyatakan bahwa ini sebuah lagu yang indah, “It’s just a nice melody, really. And a lovely lyric. Neither of which I wrote, but I always enjoy singing it.” Beberapa versi lain bisa dinikmati oleh Melanie Safka, Nazareth, dan juga Rod Stewart.

Gimme Shelter (5 Desember 1969) album: Let It Bleed
Lagu rock karya Jagger dan Richards ini memiliki sedikit kisah di judulnya. Tertulis Gimmie di dalam booklet album, namun kemudian diubah menjadi Gimme oleh beberapa The Rolling Stones dan musisi lainnya. Liriknya mengisahkan tentang keadaan di saat yang tidak menguntungkan. “Oh, a storm is threat’ning, My very life today; If I don’t get some shelter, Oh yeah, I’m gonna fade away, War, children, it’s just a shot away, It’s just a shot away…Love, sister, it’s just a kiss away, It’s just a kiss away” Gimme Shelter nongol di posisi 38 dalam 500 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. WOW! Banyak musisi lain yang menyanyikan ulang lagu ini, sebut saja The Black Eyed Peas, John Mellencamp, Meat Loaf, Patti Smith, Sheryl Crow, Stereophonics, Joss Stone, Keith Urban, Alicia Keys, dan U2.

Wild Horses (12 Juni 1971) album: Sticky Fingers
The Rolling Stones termasuk ‘penyumbang’ terbanyak dalam daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Ya salah satunya adalah lagu Wild Horses ini, yang nongol di angka 334. Menampilan alat musik berupa piano, gitar elektrik dan juga akustik. Lagu inilah yang menjadi single pertama Susan Boyle dalam usahanya untuk memenangkan industri musik. Selain Susan, banyak musisi lain yang pernah menyanyikan lagu ini juga. The Flying Burrito Brothers, Garbage, The Sundays, The Cranberries, Elvis Costello, Neil Young, Old and in the Way, Leon Russell, Guns N’ Roses, Johnny Goudie, Sarah McLachlan, Bush, Labelle, The Lovemongers with Chris Cornell, Robin Williamson, Jewel, Dave Matthews, Charlotte Martin, Chantal Kreviazuk, Molly Hatchet, Alicia Keys ft. Adam Levine, Tre Lux, Iron & Wine, Stone Sour, Honeytribe, Sheryl Crow, Deacon Blue, Summerhill, Elisa, Melanie Safka, Kitty Hudson, dan John Barrowman.

Under My Thumb (20 Juni 1966) album: Aftermath
“It’s a bit of a jokey number, really. It’s not really an anti-feminist song any more than any of the others… Yes, it’s a caricature, and it’s in reply to a girl who was a very pushy woman” ya lagu ini bertemakan mendominasi kaum wanita. Lagu ini cukup unik dan asyik karena memiliki fuzz bass dan marimba di dalamnya. Ada kisah di balik lagu ini saat Jagger dan Richards berada di balik jeruji besi berkaitan dengan kasus narkoba, band The Who membuat versi mereka dari lagu ini dan lagu The Last Time sebagai usaha untuk menggalang dana guna membayar uang jaminannya.

Paint It, Black (7 Mei 1966) album: Aftermath
Keunikan dalam lagu ini penggunaan sitar di dalamnya. Aku suka lagu dengan nuansa dark tapi masih ada glam-nya. Ini lagu hebat, karena berhasil menjuarai US dan UK sekaligus. Paint It Black pun termasuk salah satu lagu terpopuler The Rolling Stones dengan panjangnya daftar artis yang pernah membawakan lagu ini. Di antaranya Deep Purple, Blondie, Duran Duran, Gina Glocksen, Lee Mead, Vanessa Carlton, U2, The Doors, dan The Vines. Paint It Black teranking 174 di 500 lagu terbaik sepanjang versi majalah Rolling Stone.

Beast Of Burden (9 September 1978) album: Some Girls
Kalau kamu menyaksikan film The Family Man, karakter Tea Leoni di film tersebut ada menyanyikan lagu ini. Mick Jagger memberi keterangan mengenai lagu Beast Of Burden ini, “Lyrically, this wasn’t particularly heartfelt in a personal way. It’s a soul begging song, an attitude song. It was one of those where you get one melodic lick, break it down and work it up; there are two parts here which are basically the same.” Masuk juga di dalam 500 lagu terbaik sepanjang masanya Rolling Stone, tepatnya di nomor 433. Percaya tidak percaya, Bete Midler pernah menyanyikan lagu ini di tahun 1983 lho.

Honky Tonk Women (11 Juli 1969) [single]
US dan UK pernah dikuasai oleh lagu ini. Honky Tonk Women berkisah mengenai seorang cewek yang bekerja di sebuah bar yang bisa jadi adalah seorang WTS di Memphis. Yang menarik dari lagu ini adalah The Rolling Stones sendiri membuat versi country-nya 5 bulan setelah versi aslinya keluar. Judulnya pun ikutan diubah menjadi Country Honk untuk album Let It Bleed.

Angie (20 Agustus 1973) album: Goats Head Soup
Banyak rumor beredar, apakah Angie yang dimaksud dalam lagu ini adalah pacarnya David Bowie yang dikencani oleh Mick Jagger yang bernama Angela. Saat dikonfirmasi, Jagger membantah hal tersebut. Dan untuk menyelamatkan nama, Keith Richards menyatakan bahwa ini lagu untuk anaknya Angela yang baru saja lahir. Salah satu lagu nomor 1 mereka di US juga lho.

You Can’t Always Get What You Want (5 Desember 1969) album: Let It Bleed
Lagu ini berada di posisi 100 daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa yang dikompilasi oleh majalah Rolling Stone di tahun 2004 lalu. Ada yang menghubungkan lagu ini dengan lagu karya The Beatles yang berjudul Hey Jude. Di tahun 2009 lalu, dalam episode Esctional, Glee Cast ada membawakan lagu ini. Memang, You Can’t Always Get What You Want merupakan lagu yang cukup populer untuk dijadikan backsound televisi maupun film. Film The Big Chill, The Hoax, 21, High Fidelity. Serial TV The Simpsons, House, My Name Is Earl, Nip/Tuck, Californication, Secret Diary Of A Call Girl, Swington, dan Drake and Josh.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Menurut kamu lagu The Rolling Stones apa yang paling kamu ingat? Dan bener2 membekas di otak kamu?

Related posts

Leave a Reply