Trending News

Blog Post

Album of The Day: Matt Dusk – Good News
Album of The Day

Album of The Day: Matt Dusk – Good News 

PhotobucketSatu lagi pelantun lagu bernuansa pop jazz asal Kanada, Matt Dusk. Meski tidak setenar Buble, Dusk telah menelurkan sejumlah album. Termasuk ‘Back In Town’ yang dirilis di Indonesia tahun 2006 lalu. Debut album perdananya di tahun 2004 berhasil menelurkan hit “Two Shots of Happy, One Shot of Sad”, sebuah lagu yang ditulis Bono dan The Edge.

Akhir 2009 lalu Dusk menelurkan ‘Good News’. Sebagaimana judul albumnya, nuansa riang yang mendominasi di album ini seakan benar-benar mengumandangkan sebuah berita baik bagi para penikmat musik. Dusk membantu menulis tiga lagu di album ini. Setidaknya album Dusk ini terasa lebih segar dengan sejumlah komposisi baru dibandingkan Connick Jr. atau Buble yang dominan dengan lagu-lagu daur ulang. Tetapi meski sebagian besar lagu tergolong baru, namun karena diaransemen dengan gaya pop traditional, jazz, swing yang diimbuhi sentuhan kontemporer, lagu-lagu tersebut menjadi terasa familiar. Tak heran jika album ini bisa dikategorikan kupinggenic. Album ini akan mengangkat mood kita yang mendengarkan. Jadi tak ada salahnya jika memasukkan album ‘Good News’ ini ke dalam koleksi Anda.

Komposisi pembuka ‘Good News’ hingga track ke-4 yaitu ‘Feels Good’ didominasi dengan tempo yang cepat dan riang. Sementara pada ‘It’s Not That Easy’ lebih santai dengan tempo sedang. Tapi kemudian Dusk bermanuver dengan komposisi yang lebih upbeat, berjudul ‘Never Gonna Fool Me’. Dilanjutkan dengan favorit saya ‘Operator Please’ yang lebih riang dan catchy dengan sedikit aroma doo wop. Sementara ‘Love Attack’ Dusk mencoba memadukan unsur electric dengan brass section dalam gaya jazzy-nya. Sebuah ramuan yang sebenarnya bukan sesuatu yang baru karena sudah dilakukan Christina Aguilera, tapi tetap saja Dusk patut diapresiasi karena berani mengambil resiko membuat sesuatu yang lebih relevan dengan scene musik kontemporer. Begitu juga yang dilakukan Dusk pada ‘Don’t Hate Me’. Saya pribadi lebih menyukai harmoni dalam ‘Don’t Hate Me’ yang lebih memikat.
Kemudian Dusk membawa kita masuk ke dalam ‘It Can Only Get Better’ yang nuansanya lebih kental dengan aroma ballad. Denting piano dan gitar yang mengalir dengan dilatari violin benar-benar menjadikan lagu ini manis romantis. Sementara pada ‘Do You Love Me’ Dusk berhasil membuat ramuan yang kental dengan aroma retro soul dalam tempo sedang. ‘Love Don’t Let Me Go’ akan memikat kita yang mendengarkan berkat nuansa akustik yang sederhana. Komposisi pop minimalis ini mendapat sedikit sentuhan country yang pas dengan aransemen gitar yang khas.

Album ini ditutup dengan komposisi klasik ‘One For My Baby (And One More For The Road)’. Di tembang ini gaya, interpretasi dan timbre vokal Dusk benar-benar mengingatkan saya pada Sinatra pada masa mudanya.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. Good News
2. I Wouldn’t Change A Thing
3. On Vacation
4. Feels Good
5. It’s Not That Easy
6. Never Gonna Fool Me
7. Operator Please
8. Love Attack
9. Don’t Hate Me
10. It Can Only Get Better
11. Do You Love Me
12. Love Don’t Let Me Go
13. Bonus Track: One For My Baby (And One More For The Road)

Related posts

Leave a Reply