Trending News

Blog Post

Album of The Day: Them Crooked Vultures – Self Titled
Album of The Day

Album of The Day: Them Crooked Vultures – Self Titled 

PhotobucketLed Zepellin memang sudah bubar sejak lama namun salah satu anggotanya John Paul Jones malah berniat menghidupkan lagi sensasinya. Bukan bersama Zepellin tentunya tapi lewat “Them Crooked Vultures” sebuah proyek ambisius dan menyenangkan. Untuk merealisasikan mimpinya tersebut dia memanggil dua pengikut setia Led Zepellin yaitu Dave Grohl dan John Homes. Dimana Dave Grohl kembali ke posisi awalnya di Nirvana yaitu drummer. Banyak kritikus musik yang menilai bahwa album ini adalah reinkarnasi dari Led Zepellin benarkah itu. Let’s see.

“No One Loves Me,Neither Do I” menjadi pembuka yang menggigit, gebukan drum yang prima dicampur dengan nuansa sedikit padang pasir. Pada 2:44 hentakan yang frontal dan musik yang rough menjadi unsur wow dalam lagu ini. “Mind Eraser,No Chaser” (dimana Jones memainkan keyboard di sini) menunjukkan sisi senang-senang dari band ini.Ada beberapa nuansa Pearl Jam yang menyeruak ke telinga ketika mendengar lagu ini. Musiknya yang progresif nan cepat terus mengiring lagu sampai selesai.Penutup lagu ini adalah bunyi horn yang nakal dan aneh. Single pertama mereka “New Fang”, benar-benar menunjukkan tajamnya musik mereka disini. Perhatikan juga permainan gitarnya dan basnya sedikit mengawang dan mantap. Lagu ini ditutup dengan biusan riff mantap dari Josh Homme. Di “Dead End Friends”mereka mencoba bermain lebih friendly. “Elephants”” adalah track yang benar-benar eksperimental, mereka seolah mencoba lagi nuansa album Led Zepellin sebelumnya. Aroma psychedelia juga bisa ditemukan di sini. Sebuah track berdurasi 7 menit yang bisa memuaskan telinga. Lick gitarnya juga amazing. Vokal Homme yang mencoba untuk menjadi blues person bisa kite temukan di “Scumbag Blues””, mereka sedikit memasukkan passion dari Blues sebelum mereka mengacak-acaknya di sini. Musik rock yang nyaman bisa kita temukan di “Bandoliers”, tapi itu hanyalah kamuflase sebelum akhirnya mereka memasukkan unsur spacey, musik rock yang old, ekstase psychedelia dan juga bunyi organ usang disambungkan dengan permainan yang cukup menghajar telinga saya. “Reptiles”, mencoba bermain lebih jinak. “Interludes With Ludes” adalah track psychedelia tingkat lanjut. Petikan gitar yang putus membuka “Warsaw Or The First Breath You Take After You Give Up” track yang berdurasi sepanjang namanya ini (7:50) bermain layaknya The Doors. Sebuah epik track ini bermain amat sangat kokoh dengan ekspektasi psikedelia segila-gilanya.Dimana ada beat rock n roll disini. Sound penutupnya menyengat bagaikan lebah. “Caligulove”, mencoba bermain lebih smooth namun tetap raw. Beat lagu yang makin cepat dan makin menawan menjadi daya tarik track ini. Mereka memerkosa unsur funk dan hard rock di “Gunman”, dimana di durasi 2:58 mereka memainkam unsur dance (tapi pattern ini akan menghilang seiring berjalannya lagu). Dan dentingan piano membuka “Spinning In Daffodils”track penutup di album ini. Barangkali mendengar dentingan piano yang sweet menganggap bahwa track ini adalah sebuah balada yang sendu namun mereka memainkan unsur hard rock yang keras nan cepat sebelum ditutup dengan sebuah chant yang sengau layaknya pulang dari sebuah bar.

John Paul Jones disini bagaikan seorang guru yang mengajari dua anak muridnya yang terpintar bagimana memainkan unsur rock ala Led Zepellin dan juga mengajar ilmu progresivitas pada mereka berdua. Overall, album ini memang ambisius dan juga menggairahkan dimana hentakannya sulit ditebak. Riff gitar ala Jimmy Page kembali ditampilkan di sini dan berbagai macam pernak-pernik Robert Plant cs. pun dimasukkan. Jika kamu adalah penyuka rock akut dan juga penggemar berat Zepellin beli album ini dan rasakan sensasi kedua Led Zepellin di album ini.
(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Track List:
No. Title Length
1. “No One Loves Me & Neither Do I” 5:10
2. “Mind Eraser, No Chaser” 4:07
3. “New Fang” 3:49
4. “Dead End Friends” 3:15
5. “Elephants” 6:50
6. “Scumbag Blues” 4:26
7. “Bandoliers” 5:42
8. “Reptiles” 4:16
9. “Interlude with Ludes” 3:45
10. “Warsaw or the First Breath You Take After You Give Up” 7:50
11. “Caligulove” 4:55
12. “Gunman” 4:45
13. “Spinning in Daffodils” 7:28

PS:CD ini sudah keluar oleh Sony Music Entertainment Indonesia seharga Rp.75.000

Related posts

Leave a Reply