Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Kylie Minogue
Time Tunnel

Time Tunnel: Kylie Minogue 

PhotobucketKylie Ann Minogue lahir di Australia pd tgl 28 Mei 1968 dari pasangan Ronald Charles Minogue dan Carol Ann. Kylie mempunyai 2 adik yaitu Dannii Minogue yg juga berkarir di dunia hiburan dan Brendan Minogue. Kylie memulai awal karirnya sebagai artis cilik di televisi Australia yaitu the Sullivans dan Skyways kemudian di tahun 1985 mendapatkan peran kecil di the Hendersons Kids dan baru mendapatkan perhatian publik setelah bermain bersama Jason Donovan di opera sabun terkenal Neighbours sebelum melebarkan karirnya sebagai penyanyi di tahun 1987.

Periode 1980-1991
Karir awalnya dimulai setelah dia tampil dalam acara Fitzroy Football Club konser bersama dengan pemain Neighbours lainnya, dia menyanyikan lagu I Got You Babe duet dengan actor John Waters kemudian the Locomotion sebagai lagu penutup yg langsung menandatangani kontrak dengan Mushroom Records di tahun 1987. Kesuksesan single the Locomotion yg terjual sampai 200.000 copies membawa Minogue travelling ke Inggris untuk bekerja sama dengan produser Stock Aitken Waterman, sehingga periode karir Kylie di tahun 1987-1991 dikenal dengan periode Stock/Aitken/Waterman atau SAW sebuah tim producer yang selalu bertiga. Pete Waterman dikenal sebagai juri pop idol di UK. Seluruh single Kylie ditangani oleh SAW dimana SAW ini mempunyai ciri khas tersendiri yang sampai sekarang masih bisa diingat warna produksinya

Melalui tangan dingin ke 3 produser tersebut Minogue merilis album pertamanya Kylie [1988] yang tidak begitu sukses di US dan Canada tetapi Locomotion berhasil menempati posisi ke 3 di US Billboard 100 Chart. Kemudian album keduanya yg dirilis pada tahun 1989 “Enjoy Yourself” menikmati sukses di UK, Eropa, New Zealand, Asia dan Australia dan menghasilkan beberapa hit singles, salah satunya adalah Hand On Your Heart. Album ketiganya “Rhythm of Love” menyajikan musik yang lebih bernuansa dance dan juga menandai berubahnya image Minogue yang sebelumnya dikenal sebagai girl-next-door menjadi seorang wanita dewasa. Dari album ini muncul 4 single yang sangat popular dan dinyanyikan di setiap tour Kylie sampai saat ini yaitu Better the Devil You Know, Shocked, What Do I Have To Do dan Step Back In Time. Albumnya yang keempat diberi judul Let’s Get To It dirilis paada tahun 1991 mencapai posisi 15 pada British album chart dan merupakan album pertamanya yang gagal masuk ke Top 10. Album ini juga menandai berakhirnya kerjasama Minogue dengan tim produsernya [Stock/Aitken/Waterman] dengan mengeluarkan pernyataan bahwa di saat awal karirnya dia merasa hanyalah sebagai boneka yang harus menurut aturan yang ada dan tidak bisa mengambil keputusan sendiri.
Sebagai catatan tambahan, hal yang menarik dalam periode ini adalah Kylie sukses besar di Indonesiaa terutama dengan lagu Especially For You [duetnya dengan Jason Donovan] dan It’s No Secret.

Periode 1993 – 1998
Periode ini menandai kerjasama Kylie dengan label Deconstruction yg juga menandai adanya tahap baru dalam jenis musik yg dianutnya. Album pertama di bawah label Deconstruction dirilis tahun 1994 yg berjudul “Kylie Minogue” terjual lumayan di Eropa dan Australia dengan singlenya Confide In Me bertahan di nomer satu selama 4 minggu. Di periode ini pula Kylie bekerjasama dengan Nick Cave, yg sudah lama ingin duet dengannya sejak mendengar Better the Devil You Know dari album Rhythm of Love. Mereka berkolaborasi dalam lagu Where the Wild Roses Grow, sebuah lagu bernuansa kelam yang juga muncul di album Nick Cave yang berjudul Murder Ballads. Video klipnya memperlihatkan dimana Minogue terlihat sebagai wanita yang terbunuh mengambang di kolam.

Album berikutnya yg dirilis tahun 1997 berjudul Impossible Princess. Dalam periode ini, Minogue dipengaruhi dan terinspirasi oleh budaya Jepang sehingga dia menciptakan kombinasi geisha dan manga untuk photo shoot albumnya. Sementara untuk musiknya dia banyak dipengaruhi oleh Shirley Manson, Bjork, dan U2. Di album ini Minogue bekerjasama dengan banyak musisi seperti James Dean Bradfield dan Sean Moore dari manic Street Preachers, yang menghasilkan campuran musik antara dance dan juga disco seperti yang terdengar dari single pertamanya Some Kind of Bliss yang disusul kemudian dengan Did It Again. Album yang di retitle “Kylie Minogue” setelah tragedi meninggalnya Princess Diana ini menjadi album dengan angka penjualan terendah sepanjang karirnya. Di Australia Impossible Princess/Kylie Minogue bertahan selama 35 minggu di album chart dan berhasil menempati posisi 4. Pada periode ini, Kylie juga berduet dengan Towa Tei untuk lagu GBI dan Pet Shop Boys untuk lagu In Denial.

Periode 1999 – 2005
Periode ini menandai berakhirnya kerjasama Kylie dengan Deconstruction dan di bulan April 1999 dia bergabung dengan Parlophone dan merilis album Light Years yang berupakan campuran antara lagu2 dance. Album ini mendapat sambutan hangat dan sukses di seluruh Asia, Australia, New Zealand dan Eropa terjual lebih dari satu juta copy di UK. Single pertamanya Spinning Around menjadi single hits dimana dalam video klipnya Minogue memakai hot pants gold yang kemudian menjadi trade mark atau ciri khasnya. Dan periode ini menandakan kembalinya Kylie ke dance pop music setelah di tahun 1997 dia gembar gembor akan menjadi Indie Kylie. Single keduanya “On A Night Like This” mencapai nomer satu di Australia dan nomer dua di UK. Dalam album ini pula dia berduet dengan Robbie Williams dalam lagu Kids yang juga termasuk dalam album Robbie yang berjudul Sing When You’re Winning dan mencapai nomer 2 di UK. Setelah era Light Years kemudian datanglah era Fever yang dirilis di tahun 2001. Sebuah album yang berisikan lagu2 bernuansa disco yang dikombinasikan dengan electropop dan synthpop ala 80an. Fever mencapai nomer satu di Australia dan UK dan seluruh Eropa dan juga mencapai penjualan 8 juta copy di seluruh dunia.

Single andalannya Can’t Get You Out of My Head menajdi yang terbesar di sepanjang karirnya, mencapai nomer satu di beberapa negara, lebih dari 40 negara. Dan setelah mendapatkan tanggapan yang hebat di radio Amerika, Capitol Records merilisnya di US pada tahun 2002. Fever masuk ke chart album Billboard 200 dan menepati posisi nomer 3 dan CGYOOMH mencapai nomer 7 di chart Hot 100. Single2 berikutnya yaitu, In Your Eyes, Love at First Sight dan Come Into My World juga mencapai sukses di seluruh dunia, dan pada akhirnya setelah beberapa tahun, Minogue berhasil menapakkan karirnya di pasar musik Amerika khususnya di pasar musik2 club. Di tahun 2003 dia masuk nominasi Grammy Award untuk Best Dance Recording dalam lagu Love At First Sight dan di tahun 2004 memenangkan Grammy untuk Come Into My World.

Album selanjutnya adalah Body Language yang dirilis tahun 2003 menandai style Minogue yang baru yang terinspirasi oleh Brigitte Bardot dan masih bernuansa disco dicampur dengan sedikit hip hop. Penjualan Body Language sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Fever meskipun single pertamanya Slow merupakan hit nomer satu di UK dan Australia.

2005-2006
Minogue didiagnosa terkena kanker payudara di tahun 2005 yang menyebabkan tour Showgirl – The Greatest Hits ditunda. Perawatannya di Melbourne mendapatkan banyak perhatian media terutama di Australia. Minogue menjalani operasi pada tanggal 21 Mei 2005 di Cabrini Hospital di Malvern dan menjalani perawatan kemoterapi juga segera sesudah operasi. Pada bulan Desember 2005 Minogue digital single Over the Rainbow.

2006 – present
Bulan November 2006 Minogue melanjutkan tournya yang berganti nama menjadi Showgirl the Homecoming Tour dengan penampilan pertama di Sydney. Di bulan November 2007 Minogue merilis albumnya yang ke 10 simply titled X. Album ini masih bernuansa dance-pop khas Kylie Minogue dan disini dia bekerjasama dengan Guy Chambers, Cathy Dennis, Blodshy & Avant dan juga Calvin Harris. X dan single pertamanya 2 Hearts berhasil mencapai nomer 1 di chart album dan singles Australia kemudian Minogue juga memenangkan Brit Awards untuk kategori International Solo Female. X dirilis di US pada bulan April 2008 dana termasuk dalam nominasi 2009 Grammy Awards untuk kategori Best Electronic/Dance Album. Dari bulan Mei 2008 Minogue mempromosikan X dengan rangkaian tour Eropa dilanjutkan tour ke Amerika Selatan, Asia dan Australia di bulan November 2008. Di bulan September dan October 2009, Minogue semakin memperlebar sayapnya ke dataran Amerika dengan menggelar rangkaian For You For Me Tour termasuk beberapa show di Canada.

Di tahun 2010, Minogue mengkonfirmasikan kalau dia sedang dalam tahap recording album baru yang masih akan bernuansa dance dan pop yang merupakan akar dari keseluruhan musik dia dari awal karirnya. Satu2nya track yang sudah diperdengarkan yang nantinya akan masuk dalam album ini adalah Better Than Today yang juga pernah dia perform dalam konser For You For Me di tahun 2009.

Discography
* Kylie (1988)
* Enjoy Yourself (1989)
* Rhythm Of Love (1990)
* Lets Get To It (1991)
* Kylie Minogue (1994)
* Impossible Princess (1997)
* Light Years (2000)
* Fever (2001)
* Body Language (2003)
* X (2007)

Selain kesepuluh full album di atas, Kylie juga merilis sejumlah album koleksi hits, album live dan album remix.
Sebagai catatan penting, album Enjoy Yourself sampai Light Years tidak pernah dirilis di US , karenanya Kylie tidak terkenal di US.

Review By Lendy @cherylcoleindo
Additonal Tidbits by Seb Spinner!

photo courtesy of www.kylie.com

Related posts

Leave a Reply