Trending News

Blog Post

Time Tunnel – The Lighthouse Family
Time Tunnel

Time Tunnel – The Lighthouse Family 

Photobucket

The Lighthouse Family (TLF) yang beranggotakan 2 orang, yakni Tunde Baiyewu pada posisi vikal dan Paul Tucker pada posisi keyboard, dan terbentuknya mereka cukup unik. Sama-sama bekerja di bar, lalu membuat demo rekaman yang berisikan lagu yang ditulis oleh Tucker sejak tahun 1980. Ocean Drive merupakan materi demo yang menjadi cikal bakal kesuksesan awal mereka, dan berhasil menarik perhatian label terkemuka, Polydor Records. Kontrak pertama mereka dilakukan pada tahun 1993. Album Ocean Drive, pada beberapa tracknya dibantu beberapa penulis lagu kawakan seperti Martin Brammer yang sebelumnya merupakan mantan anggota Kane Gang, Tim Kellett yang juga mantan anggota grup Simply Red serta Tim Laws yang juga menjadi penulis lagu “Dreams” milik Gabrielle. Sejatinya Ocean Drive akan dirilis pada tahun 1994, namun karena suatu hal maka album tersebut dirilis pada tahun 1996.

Ocean Drive meraih keberhasilan yang cukup membanggakan, album perdana TLF ini terjual hampir 2 juta kopi dan berhasil masuk pada posisi 3 penjualan album. Single yang dihasilkan antara lain “Ocean Drive”, “Goodbye Heartbreak” serta “Loving Every Minute” yang berhasil menembus posisi 20 besar tanggal lagu di UK, sedangkan Lifted mampu menempati posisi 4 di tangga lagu. Sukses album pertamanya, Postcards from Heaven dirilis pada tahun 1997 untuk pasar UK, dan untuk US sendiri dirilis setahun berikutnya. Meski tidak bisa meraih sukses di US, namun penjualan album Postcards from Heaven tergolong cukup lumayan, dan berhasil masuk pada posisi ke 2 penjualan album. “Raincloud”, “High”, “Lost in Space”, “Question of Faith” serta “Postcard from Heaven” merupakan hits yang dihasilkan.

Empat tahun setelah merilis album Postcards from Heaven, TLF kembali dengan Whatever Gets You Through the Day pada tahun 2001. Meski sambutannya tidak sebesar kedua album sebelumnya, hanya terjual di bawah 500 ribu kopi. Dibilang mengecewakan? Tidak juga, karena pada beberapa singlenya sangat sedap untuk dinikmati, sebut saja “Run” dan “Happy”. Single terakhirnya, “(I Wish I Knew How It Would Feel To Be) Free / One” yang bisa dibilang sedikit panjang, berhasil masuk posisi 10 besar. Dirilisnya album ketiga ini sekaligus penanda bahwa TLF memasuki masa hiatus yang sampai saat ini tidak diketahui kapan akan kembali ke studio untuk merilis album baru.

Sebagai penutup, album The Very Best of Lighthouse Family dirilis pada tahun 2002 dengan menambahkan track seperti “End of the Sky”, juga track B-side “Absolutely Everything”, cover version milik Bill Withers, “Ain’t No Sunshine” yang menjadi soundtrack the Notting Hill dan satu single baru, “I Could Have Loved You”, serta beberapa track yang di remix. Sampai saat ini, mendengarkan beberapa lagu yang dibawakan Tunde Baiyewu cukup menyejukkan sekali, meski sudah lewat lebih dari satu dekade, dan perjalan karir mereka tergolong singkat, namun lagu-lagunya akan terus diingat, ditambah suara vokalisnya yang sangat khas. Kedua personil TLF saat ini juga memiliki kesibukan masing-masing. Baiyewu sempat merelease debut solo album “Tunde” di thn 2004 dan Tucker bergabung dalam grup rock band, The Orange Lights yang sudah merelease debut album “Life is Still Beautiful”. Akankah mereka bakal reuni kembali?
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Discography
• Ocean Drive (1996)
• Postcards from Heaven (1997)
• Whatever Gets You Through the Day (2001)
• Greatest Hits (2002)

Apa yang jadi single paling favorite dari The Lighthouse Family menurut kamu?

Related posts

Leave a Reply