Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Wilson Phillips
Time Tunnel

Time Tunnel: Wilson Phillips 

PhotobucketWilson Phillips adalah vokal grup trio dari Amerika yang beranggotakan Carnie Wilson, Wendy Wilson dan Chynna Phillips. Sejak kecil mereka sudah bersahabat dan tumbuh besar bersama di California Selatan. mereka sama2 suka musik dan menulis lagi kemudian bersama2 mereka mengembangkan karir bermusik mereka. Di tahun 1989 mereka bertiga bergabung dengan SBK Records. Sebagai catatan Carnie dan Wendy Wilson adalah putri dari musisi lawas Brian Wilson dari the Beach Boys sedangkan Chynna Phillips adalah putri dari John dan Michelle Phillips dari the Mamas and the Papas.

Periode 1990
Wilson Phillips merilis self titled debut albumnya di tahun 1990. Single pertamanya yang berjudul Hold On mencapai nomer 1 di tangga lagu US Billboard Hot 100 pada tgl 9 Juni 1990, menggeser sing Madonna “Vogue”. Hold On juga menjadi jawara di US Billboard Adult Contemporary dan menjadi hit di seluruh dunia, antara lain menempati posisi 2 di Australia dan nomer 6 di UK. Single Hold On tersebut juga yang mengantar mereka memenangkan Billboard Music Award untuk kategori Hot 100 Single of the Year di tahun 1990.

Single kedua dari album yang sama adalah Release Me yg berhasil menjadi nomer satu di Billboard Hot 100 selama 2 minggu dan single keempat “You’re In Love” selama 1 minggu, sedangkan single Impulsive dan the Dream Is Still Alive masing2 mencapai nomer 4 dan 12 di Billboard Hot 100. Billboard mengumumkan debut album mereka sebagai album terlaris sepanjang masa yang pernah dirilis oleh female group, mencapai nomer 2 di Billboard 200 album chart dan terjual lebih dari 5 juta copy di US kemudian lebih dari 10 juta copy di seluruh dunia.
Di tahun 1992 WIlson Phillips merilis album keduanya yang berjudul Shadows and Lights tetapi sayangnya tidak sesukses debut albumnya. Musik dan liriknya menceritakan nuansa yang lebih serius dan lebih personal seperti contoh pada lagu yang berjudul Where Are You. Lagu ini menceritakan tentang penyiksaan terhadap anak kecil, kemudian Flesh and Blood dan All the Way From New York yang menceritakan merenggangnya hubungan mereka dengan ayah mereka. Single pertama yang dirilis adalah You Won’t See Me Cry, hanya mencapai nomer 20 di US dan 18 di UK, untuk pertama kalinya mereka single mereka menempati posisi yg lebih tinggi di UK dibanding di US. Albumnya sendiri mencapai nomer 4 di Billboard 200.

Segera setelah rilis Shadows and Light, Chynna Phillips mengumumkan rencana untuk solo karir sedangkan Carnie juga mempunyai masalah dengan berat badan yang membuat dia menjadi terlihat sangat gemuk (seperti yang terlihat di video klip You Won’t See Me Cry) dan menjadi rendah diri sehingga memutuskan untuk diet ketat. Dengan berbagai macam hal tersebut pada akhirnya mereka memutuskan untuk membubarkan diri.

Periode 1993-2003
Di tahun 1993 Wendy dan Carnie merilis album Natal yang berjudul Hey Santa, seluruh isi album tersebut adalah lagu2 Natal klasik dengan satu tambahan lagu baru yaitu Hey Santa. Kemudian di tahun 1995 Chynna Phillips merilis solo album yang berjudul Naked and Sacred dan di tahun yang sama Carnie menjadi host sebuah acara televisi miliknya yang simple berjudul Carnie! Di tahun 1997, Carnie dan Wendy bersama2 dengan ayahnya, Brian Wilson merilis sebuah album yang berjudul athe Wilson dengan single Monday Without You.

Reunion
Wilson Phillips mengadakan reuni di tahun 2004 dengan merilis album berjudul California, sebuah album yang berisikan lagu2 lama yang direcycle oleh mereka. Salah satu singlenya Go Your Own Way adalah sebuah lagu yang aslinya dinyanyikan oleh Fletwoood Mac berhasil mencapai nomer 13 di tangga lagu Billboard Adult Contemporary dan terjual sebanyak 31000 copy.

Photobucket
Periode 2004-sekarangDi bulan November 2004, Wilson Phillips reuni adengan menggelar 2 show di California. Show ini tidak dipublikasikan secara luas tetapi mendapat tanggapan baik oleh para penonton. Lagu2 dari album baru yang akan dirilis dia tahun 2010 juga dinyanyikan. Show reuni tersebut berlangsung selama 90 menit, terlama dari show2 mereka yang sebelumnya, mereka juga membawakan lagu2 sepanjang perjalanan karir mereka sekaligus beberapa lagu klasik milik Beach Boys dan ABBA.

Discography
Studio Albums
1990 – Wilson Phillips
1992 – Shadows and Light
2004 – California
Compilation Albums
1998 – the Best of Wilson Phillips
2000 – Greatest Hits
2005 – the Best of Wilson Phillips

Review By Lendy

Related posts

Leave a Reply