Trending News

Blog Post

Album of The Day: Amy MacDonald – A Curious Thing
Album of The Day

Album of The Day: Amy MacDonald – A Curious Thing 

PhotobucketAlbum kedua Amy MacDonald yang berjudul “A Curious Thing” ini telah lama saya idam-idamkan. Entah karena ada ikatan emosional antara album perdana dari Amy membuat saya begitu berharap akan album keduanya. Melodinya bisa jadi bertempo cepat dengan nuansa riang, tetapi intepretasi vokal Amy dengan lirik yang jujur seakan memberikan ironi. Buat saya Amy berhasil membawa manis getir kehidupan, melalui kelugasan dalam bahasa musik dan liriknya.

Sebagai pembuka Amy menyuguhkan ‘Don’t Tell Me It’s Over’ dengan intro berupa riff gitar listrik berpadu dinamis dengan gitar akustik. Tembang ini terkesan begitu megah dengan sentuhan strings section pada bagian reffreinnya. Liriknya sendiri seakan berkisah tentang kegelisahan atas kondisi dunia ini. Sesungguhnya lagu ini terinspirasi oleh seorang bintang pop yang suka membesarkan diri sendiri.
Sementara lewat ‘Spark’ Amy menuturkan kepedihan karena kesendirian menyatu dengan ketegaran, keindahan yang gemilang tinggi di angkasa. Lagu ini ditulis Amy terinspirasi oleh kejadian terbunuhnya seorang anak bernama Jamie Bulger. Coba rasakan kesedihan melodinya yang berpadu manis dengan liriknya dalam bait dengan tempo yang lambat. Kemudian kita akan dibawa naik tinggi dengan melodi dalam tempo yang meningkat. Untuk kalian yang bersedih ditinggal orang terkasih, dengarkan lagu ini.

Dilanjutkan dengan ‘No Roots’ yang diawali dengan bagian awal bernuansa balada dengan lapisan akustik yang minimalis. Dinamika lagu ini semakin meningkat seiring dengan lirik yang semakin mendalam, tempo yang semakin cepat dan berpadu dengan efek gaung yang mengiringi. Lewat lagu ini Amy seakan bertutur tentang berbagai peristiwa dalam hidupnya yang sulit sekaligus menarik dan menyenangkan disaat bersamaan.

Setelah kemarahan dan kesedihan, Amy bermanuver membawakan nada keriangan lewat tembang ‘Love Love’. Ironisnya lirik lagu ini sendiri bertutur tentang berbagai lapisan emosi dalam menjalin hubungan cinta. Lewat ‘An Ordinary Life’ Amy mencoba mengungkap fenomena dalam dunia keartisan. Mungkin diam-diam ini merupakan curahan hati seorang Amy yang sukses dengan album perdananya di daratan Eropa. Tekanan untuk menghasilkan album kedua yang sukses seperti album perdana tentunya sangat berat. Meski menurut kabar berita lagu ini ditulisnya menyaksikan selebriti amatir yang mencoba mendompleng pada ketenaran Gerard Butler di suatu pesta. Di album ini memang Amy lebih banyak mencoba merefleksikan fenomena dalam dunia selebritas dengan lirik yang lugas, seperti lewat tembang lainnya ‘This Pretty Face’ dan ‘The Next Big Thing’. Selanjutnya Amy mencoba memasukkan sedikit unsur elektro sebagai latar pada beberapa bagian lagu ‘Give It All Up’, yang mengisahkan tentang pengorbanan. Sementara pada ‘My Only One’ Amy bertutur dengan gaya balada yang manis tentang almarhum Michael Jackson. Liriknya yang jujur dan sederhana justru memberikan kesan yang mendalam sekaligus menyentuh.

And there were times you know it’s true
When the whole world was looking at you
They changed their mind from day to night
One minute you’re wrong then the next thing you’re right
God rest your soul
Keep standing tall my only one

Lewat ‘What Happiness Means To Me’ Amy hendak menunjukkan tentang arti kebahagiaannya bersama dengan sang tunangan, pemain bola Steve Lovell. Album ini ditutup dengan tembang tersembunyi yang direkam langsung dari konser Amy. Sebuah tembang berjudul ‘Dancing In The Dark’ dengan lapisan akustik minimalis.

Saya tidak berharap Amy membuat langkah evolusi drastis dengan gaya musik di album keduanya ini. Memang Amy masih konsisten dengan gayanya meski tetap membawakan materi dan tema yang baru. ‘A Curious Thing’ berhasil membuat saya mengalami eargasm.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track listing
No. Title Length
1. “Don’t Tell Me That It’s Over” 3:15
2. “Spark” 3:07
3. “No Roots” 4:30
4. “Love Love” 3:17
5. “An Ordinary Life” 3:36
6. “Give It All Up” 2:55
7. “My Only One” 3:32
8. “This Pretty Face” 3:57
9. “Troubled Soul” 4:46
10. “Next Big Thing” 3:30
11. “Your Time Will Come” 4:32
12. “What Happiness Means to Me” 4:53
13. “Dancing In The Dark” (Hidden live track – Starts at mark 6:02 of Track 12) 3:18

Related posts

Leave a Reply