Trending News

Blog Post

Album of The Day: MGMT – Congratulations
Album of The Day

Album of The Day: MGMT – Congratulations 

PhotobucketSekilas soal MGMT. Mereka adalah duo asal Amerika, personelnya ada Ben Goldwasser Dan Andrew VanWyngarden. Mereka sebelumnya menjadi terkenal dari debut album mereka Oracular Spectacular tahun 2007 lalu. Album ini menjadi #18 best album of the decade dari Rolling Stone magazine The best album of 2008 dari NME. Single Time To Pretend, Electric Feel dan Kids sukses membawa mereka memenangkan NME award sebagai Best new Band dan Best track untuk tahun 2009 dan juga satu grammy awards tahun ini untuk kategori Best Remixed Recording, Non-Classical. MGMT juga mendapat dua nominasi Grammy 2010 kategori Best Pop Performance By A Duo Or Group untuk lagu kids dan best new artist. Walupun tidak menang, mereka tetap masuk sebagai satu dari musisi ‘baru’ yang harus kamu dengerin.

Sukses dengan album perdana mereka, MGMT tanggal 13 april kemarin merilis album kedua berjudul Congratulations. Album ini hanya berisi 9 lagu. Dibuka dengan It’s Working, lagu pembuka yang bagus dengan vocal yang terdengar echo, Bumping bass, permainan drum dengan tempo kadang slow, kadang cepat plus vibe ala tahun 60-an. Bagian favorit saya di lagu ini ketika di tengah mereka berhenti sebentar, kemudian musik menghentak lagi menggunakan suara perkusi. Nice!

Kemudian lagu ke dua, someone missing. Lagu ini cukup annoying, saya tidak begitu suka dengan gabungan suara falsetto dengan musik gospel yang kesannya begitu suram. Untung saja lagu ini pendek. Selain Someone missing ada juga satu lagu di album congratulation yang auranya kelam banget, judulnya lady dada’s nightmare. Seperti judulnya, Lagu ini serem dan isinya hanya musik instrumental. Song for Dan Treacy adalah lagu favorit saya. Catchy sejak awal lagu khususnya melodi gitar dan suara bass yang mendominasi, plus melodi ala-ala musik arab yang sepertinya di kerjakan menggunakan Synthesizers. Saya kalau mendengarkan lagu ini, entah kenapa kebayang sama goyangan khas band dari negeri kita sendiri, the changcutters. Sepertinya cocok deh, haha. Ohya, lagu Brian eno juga memberi efek yang sama yaitu membayangkan beberapa orang bercelana ketat sedang goyang ke kanan–ke kiri..! Brian eno musiknya lebih gahar sedikit ketimbang Song for Dan Treacy.

Selanjutnya ada flash delirium, Single pertama yang di lempar ke pasaran untuk mewakili album congratulations. Kamu bisa baca review selengkapnya di single of the day. Terus ada I Found A Whistle, lagu yang kedengaran amat klasik sejak awal. Dengan tempo sedang dan suara gitar yang simple. Kita Seperti di bawa ke masa lalu ketika menikmati lagu ini. A really nice classic pop song!

Siberibian Breaks, lagu dengan durasi yang panjang banget 12 menit lebih! Mungkin agak sulit untuk tahan mendengarkan lagu sepanjang itu, untungnya MGMT mengemasnya dengan menggabungkan beberapa genre di lagu ini. Jadi kamu seperti mendengarkan tiga lagu dan kebosanan mendengarkan Siberibian Breaks sedikit terbantu. Lagu penutup adalah congratulations, lagu dengan musik sederhana dan tempo yang cenderung lambat. Tidak seheboh , seramai dan sekelam lagu-lagu sebelumnya. Lagu ini bisa bikin kuping kita istirahat setelah kebisingan berbagai efek elektro , seperti lagu pop biasa, sekali lagi sederhana. Congratulations di tutup dengan suara tepuk tangan dan sepertinya saya juga harus bertepuk tangan untuk Album dari MGMT. Congratulations telah menjadi salah satu alternatif buat saya dan mungkin juga kamu yang mau sembunyi sebentar dari hingar-bingar musik RnB.
(Muthe / CreativeDisc Contributors)

Track List:
No. Title Length
1. “It’s Working” 4:06
2. “Song for Dan Treacy” 4:09
3. “Someone’s Missing” 2:29
4. “Flash Delirium” 4:15
5. “I Found a Whistle” 3:40
6. “Siberian Breaks” 12:09
7. “Brian Eno” 4:31
8. “Lady Dada’s Nightmare” 4:31
9. “Congratulations” 3:55

Related posts

Leave a Reply