Trending News

Blog Post

Single of The Day: Hole – Skinny Little Bitch
Single of The Day

Single of The Day: Hole – Skinny Little Bitch 

PhotobucketMasih ingat Hole? Kumpulan rock-alternative yang dulu tenar di dekade 90an dan digawangi oleh Courtney Love, si urakan jandanya Kurt Cobain, vokalis band grunge nomor wahid pada masanya, Nirvana. Love seolah tak mau kalah dengan mendiang suaminya, pun menebar sensasi gahar melalui Hole-nya itu. Lantas, setelah vakum beberapa tahun lamanya, dengan kembalinya mereka di ranah musik populer, apakah Hole masih mempunyai taji?

Dengan dirilisnya album ‘Nobody’s Daughter’ pada tanggal 23 April 2010, maka sebagai pemanasan dilepaskan single perdana, ‘Skinny Little Bitch’, single pertama mereka setelah sepuluh tahun hiatus, sebuah nomor rock yang garang dan seolah tak kenal ampun.

Vokal Love, yang juga telah membintangi beberapa film ini, masih tetap terasa prima dan kuat dalam meneriakkan kemarahannya. Aransemen musiknya masih mengandalkan pakem distorsi gitar dan diarsir oleh ketukan drum yang repetitif. Intinya masih dalam pola anthem rock-alternative umumnya. Setiap personil memainkan instrumen mereka dengan skill yang sangat dapat dipertanggungjawabkan kemampuannya.

‘Skinny Little Bitch’ sebenarnya adalah lagu rock yang kompeten, meski tidak terlalu istimewa. Ritmenya sendiri cenderung bermalas-malasan dalam tempo sedang, sehingga terkesan monoton meski menjelang klimaks musiknya perlahan menjadi dua kali lebih kencang.

Kalau dicermati, mendengarkan ‘Skinny Little Bitch’ seolah menegaskan jika Hole tidak pernah keluar dari tahun 90an. Pola single ini setipe dengan banyak lagu sejenis yang keluar di dekade tersebut, atau sederhananya justru mengingatkan akan lagu-lagu Hole sendiri disaat jayanya. Seolah bercerita dengan sinis mengenai ignoransi para perempuan muda, Love menulis single ini bersama dengan gitaris Micko Larkin. Larkin juga memproduseri single ini bersama dengan Michael Beinhorn.

Tidak salah sama sekali untuk mempertahankan ciri khas dalam bermusik, akan tetapi ini seolah juga menjadi pertanda jika mereka kurang berani untuk mengksplorasi kekuatan musik mereka sendiri kedalam ranah yang lebih luas. Entah kenapa Hole tidak memilih untuk membangun suasana rock yang lebih kekinian, dalam arti kurang ada pengembangan signifikan dalam bunyi-bunyian atau dinamika serta ritme musik dalam semangat rock n’ roll mereka.

Disaat sekarang band-band seperti Arctic Monkey, Kings of Leon atau Yeah Yeah Yeahs yang merupakan contoh kecil kumpulan rock-alternative terkemuka masa kini yang berani dalam bereksperimen dan cenderung tidak ragu dengan elastisitas dalam bermusik mereka, maka pada akhirnya ‘Skinny Little Bitch’ terasa terlalu sederhana dan kurang dapat menciptakan efek gaung secara lebih luas, dan menjadi tipikal sekedar sebagai pengiring untuk berjingkrak-jingkrak dalam suatu gig misalnya.

Semoga saja ‘Skinny Little Bitch’ hanya contoh kecil dari keseluruhan materi solid album ‘Nobody’s Daughter’ nantinya. Mudah-mudahan album tersebut merupakan pembuktian jika Love dan Hole masih nama yang dapat diperhitungkan dalam peta musik dunia.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

LYRIC
Skinny Little Bitch
Starin’ at the mirror
In your desperation to disappear
And you would be oh so dumb to f*** with me
Cause baby you’re much too young to end up with me

Your bedroom walls fallin’ down
Everyone can see you now
Your bedroom walls suffer truth
Now you lie, you lie, you lie alone
You lie alone, you never sleep
How you never sleep

Ow!

Skinny Little Bitch
Into the lord
Praying for some salvation
Cause she’s just so bored
And all the things you’ll never live to tell

You will never see the light
I’ll just obscure it out of spite
You’re just a nasty piece of work
Come on, Come on, Come on baby
Come on baby let it burn
Oh baby does it hurt

Born, of foul creation
Born, of sour milk
Coke and filth

You stepped your heels in broken glass
So I could kick your scrawny ass
And all the drugs and all the burns
What a nasty
What a nasty, nasty piece of work
Oh baby does it hurt
Oh baby just go slower
Oh baby just go lower

Skinny Little Bitch [x9]

Related posts

Leave a Reply