Trending News

Blog Post

Single of The Day: Jonsi – Go Do
Single of The Day

Single of The Day: Jonsi – Go Do 

PhotobucketCoba dengarkan ‘Go Do’-nya Jónsi dengan berpura-pura nyanyian tersebut hanya berisi vokal tanpa ada instrumen musikal sama sekali. Atau seperti ini saja, Jónsi menyanyikan lagu ini dengan iringan gitar akustik atau mungkin iringan cello, yang pada intinya hanya diiringi oleh musik yang sangat minimalis. Hasilnya, adalah sebuah lagu lirih dan lembut yang meniupkan seluruh subtilitas dari vokal Jónsi yang mengawang.

Tapi ini Jón Þór Birgisson alias Jónsi yang kita bicarakan. Kekuatannya sebagai pentolan band eklektik kesohor asal Islandia, Sigur Rós, selain kemampuan membuat lagu-lagu yang seru adalah kapabilitas dalam mengomposisikan musik yang plastis serta berani dengan unsur-unsur eksploratif di aransemennya. Dan ‘Go Do’ bukan pengecualian.

Meski tidak serumit lagu-lagunya The Dirty Projector misalnya, ‘Go Do’ pun dibangun melalui campuran beberapa bunyian elektronika-kontemporer olahan dari mesin program, yang ditingkahi oleh tiupan flute yang menderu dan kemudian membentuk sebuah intensitas dalam ketukan berdentam perkusi dengan irama bertempo cepat.

Mungkin akan terasa sedikit aneh dan diluar kebiasaan, akan tetapi bunyi-bunyian tersebut, yang meski terasa kompleks, namun mampu menjadi pengiring yang sangat integratif dalam stuktur musiknya. Hasilnya, ‘Go Do’ adalah sebuah pengalaman mendengarkan musik yang riuh sekaligus subtil.

Masih setipe dengan ‘Sticks and Stones’, Jónsi menulis single ini masih dengan konteks pemberi semangat yang intens. Aransemen musik yang eksentrik menjadi nilai tambah yang membuat cantik single ini.

Setelah memanaskan album soundtrack ‘How To Train Your Dragon’ dengan ‘Sticks and Stones’, maka pelepasan ‘Go Do’ sebagai single pertama dalam bentuk EP pada tanggal 22 Maret 2010 lalu seolah merupakan penegasan bahwa album yang berjudul ‘Go’, yang dirilis pada tanggal 05 April 2010 yang lalu, memang terasa harus-dan-wajib untuk didengarkan.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

LYRIC
(Go : Go : Go : Kitty : Kitty : Kitty)

Go sing, too loud
Make your voice break – Sing it out
Go scream, do shout
Make an earthquake…

You wish fire, would die and turn colder
You wish, your love, could see you grow older
We should always know that we can do anything

Go drum, do go out
Make your hands ache – Play it out
Go march through crowds
Make your day break…

You wish silence, released noise in tremors
You wish, I know it, surrender to summers
We should always know that we can do everything

Go do, you’ll know how to
Just let yourself, fall into landslide

Go do, you’ll know how to
Just let yourself, give into low tide

Go do!

Tie strings to clouds
Make your own lake – Let it flow
Throw seeds to sprout
Make your own break – Let them grow

Let them grow (Endless summers)
Let them grow (Endless summers)

(Go do endless summers)

You will survive, will never stop wonders
You and sunrise will never fall under

You will survive, will never stop wonders
You and sunrise will never fall under
We should always know that we can do anything

Go do!

Related posts

Leave a Reply