Trending News

Blog Post

Time Tunnel: INOJ
Time Tunnel

Time Tunnel: INOJ 

PhotobucketDia memiliki versi terbaik dari lagu ‘Time After Time’. Tampil ke industri rekaman di usianya yang ke 22 tahun lewat album “Ready For The World”. Ini bukan kejadian secepat kedipan mata, karena sebelumnya INOJ sudah menjalani banyak proses, menjadi anggota paduan suara, anggota vokal grup, hingga menjadi artis lokal. Nah, dari sini bangkit kepercayaan dirinya untuk mulai karir yang lebih cemerlang di bidang seni tarik suara.

Ayanna Porter, itulah nama asli gadis kelahiran Wisconsin, Amerika Serikat ini. Dibesarkan di dalam keluarga Katolik, Ayanna kecil belajar untuk bernyanyi melalui lagu-lagu Minnie Ripperton, Stevie Wonder, Michael Jackson, Chicago, dan War. “I’ve been singing since I was seven, I’ve been practicing all my life. I wake up in the morning singing and I’d go to bed singing.” Kemudian saat menginjak usia remaja, dirinya ikutan paduan suara sekolahan dan di bangku kuliah, dia menjadi anggota dari grup Spellbound. Hingga akhirnya bisa menjadi artis lokal di Washington DC yang memuluskan jalannya untuk ikutan dalam proyek rekaman album kompilasi.

Album “So So Def Bass Compilation Vol. 2” adalah batu loncatan INOJ dalam industri rekaman. Disini dia menyanyikan lagu ‘Love You Down’ yang aslinya adalah milik Ready For The World (yang kemudian dijadikan judul albumnya INOJ). Lagu ini berhasil menembus Billboard di posisi 20, dan albumnya menyabet sertifikat emas. “I was doing some session work for my producer who did the first single ‘Love You Down.’ He went out of town to Atlanta and he called me from there and said, ‘I’m at So So Def, do you remember the compilation with the song “My Boo?” Could you write something like that?’ I said, ‘yeah, I could try.’ So after I got off the phone, I wrote a couple of songs that he liked so I demo-ed them. And then he asked me if I would do a favor for him and demo ‘Love You Down.’ When So So Def heard the demo they loved it and asked ‘who’s the girl singing?’ After that they asked me to perform the song on the So So Def Bass Compilation Vol. 2 and from there it lead to all of this,” INOJ berkisah mengenai awal karirnya.

Di Agustus 1999, barulah impian untuk memiliki album solo terwujud. “Ready For The World” dirilis di bawah naungan Columbia Records sekaligus single terbaru, ‘Time After Time’ yang masih bukan barang original. Lagu milik Cindy Lauper ini memiliki vibe yang jauh berbeda dari versi aslinya. INOJ membuatnya menjadi R&B. Kehebatan lagu ini adalah melaju ke posisi 16 di Amerika dan dimasukkan dalam Volume 3 album kompilasi So So Def Bass. Nama INOJ menbahana kemana-mana. Apalagi di Asia, lagu ini sangat meledak. Album kompilasi MTV Fantastic Females juga memilih lagu ini dalam kompilasinya bersama dengan lagu-lagu dari Celine Dion, Gloria Estefan, dan Shania Twain.

Sayangnya kesuksesan INOJ terhenti sampai disitu. Single berikutnya ‘Ring My Bell’ tidak bisa banyak berkutik. Lagu cover version dari Anita Ward ini tidak menambah deretan kesuksesan. Dan sekarang, entah dimana INOJ berada. Sesaat dia menjadi penyanyi dengan lagu yang sangat sering diputar di radio maupun televisi, kemudian seolah lenyap ditelan bumi kita tidak mengetahui keberadaannya. Satu yang pasti dan tak’kan pernah terganti, dunia pernah mengenal seorang INOJ!
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Discography:
Album: Ready for the World (1998)
Singles: – “Love You Down”, 20 weeks, peak #25 – US
– “Time After Time”, 16 weeks, peak #6 – US
-“Ring My Bell”

Related posts

Leave a Reply