Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Steps
Time Tunnel

Time Tunnel: Steps 

PhotobucketSteps yang terkenal dengan lagu2nya yang ceria bernuansa pop dance ini dibentuk pada tahun 1997 oleh Steve Crosby dan Barry Upton bersama dengan manager Tim Byrne dan direkrut oleh Jive Records setelah mereka sukses dengan debut single yang bernuansa dance berjudul ‘5,6,7,8’ dan karena kesuksesan itu juga kemudian Pete Waterman turut bergabung dalan menangani kesuksesan Steps dan bukan kebetulan pula setelah Pete bergabung, Steps meluncurkan sebuah single cover version dari Bananarama yang berjudul Last Thing On My Mind yang berhasil mencapai posisi 6 dalam UK top 10. Album pertama mereka diberi judul Step One dan single berikutnya yang dirilis adalah One For Sorrow yg sedikit mirip musiknya dengan the Winner Takes It All, sebuah lagu group vocal dari Swedia yaitu ABBA dan karena ini pula Steps disebut sebagai grup vocal yang mirip dengan ABBA. Versi remix dari single ini termasuk dalam Drive Me Crazy soundtrack da dirilis di US pada musim panas 1999 dimana Steps menjadi grup pembuka untuk Britney Spears. Steleh Bananarama, mereka juga meng cover versionkan salah satu lagu dari Bee Gees yang ngetop di tahun 70an yaitu Tragedy dan berhasil mencapai posisi ke 2. Di bulan Maret 1999 mereka ikut serta dalam pagelaran musik yang ditujukan untuk ABBA yang berjudul Thanks ABBA for the Music dan dalam pagelaran ini hadir juga artis2 lain seperti Tina Cousins, B Witched, Billie dll. Album ini terjual lebih dari 2,4 juta copy di UK dan mendapat sertifikat 8 x platinum oleh British Phonographic Industry, selain itu juga berhasil menempati posisi 2 di UK Albums Chart.

Setahun setelah kesuksesan Step One, Steps merilis album kedua mereka yang berjudul Steptacular, judul yang menarik bagi saya karena merupakan sedikit slang dari kata Spectacular setelah title album pertama mereka yang bermakna “Langkah Pertama”. Steptacular kurang lebih bisa diartikan pertunjukan besar2an, jadi apakah dengan memilih title tersebut, setelah berhasil dengan “Langkah Pertama”, Steps berharap untuk bisa mencapai kesuksesan yang lebih dengan album ke 2 ini?

Mari kita lihat. Steptacular dirilis pada tgl 25 Oktober 1999 dan berhasil masuk ke UK Albums Chart di posisi 1 selama 3 minggu. Single pertama dari album ini adalah Love’s Got A Hold On My Heart kemudian disusul dengan Say You’ll Be Mine, Deeper Shade of Blue, After the Love Has Gone dan When I Said Goodbye. Dua yang disebut terakhir adalah single yang bernuansa ballad sedangkan Deeper Shade of Blue juga merupakan single milik Tina Cousins tetapi tidak pernah dirilis oleh label rekamannya. Album kedua ini berhasil menduduki posisi 1 dan dianugerahi sertifikat 4x Platinum kemudian di tahun 2000 mereka memenangkan Brit Awards untuk kategori Best Selling Live Act

Seperti album pertamanya, Step One, di album kedua ini mereka juga menyisipkan sebuah lagu cover version milik Bananarama yang berjudul Movin On. Di UK sendiri album ini terjual sebanyak 84000 unit di minggu pertama, hanya 1000 copy lebih banyak dari album pertama Westlife yang berarti mereka berhasil mengalahkan angka penjualan Westlife dan menjadi album kedua mereka yang terjual jutaan copy di UK.

Buzz dirilis juga tepat setahun setelah Steptacular dan merupakan album ke 3 dari Steps. Di album ini mereka bekerjasama dengan salah satu penulis lagu daeri Swedia yang bernama Jorgen Elofsson yang pernah membuat lagu untuk artis2 ngetop antara lain : Britney Spears (Sometimes, You Drive Me Crazy), Bellefire (Perfect Bliss), Westlife (If I Let You Go, Fool Again). Untuk Steps, Jorgen menulis lagu yang berjudul It’s the Way You Make Me Feel yang juga dirilis sebagai single. Sedangkan single pertama yang dirilis dari album ke 3 ini adalah sebuah cover version dari lagu Kylie yang berjudul Better the Devil You Know yang berhasil menempati posisi ke 4 dalam UK Singles Chart. 3 single lain yang dirilis dari album ini adalah Summer of Love, Stomp dan Here and Now/You’ll Be Sorry. Album ini bisa dikatakan sebagai album mereka yang melepaskan diri dari nuansa ABBA tetapi sayangnya kurang sukses jika dibandingkan dengan 2 album mereka sebelumnya, hanya berhasil menempati posisi 4 di UK Albums Chart dan mendapatkan double platinum oleh British Phonographic Industry.

Di tahun 2001 bersamaan dengan rilis Gold the Greatest Album, mulai muncul rumor yang membicarakan tentang perpecahan grup ini tp terus dibantah oleh mereka sendiri. Chain Reaction, sebuah cover version milik Diana Ross dirilis sebagai single pertama dan single kedua adalah Words Are Not Enough/I Know Him So Well menjadi single terakhir yang pernah dirilis oleh Steps. Setelah berulang kali dibantah, pada akhirnya H dan Claire resmi meninggalkan Steps pada malah Gold Greatest Hits tour dengan alasan sudah tidak ada lagi kecocokan di dalam grup tersebut meskipun dalam pernyataan resminya dikatakan bahwa mereka harus mengakhiri karir disaat mereka berada di puncak dan berada di posisi terbaiknya sehingga bisa diingat terus oleh para penggemarnya. H dan Claire membentuk duo dan bergabung dengan Warner Music. Setelah Greatest Hits album dan bubarnya Steps, Jive Records merilis album kompilasi yang merupakan album terakhir dari Steps, “the Last Dance” yang berisi remixes, unreleased songs dan rarities.

Selama perjalanan karirnya Steps juga mempunyai acara mereka sendiri yang berjudul Steps to the Stars, yaitu semacam acara pencarian bakat yg ditujukan untuk para remaja dengan penilaian publik. Dengan host H dan Claire, acara ini pernah menampilkan Danny Young (yang sekarang bergabung di McFly) dan Gareth Gates sebelum dia menjadi terkenal di Pop Idol.

Lalu apa kesibukan yang dijalani masing2 personel Steps setelah bubar?

PhotobucketH & Claire membentuk duo dan merilis debut single mereka yang berjudul DJ yang berhasil menempati posisi 3 dalam UK Singles Chart. Kemudian single kedua berjudul Half A Heart yang kurang berhasil dibandingkan single pertama mereka, hanya berhasil menempati posisi 8 dan turun ke posisi 29 pada minggu kedua setelah rilis. Single ketiga yang juga merupakan single terakhir mereka berjudul All Out of Love dan tidak lama kemudian debut album pertama mereka dirilis, yaitu Another You Another Me. Karena ketidaksuksesan album tersebut H dan Claire memutuskan untuk berpisah dan tidak akan pernah menyanyi bersama lagi. Claire sibuk dengan keluarganya dan di bulan Mei 2008 sempat muncul dalam acara Celebrity Masterchef. Sedangkan H ambil bagian dalam drama musikal Joseph and the Amazing Technicolour Dreamcoat, Cinderella dan Fame dan selain itu dia juga mengambil kursus di the Royal Academy of Music untuk mengasah kemampuan aktingnya. Pada 3 Januari 2007 H mengumumkan kepada publik bahwa dirinya adalah gay dalam sebuah interview dengan the Sun newspaper bahwa dia sudah menjalin hubungan selama 10 tahun dengan manajer Steps, Tim Byrne.

PhotobucketFaye Tozer kembali meramaikan dunia musik dengan satu2nya lagu duet bersama Russell Watson, Someone Like You. Pasca Steps, Faye lebih menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan theatre dimana di tahun 2004 dia bergabung dengan drama musical Andrew Lloyd Webber, Tell Me On A Sunday kemudian berturut2 di tahun 2005 dia tour bersama dengan theatre musical Love Shack, Me and My My Girl di tahun 2006, muncul dalam Dial M For Murder di tahun 2007, bulan Oktober di tahun yang sama tour lagi dalam Over the Rainbow – the Eva Cassidy Story dimana dia berperan sebagai Eva Cassidy dan di bulan Desember 2007 dia tampil di acara Pantomin Aladdin yang diselenggarakan di Theatre Royal, Newcastle. Berita terakhir menyebutkan bahwa di tahun a2010, Faye akan ambil bagian dalam In the Spotlight – Songs From the Musical dan mengadakan tour di beberapa venue di UK.

PhotobucketPersonel cowo kedua yaitu Lee Latchford-Evans muncul di acara reality show tv, yaitu the Games, the Match, dan Celebrity Fear Factor. Selain itu dia pernah muncul di film berjudul Ten Dead Men di tahun 2008 dan untuk saat ini dia menekuni pekerjaannya sebagai personal trainer dan menjadi pemilik dari sebuah web magazine tentang fitness, FamouslyFit.Com

PhotobucketYang terakhir adalah Lisa Scott-Lee. Pasca bubarnya Steps di tahun 2001 dia kembali ke dunia hiburan dua tahun sesudahnya yaitu pada tahun 2003 dengan debut singlenya Lately dan bergabung dengan Mercury Records. Single keduanya berjudul Too Far Gone tetapi sayangnya karena kekuatiran Mercury Records mengenai kesuksesannya, pada akhirnya mereka berpisah dan albumnya yang diberi judul Unleashed dicancel. Di tahun 2005 Lisa dikontrak oleh label kecil yang bernama Concept Records dan memulai rekaman lagu untuk singlenya. Concept Records memilih “Electric” dan setelah dirilis ternyata hasilnya agak mengecewakan, gagal masuk ke Top 10, dan hanya berhasil menempati posisi 13. Setelah kegagalan Electric, Lisa terus berusaha untuk mengembalikan karirnya didunia musik dimana dia merilis Boy on the Dancefloor melalui official webnya sebagai kado Natal untuk fansnya di tahun 2005 dan di tahun 2006 diumumkan bahwa album solo pertamanya akan diberi judul Never Or Now yang akhirnya dirilis di tahun 2007 di Afrika Selatan oleh Sheer Music pada tanggal 26 Maret sementara di UK sendiri dirilis sebagai digital download pada tanggal 18 Juni 2007.

Discography
* 1998: Step One
* 1999: Steptacular
* 2000: Buzz
* 2001: Gold: Greatest Hits
* 2002: The Last Dance

Review By: Lendy

Related posts

Leave a Reply