Trending News

Blog Post

Album of The Day: Katharine McPhee – Unbroken
Album of The Day

Album of The Day: Katharine McPhee – Unbroken 

PhotobucketSetelah tertunda beberapa kali, akhirnya album kedua Katharine McPhee ini dirilis juga, dan kabar baiknya adalah album ini juga dirilis di Indonesia oleh Universal Music Indonesia. Apakah masa penantian tersebut terbalas dengan konsep yang ditawarkan Katharine McPhee dalam Unbroken?

Konsep dan Image
Perubahan total dalam penampilan dan juga musik, itulah yang yang ingin disampaikan Kat melalui Unbroken. Didepak dari label yang sebelumnya bukan akhir dunia. Dia ingin berkreasi lebih luas lagi dengan cara yang dia mau. Jadilah sesuatu yang dijanjikan akan lebih edgy itu sebagai karya pop rock, lepas dari bayang-bayang R&B album sebelumnya. Kemudian pop rock a la Kat ini dimix’n’match dengan sedikit blues, brit pop, dan country. Rata-rata mengisahkan mengenai relationship dan sekitarnya, Unbroken adalah sebuah album yang lebih personal, lebih bagus, dan lebih memuaskan.

It’s Not Right sangat terpengaruh oleh brit pop. Tidak lain dan tidak bukan adalah berkat Gary Go. Gary berhasil menularkan the power of brit pop kepada Mrs. Nick Cokas ini. Berikutnya Keep Driving yang menampilkan vokal Kat yang manis. Ada beberapa lagu yang membuat kita seperti mendengarkan Kat sedang ber-unplugged di depan live audiences ketimbang seperti hasil rekaman studio. Coba dengarkan Last Letter. Lagu ini seperti akustik 2007 yang pernah Kat lakukan di Yahoo!. Anybody’s Heart dan Faultline adalah pilihan yang tepat jika ingin menikmati musik minimalis, dimana iringan gitar dan piano mendominasi keseluruhan lagu.

Single andalan dan promo
Melihat dan mendengar transformasi Kat dalam Had It All memang membuat kita bertanya, apakah memang rekaman seperti ini yang diinginkan Kat sebenarnya, mengingat betapa powerful-nya vokal Kat yang lebih pas membawakan lagu bergenre pop ballad dan diva’s stuff. Kemudian Kat merasa bahwa musik ini patut dicoba. Pirang, seksi, lipstik merah tebal, sepatu hak tinggi, dan jadilah Had It All sebagai pop rock gubahan Kara DioGuardi sebagai awal yang kuat untuk usaha memenangkan hati penggemar. Kat’s vocal brilliantly matched up the song!

Menunggu peluncuran album, 3 single promopun dirilis. Yang pertama adalah ballad Say Goodbye, yang kunobatkan sebagai track terbaik di album ini. Lifetime sebagai sebuah wedding song menjadikan album ini terdengar lebih kaya. Saat usaha pop rock yang berkuasa, maka irama dinamis dan lembut dari Lifetime mampu mengobati kejenuhan. Dan terakhir adalah How, yang sebenarnya terdnegar lebih kepada lagu sebuah band. 3 warna sebagai promo Unbroken membuktikan bahwa album ini kaya warna musik.

The man behind the curtain
Sambutlah John Alagia, orang yang membuat impian Kat menjadi nyata untuk terdnegar lebih dewasa dan lebih bersahaja. Dialah produser yang juga membantu pendewasaan diri Mandy Moore di Wild Hope dan merupakan sahabat baik dari John Mayer. So, sudah tahulah kita bahwa album ini bukan main-main. Kalau kalin merasa mendengarkan Bubbly (Colbie Caillat) melalui Terrified, tidak salah. Formula yang sama memang ditemukan di dua lagu ini. Intro gitar akustik yang semakin terdengar ‘liar’ di bagian chorus adalah penandanya. Jason Revees, you got it! Dialah orangnya. Ditutup dengan cover version Brand New Key, hits dari tahun 70’an, Kat menampilkan kembali keceriaan yang pernah ia tampilkan melalui Black Horse and Cherry Tree.

Kat nyaris sempurna untuk album ini, dimana dia terdengar lebih natural dan tidak berada di bawah tekanan. Unbroken sejauh ini adalah bukti pemantapan posisi Kat sebagai salah satu penyanyi terbaik lulusan American Idol.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Track listing
1. “It’s Not Right” (Lucie Silvas, Gary Go) – 3:54
2. “Had It All” (Kara DioGuardi, Mitch Allan, David Hodges) – 3:06
3. “Keep Drivin'” (Katharine McPhee, Chris Tompkins, Rachael Yamagata) – 3:57
4. “Last Letter” (Barry Dean, Luke Laird, McPhee) – 3:20
5. “Surrender” (McPhee, Ingrid Michaelson, Marshall Altman) – 3:42
6. “Terrified” (feat. Jason Reeves)” (DioGuardi, Jason Reeves) – 3:56
7. “How” (Silvas, Mike Busbee, Alexander James) – 3:32
8. “Say Goodbye” (Troy Verges, Aimee Mayo, Chris Lindsey, Hillary Lindsey) – 3:46
9. “Faultline” (Silvas, Shridhar Solanki, Rachel Thibodeau) – 4:14
10. “Anybody’s Heart” (Dean, Laird, McPhee) – 3:21
11. “Lifetime” (Boots Ottestad, McPhee) – 3:11
12. “Unbroken” (Paula Cole, McPhee) – 4:17
13. “Brand New Key” (Melanie Safka) – 2:59

Related posts

Leave a Reply