Album of The Day: She & Him - Volume Two

Oleh: welly - 11 Jun 2010

PhotobucketMendengarkan She & Him, selintas kenangan kembali ke era 50an hingga 70an, dimana musik pop dipenuhi balada romantis yang terkadang emosional dan (umumnya) terkesan cengeng, akan tetapi begitu indah untuk dilewatkan. Setelah mengeluarkan 'Volume One' di tahun 2008, maka ditahun 2010 ini siapkan kembali kuping kita mencerna retro-pop ala She & Him dalam 'Volume Two'.

Duo Zooey Deschanel (vokal, piano, banjo) dan M. Ward (gitar, produksi) mungkin masih terkesima dengan romantisme pop-klasik, saat 'Thieves' membuka album. Mengalun lembut diikuti vokal Deschanel yang sendu, mengingatkan akan kejayaan Linda Scott atau Connie Francis. Akan tetapi, memasuki 'In The Sun' atmosfir seketika berubah menjadi lebih cerah dengan lagu yang lebih up-tempo dan ceria. Sebuah pop-antemik dengan sentuhan rockabilly yang kental ala The Bee Gees. Disusul oleh 'Don't Look Back' yang mungkin akan membuat kita berdansa-dansi dengan gaya twist.

Namun, She & Him tidak hanya menawarkan sensasi retro-vintage dalam komposisinya, karena mereka juga membalut musik dengan semangat folk dalam musik indie-pop mereka. Hasilnya sungguh renyah dan sedap didengar. 'Me and You' dan 'Brand New Shoes' adalah komposisi-komposisi lembut yang dipenuhi oleh subtilitas melalui vokal Deschanel juga aransemen Ward yang sedikit mengawang. Juga 'I'm Gonna Make It Better' atau 'Home' yang diarsir oleh gaya country yang sedikit centil.

Dari 13 trek, Deschanel sebagian besar menulisnya, kecuali untuk dua buah lagu. Sebagai bentuk homage, She & Him juga melakukan rendisi terhadap lagu 'Ridin' in My Car' dari NRBQ dan

'Gonna Get Along Without Ya Now' yang awalnya dinyanyikan oleh Teresa Brewer di tahun 1952 dan kemudian dipopulerkan oleh Patience and Prudence. Meski mungkin kita awalnya kurang familiar dengan lagu-lagu tersebut, namun She & Him benar-benar memberi nyawa dalam aransemennya, sehingga sulit rasanya untuk tidak menyukai.

Lagu-lagu dalam album ini mayoritas menyuarakan romantisme dalam memoria musikalitasnya. Pada umumnya lagu-lagunya sangat berkesan dan memberi kenikmatan audio yang memuaskan dalam mendengarkannya. Meski juga terkadang beberapa lagu terkesan repetitif sehingga sedikit monoton. Terlepas dari itu 'Volume Two' adalah bukti konsistensi duo ini dalam pilihan musiknya.

Saat album ditutup oleh penampilan ala akapela dalam 'If You Can't Sleep', She & Him memberikan penanda jika musik mereka, meski tidak kompleks dan mutakhir akan tetapi adalah sebuah pengalaman musikal yang cerah berwarna dan sangat menyenangkan, dibentuk berdasarkan estetika serta kecintaan akan musik itu sendiri. Disaat Camera Obscura atau GiGi misalnya, juga mengambil ranah yang setipe, namun She & Him tetaplah memberi kontribusi serta pembeda yang signifikan.

(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST

01. Thieves

02. In the Sun

03. Don't Look Back

04. Ridin' in My Car

05. Lingering Still

06. Me and You

07. Gonna Get Along Without You Now

08. Home

09. I'm Gonna Make It Better

10. Sing

11. Over It Over Again

12. Brand New Shoes

13. If You Can't Sleep

TRIVIA

Ohya, untuk yang bertanya-tanya kenapa nama Zooey Deschanel terdengar familiar, itu karena dia juga seorang aktris yang telah bermain di banyak film menarik. Dia adalah perempuan yang digila-gilai Joseph Gordon-Levitt dalam '(500) Days of Summer' serta gadis ekstrik yang dicintai oleh Jim Carrey dalam 'Yes Man'.

Faktanya Deschanel pertama kali bertemu dengan Ward di set film 'The Go-Getter' dimana Deschanel juga berperan. Sutradara kemudian meminta mereka untuk menyanyikan duet untuk kredit di ujung film. Selanjutnya Ward dan Deschanel menemukan kecocokan secara musikilitas dan memutuskan untuk melanjutkan kerjasama mereka dalam She & Him.

welly
More from Creative Disc