Trending News

Blog Post

Album of The Day: Switchfoot – Hello Hurricane
Album of The Day

Album of The Day: Switchfoot – Hello Hurricane 

PhotobucketMalang melintang selama 14 tahun di dunia musik, Switchfoot masih solid beranggotakan Jon Foreman pada posisi lead vokal, guitar, Tim Foreman pada bass gitar dan backing vokal, Chad Butler di posisi drum serta perkusi, Jerome Fontamillas pada guitar, keyboard serta backing vokal, dan terakhir Drew Shirley juga pada gitar serta backing vokal. Jika pada awal-awal karir berdirinya, Switchfoot berada ada jalur mainstream music contemporary Christian, namun keberuntungan berhasil mengahampiri mereka ketika album ke-empat mereka The Beautiful Letdown yag dirilis pada tahun 2003, dirilis oleh label Columbia/Sony Music sehingga Switchfoot tidak mengkotakan musik pada satu aliran. Setelah hampir 10 tahun bergabung dengan label sebelumnya, maka pada tahun 2009 kemarin, debut album perdana bersama Warner/Atlantic, Hello Hurricane dirilis sebagai come backnya setelah album Oh! Gravity dirilis pada tahun 2006.

Hello Hurricane tampaknya memang tidak begitu jauh dengan karakter musik yang dibawakan oleh mereka sebelumnya. Alternative rock dipadu dengan post-grunge serta diramu dengan sedikit nuansa pop rock tentunya sudah bukan hal yang asing dengan pecinta musik aliran ini. Salah satu kelebihan band ini dibandingkan dengan band-band aliran lain yang serupa, Switchfoot selalu menyajikan musik dengan lirik yang bernuansa positif dan memiliki pesan yang membangun. Ditangani produser yang sudah sangat berpengalaman seperti Charlie Peacock, Ken Andrews, Mike Elizondo serta Rob Cavallo album ketujuh ini terasa sangat menjanjikan. Tentunya lebih ‘garang’ pasca Oh! Gravity.

“Needle and Haystack Life” yang pada musik dan intronya sedikit mengingatkan pada beberapa lagu milik U2 dengan rock med-tempo, meski terdengar berat pada awalnya namun tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyukai track ini, berlanjut pada “Mess of Me” yang didapuk menjadi single, pada komposisinya dipadu dengan distorsi gitar yang kuat dan membuat single yang yang memiliki nuansa alternative/post grunge ini menjadi addictive mendengarkannya, selain “Mess of Me”, “The Sound (John M. Perkins’ Blues)”, “Bullet Soul” dan “Free” juga masih mengandalkan musik yang senada dan menghentak.

Track alternative rock pada “Enough to Let Me Go”, “Awakening” sekilas mengingatkan saya pada “Awakening” namun pada “Hello Hurricane” meski terdengar menghentak tetapi balutan musik pop rocknya sangat menyegarkan. Bagaimana dengan balladnya? Sudah pasti “Yet”, “Your Love Is a Song” dan “Always” menjadi andalannya. Akan sangat berbeda mendengarkan “Sing It Out” meski terdengar gelap pada sepanjang musiknya, namun perpaduan ballad akustik dan rock menjadikan track ini tidak terdengar kelam, salut dengan pengahayat Jon yang luar biasa dan menyayat. “Red Eyes” menjadi penutup masih mengandalkan musik tipikal ballad, namun dipadu sedikit rock tentunya.

Buat penggemar musik aliran rock alternative, tampaknya album yang disajikan Swichfoot ini sangat tepat menjadi pilihan, dibandingkan dengan beberapa album sebelumnya, Hello Hurricane terlihat lebih matang baik secara musik dan lirik. Namun untuk pendengar baru meski awalnya sedikit membutuhkan waktu untuk mencerna musik yang ditawarkan, saya pastikan tidak akan lama untuk menikmati album ini. Beberapa tarcknya yang mengingatkan saya akan “Stars” dan “We Are One Tonight” semakin memantapkan bahwa Switchfoot benar benar band yang patut diperhitungkan.

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Tracklist:
1. “Needle and Haystack Life” – 3:49
2. “Mess of Me” – 3:27
3. “Your Love Is a Song” – 4:22
4. “The Sound (John M. Perkins’ Blues)” – 3:47
5. “Enough to Let Me Go” – 3:52
6. “Free” – 4:03
7. “Hello Hurricane” – 4:04
8. “Always” – 4:20
9. “Bullet Soul” – 3:24
10. “Yet” – 3:53
11. “Sing It Out” – 5:17
12. “Red Eyes” – 4:50

Related posts

Leave a Reply