Trending News

Blog Post

Album of The Day: Various Artists – Listen Up! The Official 2010 FIFA World Cup Album
Album of The Day

Album of The Day: Various Artists – Listen Up! The Official 2010 FIFA World Cup Album 

PhotobucketSerunya album “Listen Up! The Official 2010 FIFA World Cup Album” ini selain berisi lagu-lagu yang memang resmi sebagai cendera mata dari ajang Piala Dunia adalah benang merah dari lagu ke lagu, yaitu Afrika. Dari aliran-aliran yang berbeda, mereka membuat gabungan yang nyatu dengan tema Afrika-nya. Contohnya aja ‘Waka Waka (This Time For Africa)’ dari Shakira. Citra latin yang melekat padanya dipadupadankan dengan penampil asli Afrika, Freshlyground yang membuat lagu ini berasa apik benar. Nneka dengan lagu ‘Viva Africa’ juga tidak kalah semangat. Lagu ini seperti persembahan untuk meyambut kedatangan semua orang ke Afrika dalam rangka Piala Dunianya juga. Dia memiliki semangat Afrikanya itu karena dia juga berasal dari Nigeria.

Untuk anthem, lagu R&B ballad milik R.Kelly ‘Sign of a Victory’ terdengar sangat inspirational. Mengajari kita untuk melihat bahwa yang namanya victory itu tidak terbatas pada sebuah kemenangan saja, tapi juga dari keberagaman, perdamaian, perjalanan, hingga pengorbanan. Di dalam lagu Siphiwo yang berjudul ‘Hope’, terdapat pesan dari Nelson Mandela. Shipiwo adalah penyanyi tenor dari Afrika Selatan yang meninggal dunia di 25 Mei lalu diakibatkan meningitis. Dan lagu inspirational lainnya adalah ‘One Day’ milik Matiyashu. Lagu dari albumnya Light ini dibuatkan versi barunya bersama penampil bernama Nameless.

Untuk pesta bersama, kita disuguhi banyak lagu dance yang melibatkan etnik ke-Afrika-an. ‘Shosholoza 2010’ contohnya. Di lagu ini ada paduan suaranya, ada nyanyian pop, rock, dan juga rap. ‘Ke Nako’ juga demikian. Keroyokan oleh J Pre, Wyclef, Jazmine Sullivan, dan B Howard melibatkan synth yang membuat lagunya terdengar lebih modern. Tapi untuk dance session, pemenangnya adalah ‘Game On’ dari Pitbull bersama TKZee dan Dario G. Pitbull benar-benar tahu bagaimana membuat suasana tambah semarak dengan lagu-lagunya.

Jangan lewatkan juga karya apik dari Angelique Kidjo dan John Legend di lagu ‘Move On Up’, Judy Bailey dan Uju di lagu ‘Spirit Of Freedom’, Claudia Leitta dan Lira di lagu ‘As Mascaras’. Berasa diajak ke sebuah club yang menyuguhkan lagu-lagu tradisional Afrika dengan sentuhan modern beat club-nya. Dan untuk paket Indonesia, grup The Changcutters vs DJ Sumantri memberi kontribusi lagu ‘Ayo Semangat’ dalam bahasa Indonesia dengan ‘We Are The Best’ sebagai lagu Bahasa Inggrisnya. Jadi kita bisa party selagi grup-grup sepakbola terbaik dunia bertanding di Afrika Selatan bersama album nomor 1 di US World Album Chart ini.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. R. Kelly featuring Soweto Spiritual Singers – Sign of a Victory (The Official 2010 FIFA World Cup™ Anthem) 4.13
2. Shakira featuring Freshlyground – Waka Waka (This Time for Africa) (The Official 2010 FIFA World Cup™ Song) 3.22
3. Nneka – Viva Africa 3.31
4. Matisyahu featuring Nameless – One Day 3.28
5. Ternielle Nelson, Jason Hartman, UJU, Louise Carver, Aya & Deep Level – Shosoloza 2010 3.42
6. J Pre, Wyclef, Jazmine Sullivan, and B Howard – Ke Nako 4.04
7. Angelique Kidjo and John Legend – Move On Up 3.07
8. Judy Bailey featuring Uju – Spirit of Freedom 3.53
9. Pitbull, TKZee and Dario G – Game On (The Official 2010 FIFA World Cup™ Mascot Song) 3.19
10. MISIA ft M2J + Francis Jocky – Maware Maware 3.40
11. Claudia Leitte and Lira – Mascaras (South Africa ‘10 to Brasil ‘14) 3.11
12. Siphiwo featuring Message of Hope from Nelson Mandela – Hope 3.50
13. The Changcuters VS DJ Sumantri – Ayo Semangat! 3.44
14. The Changcuters VS DJ Sumantri – We Are The Best! 3.43

Related posts

Leave a Reply