Trending News

Blog Post

Album of The Day: We Are The Fallen – Tear The World Down
Album of The Day

Album of The Day: We Are The Fallen – Tear The World Down 

PhotobucketApa ketakutan terbesar yang dialami member personil yang membesarkan band sebelumnya ketika keluar dan merilis album baru? Hinaan? Pujian? Hingga takut mengalami kegagalan? Ya, hal itu merupakan sesuatu yang wajar, terlebih lagi ketika dengan sangat berani Ben Moody tokoh utama dibalik kesuksesan Evanescence, berani memutuskan keluar dikarenakan berbagai masalah yang memang tidak bisa diselesaikan. Hingga gembar gembornya sudah terasa sejak tahun 2009 lalu dan akhirnya Ben Moody yang juga berada pada posisi lead gitar, programming, piano, serta perkusi, dibawah label resmi Universal, merilis debut album perdananya Tear The World Down. Dengan menggaet Carly Smithson pada posisi vokal, di tambah dua mantan personil Evanescence lainnya John LeCompt pada rhythm gitar, mandolin, programming dan Rocky Gray pada posisi drum sedangkan pada basis sendiri diisi oleh Marty O’Brien yang merupakan eks-personil Static-X dalam We Are The Fallen.

Sesuatu yang sangat natural ketika melihat ketiga member disini yang pernah mengisi grup Evanescence akan dibanding-bandingkan. Apakah itu sesuatu yang adil? Saya rasa tidak. Meski pada awalnya saya merasa sedikit kecewa ketik Ben mengundurkan diri 7 tahun silam, ditambah dengan beberapa proyek solonya yang tidak begitu berhasil, tetapi ditambah Marty pada posisi basis, dan kekuatan vokal Carly yang bisa dibilang mumpuni, tampaknya sangat tepat untuk mengisi grup ini. Wajar saja jika pada musik memang memiliki kemiripan, metal dan rock gothic toh memang pendirinya memang pernah mendirikan band dengan genre yang sama. Jujur secara pribadi, saya sangat menantikan berbagai proyek yang dibuat Ben Moody, terutama melalui Tear The World Down ini.

Banyak yang mengatakan vokal Carly mirip dengan Amy Lee, benarkah? “Bury Me Alive” merupakan track pembuka yang sangat sarat dengan kesedihan dan keputusasaan, ditambah balutan vokal Carly yang khas menjadikan sebagai track pembuka yang tepat. Sekilas ya memang merasakan nuansa sound seperti Amy, baik dari segi vokal dan musik. Namun ketika mendengarkan “Burn” dengan distorsi gitar yang kencang, menjadi jawaban yang membuktikan bahwa We Are The Fallen berbeda. Sangat mengasyikan mendengarkan “Paradigm”, berlanjut pada “Don’t Leave Me Behind” mid-tempo gothic yang pada bagian pertengahannya sekilas mengingatkan saya akan track Evanescence “Imaginary”. Untuk track ballad, mari nikmati “Sleep Well My Angel”, ya Carly benar-benar mengeluarkan kemampuan vokalnya dengan maksimal pada track yang penuh dengan iringan piano ini.

“Through Hell” pendengar kembali diajak menikmati track dengan musik dan lirik nuansa gelap, beberapa instrumen musik yang unik membuat “Through Hell” menjadi tidak terlalu berat untuk dinikmati, berlanjut pada “I Will Stay” merupakan track dengan tempo yang lambat, dan menjadi favourite saya. Nikmati “Without You” dengan dentuman drum yang menghentak, membuat track dengan nuansa upbeat ini terdengar catchy. “St. John” track yang saya tunggu-tunggu, dimana pada beberapa bagian lagunya Carly terdengar bernyanyi seperti bersama choir, sekilas mengingatkan “Whisper” namun pada “St. John” kembali terdengar lebih kelam. “I Am Only One” merupakan satu-satunya track ballad yang tidak berisi dentuman drum, dan ditutup dengan “Tear the World Down” menjadi track penutup dimana Ben Moody mengisi backing vokal dengan porsi yang cukup banyak.

Don’t judge book by the cover, itulah yang saya ingin tekankan ketika menikmati Tear The World Down ini, meski pada beberapa lagu memang memiliki kemiripan dengan band yang dipegang Ben sebelumnya, wajar saja toh memang ini debut album perdana, namun hal tersebut bukan merupakan hal yang berarti, karena ketika menikmati album ini secara berulang-ulang akan menjadi candu sendiri, dan yang pasti yang mau saya katakan, We Are The Fallen berbeda dengan Evanescence. Apa We Are The Fallen bakal lepas dari bayangan Evanescence? Pastinya tinggal menunggu waktu saja, dan satu hal yang mau saya tekankan, mendengarkan We Are The Fallen, ya berarti memang menikmati vokal Carly, bukan Amy Lee.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Bury Me Alive” 4:46
2. “Burn” 3:43
3. “Paradigm” 3:55
4. “Don’t Leave Me Behind” 3:33
5. “Sleep Well My Angel” 4:07
6. “Through Hell” 3:41
7. “I Will Stay” 4:07
8. “Without You” 3:16
9. “St. John” 3:58
10. “I Am Only One” 4:37
11. “Tear the World Down” 6:30

ps: Album ini sudah direlease oleh Universal Music Indonesia

Related posts

Leave a Reply