Trending News

Blog Post

Album of The Day: Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers
Album of The Day

Album of The Day: Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers 

PhotobucketSetelah sempat jeda selama beberapa bulan, maka Glee season 1 kembali lagi memulai eksistensinya dalam episode 14 hingga akhirnya selesai pada episode 22. Kabar baiknya, boleh ditunggu kehadiran season 2 tidak lama lagi. Kabar baik berikutnya, telah dirilis pula album ‘Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers‘ menyusul kesuksesan Glee: The Music, Volume 1 dan 2 dan kemarin.

Seperti biasa, album ini tentu saja tidak mengindeksasi keseluruhan lagu yang berada dalam episode-episode tersebut, melainkan beberapa lagu yang terpilih. Uniknya lagi, dua album khusus berisi lagu-lagu yang berada di dalam episode #15 (Glee: The Music, The Power of Madonna) dan episode pamungkas, #22 (Glee: The Music, Journey to Regionals) juga telah dan akan segera dirilis.

“Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers” dibuka dengan ‘Hello, Goodbye’, sebuah nomor klasik dari The Beatles. Dengan vokal utama diisi oleh Cory Monteith (Finn) yang diiringi oleh Lea Michelle (Rachel) serta diakhiri dengan bantuan lengkingan vokal Amber Riley (Mercedes). Tidak begitu istimewa, namun lumayan menghentak untuk membuka album ini.

Justru sangat menarik saat mendengar ‘Hello’-nya Lionel Richie yang dinyanyikan secara duet oleh Lea Michelle dan Jonathan Groff (Jessie). Tidak kalah menyentuh dengan versi aslinya karena penjiwaan yang memukau baik dari Michelle maupun Groff. Vokal kuat Michelle lainnya tak kalah menghipnotis, dibantu Groff sebagai vokal latar, terdapat dalam lagu ‘Total Eclipse Of The Heart’. Secara pribadi, saya lebih menyukai versi ini ketimbang versi asli yang ditembangkan oleh vokal Bonnie Tyler.

Duet lain yang mencuri perhatian tentu saja antara Matthew Morrison (Mr. Schuester) dan Neil Patrick Harris (Mr. Bryan Ryan) dalam menyanyi ulang ‘Dream On’ milik Aerosmith. Vokal mereka terasa sangat prima dan dipenuhi intensitas, terutama Patrick Harris yang mempunyai kualitas vokal sangat mumpuni dan berhasil tampil nge-rock. Yang unik justru terjadi antara Olivia Newton-John dan Jane Lynch (Ms. Sue) yang menyanyikan hits klasik Newton John, ‘Physical’ dalam versi yang lebih kekinian (baca: elektro-pop). Sayangnya vokal Lynch yang dibantu dengan teknik auto-tunes sedikit mengganggu.

Saya juga sangat menyukai ‘Lady is a Tramp’ dari musikal ‘Babes in Arms’, yang bergaya big-band dimana vokal Mark Salling (Puck) terasa sangat jazzy dan sensual, memadu dengan baik dengan aransemennya. Dan lagi-lagi Kevin McHale (Artie) mendapat solo yang berhubungan dengan dansa-disko, yang kali ini adalah giliran ‘Safety Dance’ milik Men Without Hats. Vokal McHale yang renyah memberi kesegaran yang diperlukan dari sebuah lagu cover-version. Jangan lupakan favorit saya, Amber Riley, yang sekali lagi memberikan interprestasi terbaiknya, setelah ‘Burst Your Window, dengan menyanyi ulang ‘Beautiful’ milik Christina Aguilerra dengan totalitas dan penghayatan yang mumpuni.

Sedang favorit kita semua, Ms. April (Kristin Chenoweth) yang selengean tapi bersuara mumpuni, kembali lagi mendapat jatah. Tugasnya membawa mash-up ‘One Less Bell To Answer/A House Is Not A Home’. Didukung oleh vokal Morrison, sekali lagi Chenoweth memamerkan kualitas vokal nyaris tak bercela miliknya. Sungguh luar biasa.

Tapi, Chenoweth mendapat saingan kali ini, karena ada Idina Menzel (Ms. Shelby), yang dibantu oleh Michelle, menyanyi ulang lagu klasik ‘I Dreamed a Dream’ dari pementasan musikal Les Miserables dengan tidak kalah enerjetik dan dahsyat. Membuat merinding.

Secara umum, ini adalah album yang menarik. Vokal mayoritas diisi oleh Monteith dan Michelle, namun para pemain lainnya pun mulai diberi porsi vokal yang semakin besar, termasuk Naya Rivera (Santana) yang berkesempatan menyumbangkan solo dalam ‘Bad Romance’ dari Lady Gaga, disamping Chris Colfer, Jenna Ushkowitz, Amber Riley, Dianna Agron dan Lea Michelle. Sebuah lagu penutup yang ciamik untuk album kompilasi ini.

‘Glee: The Music, Volume 3 Showstopper’ adalah album yang sangat menghibur. Dan sama halnya dengan album-album Glee sebelumnya, sebagian besar aransemen memang masih setia dengan versi aslinya, namun tidak mereduksi intensitas, semangat serta kualitasnya. Dengan pilihan materinya yang eklektik, maka ini adalah sebuah album yang direkomendasikan tidak hanya bagi penggemar setia serialnya, namun untuk kita semua yang mencintai musik sebagai bagian keseharian kita.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST
01. Hello, Goodbye
02. Gives You Hell
03. Hello (Featuring Jonathan Groff)
04. One Less Bell To Answer/A House Is Not A Home (Featuring Kristin Chenoweth)
05. Beautiful
06. Physical (Featuring Olivia Newton-John)
07. Total Eclipse Of The Heart (Featuring Jonathan Groff)
08. Lady Is A Tramp
09. One
10. Dream On (Featuring Neil Patrick Harris)
11. Safety Dance
12. I Dreamed A Dream (Featuring Idina Menzel)
13. Give Up The Funk
14. Bad Romance

TRIVIA
‘Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers” sendiri selain dirilis dalam versi standard (14 lagu) juga dirilis dalam versi deluxe dengan penambahan enam lagu lainnya.

Kelebihan album deluxe ini karena memberi pilihan vokal yang lebih variatif dari para pemainnya, seperti solo Chris Colfer yang prima dalam ‘A House Is Not A Home’ dan ‘Rose’s Turn’ yang memberi jatah yang lebih luas dalam penghayatan maksimal dan tidak melulu harus mengandalkan vokal sopran-nya.

Vokal Mark Salling yang tak kalah bertaji pun diberi kesempatan yang lebih banyak dalam ‘Beth’ dan ‘Loser’ yang mengharuskannya memakai teknik bernyanyi yang masing-masing berbeda jauh.

Duet menarik ditampilkan Lea Michelle dan Idina Menzel dalam ‘Poker Face’-nya Lady Gaga dengan versi yang lebih mid-tempo dan emosionil. Sedang Kristin Chenoweth pun kembali diberi porsi untuk menyanyi ulang ‘Home’, dari musikal The Wiz yang sangat megah sekaligus menyentuh.

Related posts

Leave a Reply