Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Michael Jackson (part I)
Time Tunnel

Time Tunnel: Michael Jackson (part I) 

Michael Jackson terlahir dengan nama Michael Joseph Jackson pada tanggal 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, US. Dia adalah anak ke 7 dari keluarga Jackson yang memulai karir bermusiknya dalam the Jackson 5 bersama dengan saudara2nya di pertengahan tahun 1960 an dan memulai karir solonya di tahun 1971. Di tahun 1980an, Jackson terkenal dengan video2 nya Beat It, Thriller dan Billie Jean yang unik dan melalui performance panggung juga dia memperkenalkan gaya dance yang baru yang dinamakan moonwalker. Albumnya yang berjudul Thriller menjadi the best selling album of all time dan dia juga menjadi salah satu artis yang masuk ke dalam jajaran Rock n Roll Hall of Fame 2 kali. Meskipun semasa hidupnya banyak skandal yang menimpanya tetapi karyanya di dalam bidang musik tetap akan selalu akan diingat oleh para penggemarnya.

PhotobucketThe Jackson Five [1958 – 1975]
Michael terlahir dari pasangan Katherine Esther Scruse dan Joseph Walter Jackson, mempunyai 3 saudara perempuan [Rebbie, La Toya dan Janet] dan 5 saudara laki2 [Jackie, Tito Jermaine, Marlon dan Randy]. Di tahun 1964 Michael dan Marlon bergabung dengan the Jackson Brothers, sebuah band yg dibentuk oleh ke 3 saudara mereka yaitu Jackie, Tito dan Jermaine dan setelah Michael berusia 8 tahun, dia mulai ditunjuk sebagai lead vocals dengan Jermaine. Pada saat itulah nama band tersebut berubah menjadi menjadi the Jackson 5 dan rekaman beberapa lagu termasuk Big Boy untuk label rekaman lokal, Steeltown di tahun 1967 sebelum pindah ke Motown Records di tahun 1968. Jackson 5 sukses menempatkan 4 single pertama mereka menjadi nomer 1 di Billboard Hot 100, yaitu I Want You Back, ABC, the Love You Save dan I’ll Be There sementara itu antara tahun 1972 dan 1975, Jackson merilis album solonya, diantaranya adalah Got to Be There dan Ben. Meskipun demikian, jumlah penjualan album mereka mulai merosot di tahun 1973 dan Motown memberikan sedikit larangan atau batasan bagi mereka untuk lebih berpartisipasi dalam memberikan ide2 kreatif. Meskipun sukses menembus top 40 dengan beberapa hits mereka, the Jackson 5 meninggalkan Motown pada tahun 1975.

PhotobucketOff the Wall [1975 – 1981]
Selepas dari Motown, the Jackson 5 bergabung dengan Epic Records di tahun 1975 dan berganti nama menjadi the Jacksons. Saudara mereka yang paling muda yaitu Randy bergabung menggantikan Jermaine yang memutuskan untuk keluar dan bersolo karir. Karir mereka berlanjut dengan merilis album 6 album antara tahun 1976 dan 1984 dimana Jackson juga mulai ikut menulis lagu, antara lain Shake Your Body (Down to the Ground), This Place Hotel dan Can You Feel It. Di tahun 1978, Jackson ikut ambil peran dalam film musikal the Wiz yang sangat sukses dan melalui film inilah dia bertemu dengan Quincy Jones yang juga menggarap musical scorenya. Jones akhirnya menyetujui untuk menjadi produser dalam album solo Jackson yang selanjutnya yaitu Off the Wall yang dirilis tahun 1979. Seluruh lagu2 dalam album ini selain ditulis Jackson juga ikut ditulis oleh Rod Temperton, Stevie Wonder dan Paul McCartney. Off the Wall merupakan album pertama yang sukses mengeluarkan 4 lagu yang masuk dalam US Top 10 hits termasuk Don’t Stop Til You Get Enough dan Rock With You. Kemudian di tahun 1980 Jackson berhasil memenangkan 3 awards dalam American Music Awards untuk kategori Favorite Soul/R&B Album, Favorite Male Soul/R&B Artist, dan Favorite Soul/R&B Single untuk “Don’t Stop ‘Til You Get Enough”, selain American Music Awards, dia juga berjaya memenangkan Billboard Music Awards untuk kategori Top Black Artist dan Top Black Album
kemudian sebuah Grammy Award untuk kategori Best Male R&B Vocal Performance untuk “Don’t Stop ‘Til You Get Enough”

PhotobucketThriller [1982 – 1983]
Di akhir tahun 1982, Jackson merilis album Thriller yang kemudian menjadi the best selling album of all time di US dan juga seluruh dunia karena rata2 angka penjualannya yang mencapai 110 juta copy. Album ini menempati #1 Billboard 200 Chart selama 37 minggu dan berada di posisi top 10 selama 80 minggu berturut2. Beberapa single yang masuk ke dalam Billboard Hot 100 top 10 single adalah Billie Jean, Beat It, dan Wanna Be Startin Somethin. Dalam lagu Beat It, suara solo gitarnya diisi oleh Eddie van Halen, salah seorang member band rock terkenal Van Halen. Jackson juga berduet dengan Paul McCartney dalam lagunya yang berjudul the Girls Is Mine.

Jackson menggunakan video klip Thriller sebagai cara untuk mempromosikan albumnya dengan jalan cerita yang kompleks, tarian yang rumit dan special effects. Video aberdurasi 15 menit tersebut ditayangkan 2 kali dalam satu jam oleh MTV dan populartitas dari video tersebut setelah ditayangkan kembali membawa album Thriller menjadi nomer 1 dalam album chart.

Di tahun yg sama pula, Jackson ikut mengisi soundtrack yg berjudul Someone in the Dark untuk film ET the Extra Terrestrial dimana lagu tersebut memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Album for Children. Di bulan Maret 1983, Jackson reuni dengan saudara2nya untuk sebuah program spesial memperingati Motown 25 : Yesterday, Today, Forever dan dalam acara ini pula untuk pertama kalinya Jackson memperkenalkan gaya dance ciri khasnya yang disebut moonwalk, yang diajarkan oleh Jeffrey Daniel, ex member Shalamar.

PhotobucketWe Are The World [1984 – 1985]
Di tahun 1984, Jackson diundang ke White House untuk menerima award dari presiden Ronald Reagan atas supportnya untuk membantu orang2 kecanduan alkohol dan obat2an, selain itu dia bersama dengan Lionel Richie menciptakan lagu We Are the World di tahun 1985 sebagai single untuk bantuan kemanusiaan bagi bencana kelaparan di Africa, single tersebut menjadi the best selling single of all time dengan hampir 30 juta copy yang terjual dan jutaan dollar disumbangkan bagi para penderita bencana kelaparan tersebut. Selain Jackson, artis2 yg juga turut berpartisipasi menyanyikan single tersebut adalah Lionel Richie, Stevie Wonder, James Ingram, Bob Geldof, dll

PhotobucketBad [1986 – 1987]
Di tahun 1986 Jackson berkolaborasi dengan Francis Ford Coppola dalam sebuah film 3D yang berjudul Captain EO. Film tersebut ditayangkan untuk pertama kalinya di bulan September 1986 di Disneyland dan Epcot (Walt Disney World Resort) kemudian di Tokyo Disneyland pada bulan Maret 1987. Film tersebut menarik perhatian banyak orang di 3 tempat hiburan tersebut dan sebuah atraksi Captain EO akhirnya ditempatkan di Euro Disneyland setelah tempat tersebut dibuka pada tahun 1992.

Di tahun 1987 Jackson merilis lagi sebuah album setelah 5 tahun vakum, yaitu Bad, meskipun tidak sesukses Thriller tetapi masih tetap sukses dalam hal penjualan yaitu lebih dari 30 juta copy di seluruh dunia. Ada 7 single yang dirilis dari album ini yaitu I Just Can’t Stop Loving You [duet with Siedah Garret], Bad, the Way You Make Me Feel, Man In the Mirror dan Dirty Diana. Jackson menyanyikan I Just Can’t Stop Loving You pada tournya “Bad Tour” dengan background singer Sheryl Crow dan dengan Siedah Garret sendiri pada Dangerous Tour. the Bad World Tour dimulai pada tanggal 12 September 1987 dan selesai pada 14 Januari 1989 di Jepang, Australia, US dan Eropa. Tour ini disponsori oleh PepsiCo berlangsung selama 16 bulan termasuk 123 konser dengan penonton sebanyak 4,4 juta orang di 15 negara.
Karena album ini juga Jackson mendapat julukan sebagai salah satu artis tersukses di tahun 1980. Album Bad mendapat ranking nomer 43 dalam 100 Greatest Albums of All Time of the MTV Generation pada tahun 2009 oleh VH1 dan menempati posisi 202 dalam 500 Greatest Albums of All Time oleh majalah Rolling Stone. Album ini juga menandai berakhirnya kerjasama antara Jackson dengan Quincy Jones.
Bagi saya yang paling istimewa dari album ini adalah salah satu video dari singlenya yg berjudul sama dengan albumnya, yaitu Bad. Keseluruhan videonya yg bisa juga dikatakan short film berdurasi 18 menit ditulis oleh novelis sekaligus screenwriter Richard Price dan disutradari oleh Martin Scorsese.

Autobiography tentang Jackson yang pertama dirilis pada tahun 1988 yang berjudul Moonwalk, membutuhkan waktu hampir 4 tahun untuk selesai dan terjual sebanyak 200.000 copy. Buku tersebut menceritakan tentang riwayat Jackson dari the Jackson 5, tentang perubahan wajahnya dan berbagai hal tentang sisi kehidupan pribadinya. Kemudian pada bulan Maret 1988, Jackson membeli sebuah tanah di dekat Santa Ynez, California untuk membangun taman impian yang sudah diinginkannya sejak lama yaitu Neverland Ranch seharga 17 juta $. Dalam taman tersebut Jackson membangun sebuah ferris wheel dan juga theater film dan dijaga oleh security sebanyak 40 orangKesuksesannya di dunia hiburan membuatnya dijuliki the King of Pop. Nama tersebut dipopulerkan oleh Elizabeth Taylor ketika dia memberikan the Soul Train Heritage Award di tahun 1989.
(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Gimana kelanjutan karir Michael Jackson di era 90-an hingga akhir hayatnya… Simak lanjutan Time Tunnel: Michael Jackson (part II) besok..

Related posts

Leave a Reply