Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Michael Jackson (part II)
Time Tunnel

Time Tunnel: Michael Jackson (part II) 

PhotobucketDangerous [1991 – 1993]
Dangerous adalah album ke 8 yang dirilis oleh Jackson pada tanggal 26 November 1991. Berhasil menempati posisi nomer 1 di Billboard 200 album chart selama 4 minggu berturut2 dan terjual sebanyak 32 juta copy di seluruh dunia. Dangerous merupakan album favorit saya. Semenjak pertama kalinya melihat video klip Black or White yang ada Macaulay Culkin, saya sudah tertarik, baik dengan lagunya dan juga konsep videonya. Selain Black or White banyak juga konsep video klip yang saya suka dari album ini, yaitu Remember the Time yang bersettingkan kerajaan Egypt dan menampilkan model terkenal Iman, aktor Eddie Murphy dan pebasket Magic Johnson. Ada dua single yang mencapai sukses besar dr album ini yaitu Black or White yang berhasil menempati nomer satu do Billboard Hot 100 singles chart selama 7 minggu dan Remember the Time selama 8 minggu di Top 5 US kemudian menempati posisi 3 di Billboard Hot 100 singles chart. Di UK dan Eropa, hits terbesarnya adalah Heal the World yang terjual sebanyak 450.000 copy di UK dan bertahan selama 5 minggu di posisi 2 di tahun 1992.

PhotobucketHIStory: Past, Present and Future, Book I [1995 – 1999]
Album berikutnya yang dirilis oleh Jackson pada tanggal 16 Juni 1995 adalah sebuah dobel album yang diberi title HIStory: Past, Present and Future, Book I. Disc 1 berisikan 15 lagu2 Jackson yang pernah menjadi hits sementara Disc 2 berisikan 15 lagu2 baru. Single pertama yang dirilis dari album ini adalah duetnya dengan Janet Jackson, yaitu Scream sedangkan single ke 2 adalah You’re Not Alone yang diciptakan oleh R Kelly dan merupakan single terakhir Jackson yang berhasil menempati posisi 1 di US. Album ini dipromosikan dengan tour konser yang dinamakan HIStory World Tour yang dimulai tgl 7 September 1996 dan berakhir pada 15 Oktober 1997.

Kemudian di bulan Juni 1999, Jackson terlibat dalam berbagai kegiatan amal. Dia bergabung dengan Luciano Pavarotti untuk sebuah konser amal di Modena, Itali dimana konser tersebut diselenggarakan untuk membantu organisasi War Child [organisasi yang dibentuk untuk membantu para anak2 di daerah perang] dan berhasil mendapatkan jutaan dollar untuk pengungsi Kosovo. Selain itu masih di bulan yang sama, Jackson menyelenggarakan sebuah konser amal yang dinamakan Michael Jackson & Friends di Jerman dan Korea. Tujuan konser amal ini mengumpulkan dana yang kemudian disumbangkan untuk Nelson Mandela Children’s Fund, Red Cross dan UNESCO. Para artis yang ikut terlibat antara lain adalah Slash, the Scorpions, Boyz II Men, Luther Vandross, Mariah Carey, Andrea Bocelli dan Luciano Pavarotti.

PhotobucketInvincible [2000 – 2003]
Di bulan Oktober 2001, Jackson merilis Invincible setelah 6 tahun sejak terakhir dia merilis HIStory yang ternyata juga merupakan album terakhir sebelum dia meninggal. Sebelum album tersebut dirilis, diadakan sebuah konser untuk memperingati perjalanan karirnya selama 30 tahun di dunia musik, yaitu 30th Anniversary Celebration di Madison Square Garden pada bulan September 2001. Jackson tampil bersama dengan saudara2nya dalam satu panggung untuk pertama kalinya sejak tahun 1984. Artis lain yang ikut berpartisipasi dalam acara ini adalah Usher, Whitney Houston, ‘N Sync, Destiny’s Child, Monica, Luther Vandross, and Slash. Pasca penyerangan 11 September 2001, Jackson membantu mengorganisir konser amal United We Stand: What More Can I Give di RFK Stadium, Washington DC.

Album Invincible sendiri terjual sebanyak 13 juta copy di seluruh dunia dan menerima sertifikat double platinum di US tetapi meskipun demikian rata2 angka penjualan lebih rendah jika dibandingkan dengan album2 sebelumnya, hal ini disebabkan karena kurangnya promosi dan tidak ada tour. Hanya tiga single yang dirilis dari album ini yaitu You Rock My World, Butterflies dan Cry.

PhotobucketFinal Years [2009]
Pada bulan Maret 2009 Jackson mengadakan konferensi pers di O2 Arena di London untuk mengumumkan tentang konsernya yang diberi nama This Is It. Konser ini akan menajdi konser pertama kembalinya Jackson setelah konsernya yang terakhir di tahun 1997 yaitu HIStory World Tour dan sekalgus akan menajdi konser terakhirnya sebelum dia memutuskan untuk beristirahat dari dunia musik. Sebagai persiapannya untuk konser tersebut, Jackson melakukan latihan di Los Angeles selama beberapa minggu dengan dibantu oleh koreografer Kenny Ortega. Rencana awalnya konser ini akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2009 dan berakhir pada 6 Maret 2010 tetapi 3 minggu sebelum konser pertama dimulai di London dan setelah tiket semuanya sudah terjual, Jackson ditemukan telah meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009 di mansionnya di Los Angeles. Paramedik datang dan membantu mengembalikan denyut jantung Jackson karena dia tidak bernapas tetapi gagal dan pada akhirnya Jackson diberitakan telah meninggal dunia. Berita ini sungguh mengejutkan banyak orang terutama bagi para fans beratnya. Pemakaman Jackson diadakan pada tanggal 7 Juli 2009 di Staples Center, Los Angeles yang diawali dengan upacara private keluarga di Forest Lawn Memorial Park’s Hall of Liberty.
Setelah kematiannya, Jackson telah menjadi the best selling artist tahun 2009 di US yang sukses menjual lebih dari 8,2 juta album dan 31 juta album di seluruh dunia.Jackson telah pergi meninggalkan kita semua tetapi julukan the King of Pop akan tetap abadi di hati para penggemarnya sebagaimana semua hasil karya dan lagu2nya akan tetap terus dikenang dan tidak akan lekang oleh jaman.

Discography
• Got to Be There (1972)
• Ben (1972)
• Music & Me (1973)
• Forever, Michael (1975)
• Off the Wall (1979)
• Thriller (1982)
• Bad (1987)
• Dangerous (1991)
• HIStory: Past, Present and Future, Book I (1995)
• Invincible (2001)

(Lendy / CreativeDisc Contributors)
Single Michael Jackson apa yang paling kamu suka?

Related posts

Leave a Reply