Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Rick Astley
Time Tunnel

Time Tunnel: Rick Astley 

Photobucket

Pria yang bernama lengkap Richard Paul Astley yang lahir di Newton-Ie-Willows, Lanchasire, England ini lahir pada tanggal 6 Februari 1966 dan mengisi masa remajanya dengan bermain drums di beberapa band lokal di kotanya, salah satunya adalah Give Way yang menyanyikan lagu2 the Beatles dan the Shadows dan yang kedua adalah band yang memainkan musik soul bernama FBI. Di tahun 1985 Rick mulai sering manggung dengan FBI dan ketika lead singernya meninggalkan band tersebut, Rick ditawari untuk menggantikan posisinya dan tepat pada saat itu lah, Pete Waterman menyaksikan penampilan dia dan membujuknya untuk datang ke PWL studio di London. Selanjutnya dia dibimbing oleh trio producer SAW untuk mengembangkan karirnya di dunia musik.

Photobucket1980s – SAW Days [Whenever You Need Somebody & Hold Me In Your Arms]
Single pertamanya adalah duet bersama Lisa Carter yang berjudul When You Gonna, tetapi tidak menjadi hit. Penawaran lagu solo pertama untuknya adalah Never Gonna Give You Up pada tahun 1987 dan dirilis pada bulan Agustus di tahun yang sama. Suara Rick yang dalam, dandanan rapi dikombinasikan dengan gaya dance yang ringan santai, membuat publik langsung terkesan sehingga lagu tersebut dengan cepat langsung melejit, bertahan selama 5 minggu di tangga lagu British dan menjadi single terlaris di tahun 1987. Never Gonna Give You Up juga memenangkan kategori Best British single di BPI Awards (sekarang dikenal dengan Brit Awards). Lagu ini pernah dicover versionkan oleh beberapa artis kenamaan antara lain Ashley Tisdale di tahun 2008 dan juga Barry Manilow dalam albumnya yang berjudul the Greatest Songs of the Eighties. Single berikutnya adalah Whenever You Need Somebody yang dirilis pada bulan Oktober. Single ini aslinya adalah milik penyanyi bernama O’Chi Brown di tahun 1985 tetapi tidak menjadi hit dan setelah di cover versionkan oleh Rick ditahun 1987 yang sekaligus menjadi judul album pertamanya, lagu tersebut sukses di Eropa, menjadi number 1 hit termasuk di Jerman dan Swedia dan berhasil menduduki posisi 3 di UK. Sementara itu albumnya sendiri yang berjudul sama “Whenever You Need Somebody” berhasil terjual sebanyak 15,2 juta copy di seluruh dunia. When I Fall In Love, sebuah lagu lawas dari Nat King Cole dipilih sebagai single ke 3 dan berhasil menempati nomer 2 di tangga lagu UK selama 2 minggu kemudian single ke 4 dari debut albumnya adalah Together Forever di tahun 1988, berhasil menembus US Charts setelah Never Gonna Give You Up yang juga menjadikan Astley sebagai salah satu penyanyi British yang berhasil menembus pasar Amerika. Di tahun 1989 dia dinominasikan Grammy Awards untuk kategori Best New Artist tetapi kalah oleh Tracy Chapman. Single ke 5 yang juga merupakan single terakhir adalah It Would Take A Strong Strong Man, ballad single kedua setelah When I Fall In Love yang lebih bernuansa soul jika dibandingkan dengan ke 4 single terdahulunya karena ditujukan untuk pasar Amerika dan tidak dirilis di Britain.

Sebuah musibah kebakaran di kantor PWL menjadi penyebab tertundanya rilis album kedua Astley yang berjudul Hold Me In Your Arms karena sebagian besar materi lagu2nya ikut musnah dalam musibah tersebut. Album ini akhirnya dirilis pada bulan Januari 1989. Hubungan Astley dengan British media agak memburuk setelah Whenever You Need Somebody dirilis karena mereka menjulukinya “boneka” SAW. Single pertama dari album keduanya ini adalah She Wants to Dance With Me yang ditulis oleh Astley sendiri dan sukses mencapai posisi 6 di UK dan UK charts. Single keduanya adalah Take Me To Your Heart yang kembali ditulis oleh SAW dan single berikutnya adalah sebuah ballad yang diciptakan oleh Astley yaitu Hold Me In Your Arms, kemudian 2 single berikutnya adalah Giving Up On Love dan salah satu lagu lawas milik the Temptations yang berjudul Ain’t Too Proud to Beg.

Secara keseluruhan hampir sebagian besar lagu2 dari album pertama dan kedua Astley memang hampir mirip karena masih ditangani oleh SAW yang memang dikenal dengan lagu2 berirama synth pop khasnya, seperti yang bisa kita temukan dalam album pertama Sonia Evans (Everybody Knows), Bananarama (WOW, Please Yourself), Kylie Minogue (Kylie 1988, Enjoy Yourself), Jason Donovan (Ten Good Reasons, Between the Lines) dan msh banyak lagi yang lain. Mungkin bagi telinga orang awam yang bukan merupakan fans dari Astley, akan cepat bosan jikalau mendengarkan ke 2 album tersebut karena menurut saya pribadi dari segi kualitas musik dari album pertama tidak ada progress yang ditunjukkan di album keduanya, hampir seluruh lagu2nya mirip satu sama lain. Apakah karena sebab inikah yang menyebabkan Astley memutuskan untuk berpisah dari SAW? Let’s find out ..

Photobucket1990s [Free & Body and Soul]
Bulan Desember 1989, Astley mengumumkan world tour pertamanya yang mencakup 15 negara termasuk UK, US, Australia dan Jepang dan pada saat tour berakhir, Astley merasa lelah dengan pemberitaan negative British media sehingga muncul keinginan untuk bisa mengambil jalur lain sebagai musisi dan akhirnya dia berpisah dengan SAW dan RCA Records membeli kontraknya dengan PWL. Hal ini terjadi pada tahun 1990 dimana dia juga memutuskan untuk beralih haluan jalur musik dari synth pop ke soul. Karena itu pula album ke 3 nya diberi judul Free yang dirilis tahun 1991. Selain musik baru, penampilan Astley juga baru, setelah identik dengan tampang boy next door yang klimis dan rapi, di album ini dia tampil dengan penampilan yang sedikit lebih dewasa dengan rambut gondrongnya yang memperlihatkan bahwa musiknya juga berubah menjadi lebih dewasa. Salah satu singlenya yang bernuansa ballad, yang diciptakan oleh Astley sendiri bersama dengan alm Rob Fisher (mantan personil Climie Fisher), Cry For Help sukses besar dengan menempati posisi 7 di UK dan US. Pernah di cover versionkan juga oleh Thomas Anders (ex personil Modern Talking). Dua single lainnya dari album yang sama adalah Move Right Out dan Never Knew Love. Free menandakan akhir dari periode kesuksesan Astley dan Cry For Help menjadi single terakhirnya yang berhasil menempati Top 10 di UK dan US.

Album berikutnya yang juga merupakan album ke 4 Astley adalah Body and Soul yang dirilis pada tahun 1993, hanya dua single yang dirilis dari album ini yaitu the Ones You Love dan ballad “Hopelessly”. Bersamaan dengan dirilisnya album ini, Astley memutuskan untuk beristirahat sejenak dari dunia musik dan berkonsentrasi untuk mengurus keluarganya, dan hal ini pula yang menyebabkan album ini tidak banyak mendapatkan promosi dan bisa dikatakan album yang paling gagal dari ke 3 album sebelumnya. Secara pribadi album Body and Soul ini merupakan album favorit saya karena musiknya yang lebih bervariasi dan ada sentuhan jazzy terutama karena ada campur tangan Lisa Stansfield (Lisa adalah female vocalist fave saya yang ngetop dengan All Around the World dan jenis musiknya mixed between jazz, soul, dan juga r n b) dan Ian Devaney yang turut bekerjasama menciptakan dua lagu dalam album ini yaitu Enough Love dan Nature’s Gift

Photobucket2000 [Keep It Turned On & Greatest Hits]
Keep It Turned On dirilis hampir 10 tahun setelah Body and Soul pada tahun 2002 yang juga menandakan kembalinya Astley ke dunia musik. Hanya dua single yang dirilis dari album ini yaitu Keep It Turned On dan Sleeping. Tidak lama setelah Keep It Turned On, sebuah album Greatest Hits juga dirilis dan berhasil menempati posisi 16 di UK Albums Chart, terjual sebanyak 100.000 copy dan mendapat sertifikat Gold oleh BPI [British Phonographic Industry]. Pada bulan Maret 2005 Astley merilis album Portrait dimana dia meng cover versionkan lagu2 lawas antara lain They Long to Be Close to You milik the Carpenters, And I Love You So (Don Mc Lean) dan pernah dipopulerkan oleh Elvis Presley, Cry Me A River yang dipopulerkan oleh Julie London dll. Kemudian di tahun 2008 Astley tour dalam Here and Now Tour bersama sederetan artis tahun 80an yaitu Bananarama, Curiosity Killed the Cat, ABC, Cutting Crew dan Johnny Hates Jazz.

Di tahun 2010 Astley menjadi special guest dalam comedy tour nya Peter Kay [seorang komedian, penulis, produser, director dan juga aktor dari Inggris], The Tour That Doesn’t Tour Tour…Now On Tour, yang berlangsung dari 27 April sampai 22 May 2010. Untuk menandai event tersebut Astley merilis sebuah single yang berjudul Lights Out yang rencananya akan dirilis pada tanggal 7 Juni nanti. Apakah single baru ini akan bisa mengembalikan karir Astley di dunia musik ? We’ll see ..
(Lendy CA / CreativeDisc Contributors)

Discography
Studio Albums

1987 Whenever You Need Somebody
1988 Hold Me in Your Arms
1991 Free
1993 Body & Soul
2002 Keep It Turned On
2005 Portrait

Compilations Albums
2000 Together Forever – Greatest Hits and More…
2002 Greatest Hits
2003 Greatest Hits
The Best of Rick Astley – Never Gonna Give You Up
2004 Love Songs
Platinum & Gold Collection – Rick Astley
Artist Collection: Rick Astley
2006 Collections
2008 The Ultimate Collection
Playlist: The Very Best of Rick Astley

Related posts

Leave a Reply