Trending News

Blog Post

Album of The Day: Glee: The Music – Journey To Regionals
Album of The Day

Album of The Day: Glee: The Music – Journey To Regionals 

PhotobucketSetelah EP ‘The Power of Madonna’ yang menampilkan lagu-lagu yang ditampilkan pada episode 15 yang berjudul sama, maka ‘Journey to Regional’ menampilkan keseluruhan lagu yang ada pada episode pamungkas musim pertama, episode ke 22 yang berjudul ‘Regional’

Menampilkan 6 lagu, 3 lagu pertamanya adalah lagu lawas milik Journey, band era 70an yang terkenal dengan lagu-lagu bergaya power-ballad dan pop-rock-nya. Pemilihan hits dari kumpulan ini tentu bukan tanpa alasan. ‘Don’t Stop Believin’ adalah lagu yang bisa disebut sebagai anthem untuk New Directional, kumpulan Glee di serial ini. Pada awalnya, saat formasi New Directional hanya terdiri 6 orang saja, lagu inilah yang mereka bawakan. Dan kini, setelah mereka berformasi atas 12 orang dan tengah beradu di ajang regional, tentu saja ‘Don’t Stop Believin’ menjadi lagu yang sangat tepat untuk kembali dibawakan.

Ibarat nama band tersebut, Journey, maka perkembangan New Direction pun tak ubahnya sebuah perjalanan yang meski berliku, akan tetapi adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Maka, dalam penampilan mereka di pertandingan choir di tingkat regional, maka lagu-lagu Journey-lah yang mereka bawakan.

Lagu pertama adalah ‘Faithfully’, sebuah nomor power-ballad yang dibawakan dengan penuh perasaan yang mengharu-biru oleh Rachel (Lea Michelle) dan Finn (Cory Montheith).

Selanjutnya adalah mash-up ‘Any Way You Want It / Lovin’, Touchin’, Squeezin’ yang lebih nge-rock. Vokal disini lebih mengandalkan konsep choir, meski lead vocal masih ditangani oleh Rachel, Finn dan Puck (Mark Salling) dengan penambahan vokal untuk nada-nada tinggi oleh Mercedes (Amber Riley).

Kemudian masuklah ‘Don’t Stop Believin’, yang kali ini diisi juga oleh Puck Santana (Naya Rivera), Kurt (Chris Colfer) dan Mercedes sebagai lead-vocal, meski Rachel dan Finn tetap mendominasi. Hasilnya memang lebih gempita dan riuh dengan semangat. Sementara choir mendukung dengan sempurna kemegahan lagu.

Sebagai jeda, ada bonus dari saingan mereka, Vocal Adrenaline, yang membawakan ‘Bohemian Rhapsody’, nomor klasik milik Queen. Keunggulan mereka adalah vokal choir yang sangat padu dan intens. Akan tetapi kali ini mereka memberi jatah vokal solo yang diisi oleh bintang mereka, Jessie (Jonathan Groff). Secara aransemen tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi aslinya. Masih bergaya rockestra yang epik dan megah. Vokal Jessie sendiri cukup mampu mengisi ruh yang diperlukan oleh lagu ini.

Bonus berikutnya adalah sebuah persembahan manis dari New Direction untuk pembimbing mereka Mr. Will Scheuster (Mathew Morrison), ‘To Sir With Love’, sebuah hits klasik milik Lulu. Dengan penuh penghayatan, masing-masing personel memberikan kontribusi agar lagu menjadi semakin manis sekaligus menyentuh.

Ditutup dengan sempurna oleh hits legenda ‘Somewhere Over The Rainbow’ dari film Wizard of Oz. Kali ini ganti Mr. Schuester yang memberikan penampilan tribut untuk anak-anak didiknya. Dengan hanya diiringi oleh ukulele dan gitar akustik, lagu menjadi sangat indah dan kontemplatif, meski sebenarnya aransemen lagu ini menyetir dari versi Israel Kamakawiwo?ole, seorang musisi Hawaii terkenal yang kini telah tiada.

Maka, dengan adanya album ini, tuntaslah sudah Glee musim pertama. Dengan kekuatan musikalitas yang variatif dan mumpuni, maka saat ini serial dan album-albumnya adalah contoh nyata akan kecintaan akan musik itu sendiri.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST
01. Faithfully
02. Any Way You Want It / Lovin’, Touchin’, Squeezin
03. Don’t Stop Believin
04. Bohemian Rhapsody (featuring Jonathan Groff)
05. To Sir, with Love
06. Over the Rainbow

CD ini sudah direlease oleh Sony Music Indonesia seharga Rp.55.000,-

Related posts

Leave a Reply