Trending News

Blog Post

Album of The Day: K’Naan – Troubadour
Album of The Day

Album of The Day: K’Naan – Troubadour 

PhotobucketK’Naan, Rapper asal Somalia yang berdomisili di Kanada ini keluar dengan album keduanya yang sebenarnya dirilis pada tahun 2008. Namun seiring suksesnya dengan “Wavin’ Flag” yang menjadi anthem Coca Cola membuat album dan namanya semakin melambung sehingga Universal merilis album ini dengan label Champion Edition.

“T.I.A”adalah pembuka album ini,beat yang eksplosif dan ekletik dipadu dengan lirik yang ekspresif dan eksplisit seperti melihat catatan harian seorang pemuda di pinggira Afrika. Ada rasa M.I.A. sedikit disini. ”ABC’s”,dibuka dengan bunyi saxophone. Lagu ini mempunyai beat yang cepat dan rapat. Lagu ini masih menceritakan kehidupan Afrika yang keras. Beat yang dipakai bernuansa kedaerahaan. Disini dia ditemani Chubb Rock. ”Dreamer”, mempunyai beat yang cukup elektrik dengan tambahan sound dari efek gitar. Simak bait lirik lagu ini (“my country/the hottest place on earth right now”). ”Bang Bang” yang menampilkan pentolan Maroon 5 Adam Levine dibuka dengan bunyi drum dan petikan gitar. Musik ala Maroon 5 menjadi inti dari musik di lagu ini.K’naan bermain kata-kata di sini dengan sangat cepat. Vokal Levine menambah kualitas dan sense lagu ini,suasana dance lagu ini cukup kuat. Dia juga mengajak Damian Marley untuk berkolaborasi, speech dari anak bungsu Bob Marley membuka lagu ini. Nuansa reggae-fusion terus mengikuti lagu, pengaruh Damian sebagai seorang reggaeman sejati membuat track ini menjadi seperti itu. Gitaris Metallica, Kirk Hammet pun ikut diboyongnya di “If Rap Was Jealous”, hasilnya adalah sebuah track rap rock yang menyenangkan, sedikit chaoctic dan seru. Disini juga Kirk memainkan permainan gitarnya yang ciamik dan dahsyat.

”Wavin’ Flag”, bercerita tentang perjuangan, ketabahan, pengharapan dan kemenangan. K’naan membawa lagu ini dengan penuh perasaan dan mampu membawakan tema lagu ini secara baik dan inspiratif. Petikan gitarnya juga boleh dicoba. Suara K’naan yang seolah whispering dimunculkan di awal dan akhir lagu. Kini K’naan bercerita tentang awal dia berpindah-pindah negara di “Somalia”. Disini kita bisa melihat seorang K’naan yang bosan dengan lingkungan barunya dan ingin kembali Somalia,beatnya memadukan unsur oriental dan keetnikan sound Afrika. Mos Def dan Chali 2na menjadi teman K’naan di “America”,lagu yang mengandung lirik berbahasa Somalia ini unik (apalagi bagian a-ha di awal lagu). Vokal ketiganya soulful. Track ini mempunyai nuansa timur tengah dan mempunyai faktor greget dan unik di lagu ini. ”Fatima” adalah lagu rasa kangen dia terhadap seseorang dan mempertanyakan rasa cinta. Bermain di mid-tempo dan lagunya enak didengar juga nyaman di telinga.

”Fire In Freetown”, memunculkan musik Bollywood dengan backingan drum yang mumpuni. Jazzy and soulfully. ”Take A Minute”, dibawakan dengan nuansa ngeband. Vokal dia di bagian reff sayang untuk tidak didengar. ”15 Minutes Away”, bermain santai. Dan penutupnya “People Like Me”, lumayan downtempo dan slow. Sedikit merembet ke lagu perpisahan. Track bonusnya ada “Does It Really Matter” yang bertipe electro hop. Dan lagu remix Coca-Cola untuk lagu “Wavin’ Flag”, mengandalkan beat drum yang perkusif dengan nuansa lagu yang penuh semangat dan eksplosif. Jadi tidak heran jika lagu ini meledak di berbagai negara. Anthemic dan pas untuk event FIFA World Cup 2010.Ada juga remix lagu ini dari DJ handal David Guetta dan produser will.I.am. Versi remixnya hanya memperbaiki soundnya sehingga lebih elektrik. Ada juga versi Indonesia lagu ini bareng dengan Ipang.

Trobadour merupakan album yang special. Kenapa? Karena album ini berhasil membawa pesan yang bagus,tema social yang kuat dan inspiratif dibalut dengan segala pernak-pernik keetnisan musik Afrika. K’naan juga disini berani mengeksplor sound dan musiknya sehingga hasilnya menjadi hebat,unik,menghibur dan dashyat. Kekuatan dia mengeksplor musik Afrika yang unik dan ajaib menjadi nilai plus di album ini. Great album with great, unique and ethnic artist.
(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

1. “T.I.A.” – 3:39
2. “ABCs” (featuring Chubb Rock) – 3:10
3. “Dreamer” – 4:32
4. “I Come Prepared” (featuring Damian Marley) – 4:09
5. “Bang Bang” (featuring Adam Levine of Maroon 5) – 3:07
6. “If Rap Gets Jealous” (featuring Kirk Hammett of Metallica) – 3:40
7. “Wavin’ Flag” – 3:41
8. “Somalia” – 3:34
9. “America” (featuring Mos Def and Chali 2na) – 4:46
10. “Fatima” – 5:02
11. “Fire in Freetown” – 4:37
12. “Take a Minute” – 4:07
13. “15 Minutes Away” – 4:56
14. “People Like Me” – 6:17
Bonus Track:
15. Wavin’ Flag ft.Ipang
16. Wavin’ Flag Remix ft.will.i.am & David Guetta
17. Does it really matter

CD ini sudah direlease oleh Universal Music Indonesia!

Related posts

Leave a Reply