Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sia – We Are Born
Album of The Day

Album of The Day: Sia – We Are Born 

PhotobucketSia memang bukan orang baru dalam dunia musik Australia, tempat asalnya. Hanya saja dirinya mulai dikenal setelah hijrah ke Inggris dan merilis album solonya ‘Healing Is Difficult’. Salah satu lagu lawasnya ‘Breathe Me’ disertakan dalam episode penutup serial terkenal Six Feet Under dan peragaan busana Victoria Secret di tahun 2006. Perempuan ini jugalah yang ditelepon oleh Christina Aguilera atas saran sang suami untuk membantu pengerjaan album Bionic. Jadi tak heran jika Sia menulis 12 dari 13 lagu di album teranyarnya ini.

Bagaimana dengan album ‘We Are Born‘ ini? Sia menjelaskan kalau album ini berisi tentang hal-hal yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Ada lagu yang mengisahkan tentang pertengkaran, cinta, kehilangan, kesendirian dan terkucil. Memang sedikit kontradiksi dengan aroma musik yang cenderung lebih riang dalam balutan pop dance ala 80-an pada sebagian lagu-lagu di bagian album ini seperti ‘The Fight’ dan ‘Clap Your Hands’ atau ‘The Co-Dependent’. Tetapi kreativitas Sia sebagai penulis lagu tertuangkan dalam berbagai lapisan emosi maupun aroma musiknya sehingga album ini justru terasa dinamis. Dalam ‘Be Good To Me’ nan melankolis dalam aroma R&B, interpretasi vokal Sia yang fleksibel menunjukkan kekuatannya sebagai seorang vokalis. Sementara dalam ‘Hurting Me Now’ kontradiksi antara beat dan liriknya serta interpretasi vokal Sia yang datar menjadi satu kesatuan antara satir nan getir yang menarik. Lirik pada bagian reffreinnya sendiri terasa begitu mendalam sehingga cocok untuk mereka yang mengalami kondisi KDRT.

You’re hurting me now you take me down and you don’t even notice
You’re think it’s a joke but baby don’t, you don’t even notice

Sebagai penulis lagu, lirik-lirik Sia memang tidaklah sangat istimewa dengan permainan metafora seperti Florence Welch ataupun kelugasan dengan humor tak terduga seperti Macy Gray. Tetapi setiap liriknya berhasil mengungkapkan pengalaman emosi yang umum terjadi yang dapat kita hubungkan dalam pengalaman pribadi kita masing-masing. Dengarkan ‘I’m In Here’, cermati liriknya dan kita pasti mengerti apa yang diungkapkan Sia pasti pernah menimpa kita setidaknya sekali.
Jika dibagian awal album, lagu-lagu Sia cenderung lebih upbeat maka di bagian akhir lagu-lagunya cenderung lebih lembut. Sebagai penutup Sia dengan sukses menginterpretasikan ulang lagu Madonna ‘Oh Father’. Aransemen dan interpretasi Sia berhasil membuat lagu klasik ini seakan lagu baru yang berbeda dengan versi Madonna.

‘We Are Born’ dengan semangat bermain-main yang riang ria dari Sia memang layak untuk dimasukkan dalam koleksi dengaran Anda.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “The Fight” Sia Furler, Dan Carey 3:39
2. “Clap Your Hands” Sia, Samuel Dixon 3:58
3. “Stop Trying” Sia, Greg Kurstin 2:40
4. “You’ve Changed” Sia, Lauren Flax 3:11
5. “Be Good to Me” Sia, Jesse Graham, Simon Katz 3:56
6. “Bring Night” Sia, Kurstin 2:57
7. “Hurting Me Now” Sia, Kurstin 3:26
8. “Never Gonna Leave Me” Sia, Kurstin 3:34
9. “Cloud” Sia, Dixon 3:43
10. “I’m in Here” Sia, Dixon 3:41
11. “The Co-Dependent” Sia, Kurstin 2:55
12. “Big Girl Little Girl” Sia, Henry Binns 4:18
13. “Oh Father” Madonna, Patrick Leonard 4:29
14. “I’m in Here (Piano Vocal Version)” Sia, Dixon 3:46

Related posts

Leave a Reply