Trending News

Blog Post

Album of The Month: Eminem – Recovery
Album of The Day

Album of The Month: Eminem – Recovery 

PhotobucketSetelah comebacknya dengan album Relapse tahun lalu, kini Eminem kembali dengan album ketujuhnya yaitu “Recovery”. Album ini sudah debut di posisi 1 dengan penjualan sebanyak hampir 750 ribu kopi di minggu pertamanya. Dan di “Recovery”, Eminem masih tetap mempertahankan gaya rapnya dengan lirik yang controversial, unik, meledek dan lucu.

Track pembuka “Cold Wind Blows”, mempunyai beat yang seru dengan lirik yang kocak. Nah, jika Mariah pernah mengejek dia di “Obsessed” gantian dia yang meledek Mariah. Itu tertuang di lirik “But take a look at mariah the next time I inspire you to write a song, cmon”. Dan dengan kocaknya dia menyentil tentang auto-tune juga. Di “Talkin’ 2 Myself” dia menyentil Kanye West dan Lil Wayne (yang lucunya akan menjadi teman kolaborasinya di salah satu lagu di album ini). Dia juga meminta maaf pada fansnya atas “kesalahannya” di dua albumnya sebelumnya. Vokal Kobe di awal amat sangat bertenaga dengan beat yang dipenuhi oleh riff gitar dan ketukan drum yang cukup minimalis. Mr.Marshall menyinggung tentang kritik yang terus diterimanya dalam “On Fire”. Dengan beat hip hop yang aman.

Beat drum menjadi highlight di track “Won’t Back Down” (feat. Pink) yang cukup menggairahkan dengan vokal Pink di bagian chorus yang rocking. “W.T.P” yang merupakan kepanjangan White Trash Party adalah track hip hop pada umumnya kamu dengar di 50 Cent dan artis-artis hip hop lainnya. Di “Going Through Changes” cukup santai dengan gitar akustik sebagai beat dasarnya, dia bercerita tentang ketergantungannya akan narkoba. ”Not Afraid” adalah lagu yang tematik, lirik terbaik lagu ini bisa kalian temukan di bagian chorusnya. Lagu yang debut di nomor 1 di Amerika ini sedikit ada rasa Drake (faktor produser Boi-1-da barangkali menjadi alasannya karena dia banyak sekali memproduseri karya Drake). ”Seduction”, sedikit sarkastik. Beatnya terasa mengulang lagu-lagu sebelumnya. “No Love” mengajak Lil Wayne berkolaborasi. Lagu ini upbeat dan enak untuk didengar. Lil Wayne mengeksekusi verse awal dengan baik. Dia tak mempedulikan omongan orang dan menganggap dirinya paling hebat di track ini. Nice collaboration. Sebuah lagu yang didekasikan untuk pembencinya.

Kunci dari track “Cinderella Man”adalah keupbeatannya dengan rap yang bertenaga. Vokal cewek yang husky di “25 To Life” yang sendu membuka lagu ini. Cukup catchy untuk didengar. Pengaruh Dr.Dre sangat ketara di “So Bad” . Pembuka di “Almost Famous” adalah suara whisper yang menyeramkan (saya paling suka vokal di bagian reff waktu dia menyanyikan “Be careful, what you wish for!”). Rapnya Eminem penuh amarah dengan nuansa lagu yang cukup suram. Lirik yang cukup kocak tertulis di sini “Ya’ll are Eminem backwards, you’re menime’s”. That’s Slim Shady shows his music.

Dia mengajak Rihanna berkolaborasi di “Love The Way You Lie”, semua pasti setuju jika lagu ini easy listening dan catchy. Apalagi vokal Rihanna yang sendu dan menyentuh. Tidak heran kalau single ini memuncaki Billboard Hot 100. Tema lagu ini sendiri menceritakan tentang hubungan cinta yang sudah rusak. Sedikit juga mengingatkan akan “Stan”. “Space Bound”, menceritakan kecintaan Eminem terhadap musik Hip-Hop dengan nuansa ballad. Di dalam musik ini masih saja dia memasukkan lirik “Love is evol, spell it backwards, I’ll show ya”. “You’re Never Over”, mempunyai arsiran reggae fusion dengan tambahan sound keyboard dan beat ala penyanyi r&b/pop. Dan hidden tracknya “Untitled” yang mengingatkan akan album Eminem sebelumnya.

Kali ini Slim Shady bercerita tentang cinta yang tak pernah dilandasi rasa suka,hidup penuh frustasi, soal dua album sebelumnya yang hancur dan menyinggung beberapa artis.Sisipan di setiap liriknya juga kocak dan cukup lucu. Album ini cukup minimalis dari segi beat dan sound, tapi pesan yang disampaikan sampai ke telinga pendengarnya dalam waktu yang cukup lama.
(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Cold Wind Blows” Marshall Mathers, J. Smith, S. Byrne, H. Marsh, J. Perry, C. Synge Just Blaze 5:04
2. “Talkin’ 2 Myself” (featuring Kobe) M. Mathers, K. Rahman, P. Injeti, B. Honeycutt DJ Khalil 5:00
3. “On Fire” M. Mathers, D. Porter, C. Wilson, L. Wilson, R. Wilson Mr. Porter 3:34
4. “Won’t Back Down” (featuring Pink) M. Mathers, K. Rahman, E. Alcock, L. Rodrigues, C. Smith DJ Khalil 4:26
5. “W.T.P.” M. Mathers, L. Resto, D. Chin-Quee, J. Gilbert Supa Dups, JG (co.), Eminem (add.) 3:58
6. “Going Through Changes” M. Mathers, E. Heynie, J. Osbourne, A. Iommi, W. Ward, T. Butler Emile 4:59
7. “Not Afraid” M. Mathers, L. Resto, M. Samuels, J. Evans, M. Burnett Boi-1da, Jordan Evans (add.), Matthew Burnett (add.), Eminem (add.) 4:08
8. “Seduction” M. Mathers, M. Samuels, M. Burnett, S. Jordan Boi-1da, Matthew Burnett (add.) 4:35
9. “No Love” (featuring Lil Wayne) M. Mathers, D. Carter, J. Smith, D. Halligan, J. Torello Just Blaze 5:00
10. “Space Bound” M. Mathers, J. Scheffer, S. McEwan Jim Jonsin 4:39
11. “Cinderella Man” M. Mathers Script Shepherd 4:39
12. “25 to Life” M. Mathers, K. Rahman, L. Rodrigues, D. Tannenbaum DJ Khalil 4:02
13. “So Bad” M. Mathers, A. Young, M. Batson, D. Parker, T. Lawrence, S. Cruse, N. Brongers Dr. Dre, Nick Brongers 5:25
14. “Almost Famous” M. Mathers, K. Rahman, L. Rodrigues, E. Alcock. P. Injeti, D. Tannenbaum DJ Khalil 4:53
15. “Love the Way You Lie” (featuring Rihanna) M. Mathers, A. Grant, H. Hafferman Alex da Kid 4:23
16. “You’re Never Over” M. Mathers, J. Smith, M. Mainieri Jr., G. McMann Just Blaze 5:06

ps. Album ini sudah direlease oleh Universal Music Indonesia!

Related posts

Leave a Reply