Concert Review - Slash

Oleh: welly - 08 Aug 2010

PhotobucketSlash berdiri di Jakarta. Itu benar. Ribuan orang yang memadati Istora Senayan, Selasa (3/8) malam itu, menjadi saksi kebenaran tersebut. Bukan hanya dibuat ragu bahwa itu bukanlah sebuah mimpi, mereka pun dibuat histeris berkali-kali oleh aksi sang gitaris terbaik nomor dua di dunia versi Time Magazine.

Sebelum Slash, panggung megah dengan tata cahaya indah itu diinjak oleh All Indonesian Rock Star (AIRS); band pembuka yang berisi musisi-musisi Indonesia ternama. Sebut saja: Candil (eks-Seurieus), Anji (Drive), Yoyo (Padi), Andi (/rif), Abdee Negara (Slank), Thomas Ramdhan (Gigi), Sandy Andarusman (Pas), John Paul Ivan (eks-Boomerang), dan Baron. Mereka memanaskan suasana dengan membawakan beberapa lagu, di antaranya: “Gadis Extravaganza” milik Boomerang, “Ku Tak Bisa” kepunyaan Slank, “Sobat” lagu dari Padi, serta dua lagu /rif “Lo toe ye” dan “Radja”. Penonton dibuat terhibur oleh penampilan para bintang rock Indonesia ini.

Selang beberapa menit setelah penampilan AIRS usai, histeria massa hebat terjadi. Intro lagu “Ghost” terdengar begitu megah, dan Slash berdiri di sana. Tidak ada Axl tentu saja; sebab nyatanya ini bukan pertunjukan Guns N’ Roses. Tapi mereka tidak terganggu dengan kenyataan itu. Terbukti, ketika Slash (lead gitar), Myles Kennedy (vokal), Boby Schneck (gitar rhythm), Todd Kerns (bas), dan Brent Fitz (drum) membawakan lagu-lagu dari band yang memiliki debut album Appetite for Destruction itu—seperti: “Nightrain”, “Civil War”, “Rocket Queen”, “Sweet Child O’ Mine”, dan “Paradise City”—mereka ikut bernyanyi dan melompat-lompat mengikuti beat seakan tidak mau peduli pada apapun.

Bukan hanya lagu-lagu milik Guns N’ Roses, Slash dan kawan-kawannya malam itu membawakan empat lagu dari Velvet Revolver; “Dirty Little Thing”, “Fall to Pieces”, “Suckertrain Blues”, dan “Slither”. Juga satu nomor milik Slash’s Snakepit, “Beggars & Hangers-On”, dan lagu “Rise Today” dari Alter Bridge; band Myles Kennedy. “Kalian ini gila, tahu tidak?” gurau Myles Kennedy kepada para penonton, lantaran masih meminta encore setelah tujuhbelas lagu dimainkan. Yang disebut ‘gila’ tentu saja malah bersorak senang.

Namun, konser malam itu tidak dapat disebut konser Slash jika lagu-lagu dari album solonya, yang baru saja rilis tahun ini, tidak dibawakan. Lagu-lagu seperti “Ghost”, “Back From Cali”, “Nothing to Say”, “Watch This”, dan “By the Sword”, pun memperoleh respon yang sama gilanya dari penonton.

Slash & Friends, yang didatangkan oleh Mahaka Entertainment, memainkan sebanyak 19 lagu malam itu. Dan hebatnya nyaris tanpa istirahat. Kita juga masih bisa melihat akurasi dan presisinya dalam memainkan melodi; serta menyaksikan gaya jingkrak-jingkraknya yang lucu itu, seraya jemarinya tetap patuh pada fret-fret gitar. Menyaksikan Slash secara hidup sudah barang tentu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang hadir malam itu; khususnya yang di awal era ‘90an sudah mulai memasang poster Guns N’ Roses di tembok kamarnya. Jadi siapa yang meletakkan huruf S di dalam ‘Sweet Child O’ Mine’?

Review oleh Rama Wirawan, Urgensi

Photo Courtesy of Lia Supriyadi

01. Ghost - taken from “Slash” album

02. Mean Bone - taken from “Ain’t Life Grant” album (Slash’s Snakepit)

03. Night Train - taken from “Appetite For Destruction” album (Guns N’ Roses)

04. Dirty Little... Thing - taken from “Contraband” album (Velvet Revolver)

05. Back From Cali - taken from “Slash” album

06. Beggars & Hangers-On - taken from “It’s Five O’Clock Somewhere” album (Slash’s Snakepit)

07. Civil War - taken from “Use Your Illusion II” album (Guns N’ Roses)

08. Rocket Queen - taken from “Appetite For Destruction” album (Guns N’ Roses)

09. Fall To Pieces - taken from “Contraband” album (Velvet Revolver)

10. Sucker Train Blues - taken from “Contraband” album (Velvet Revolver)

11. Nothing To Say - taken from “Slash” album

12. Starlight - taken from “Slash” album

13. Watch This - taken from “Slash” album

14. Slash's Solo

15. Theme from Godfather

16. Sweet Child O'Mine - taken from “Appetite For Destruction” album (Guns N’ Roses)

17. Rise Today - taken from “Blackbird” album (Alter Bridge – Miles Kennedy’s band)18. Slither - taken from “Contraband” album (Velvet Revolver)

Encore

19. By the Sword - taken from “Slash” album

20. Paradise City Queen - taken from “Appetite For Destruction” album (Guns N’ Roses)

welly
More from Creative Disc