Time Tunnel: Aaliyah

Oleh: welly - 05 Aug 2010

Photobucket16 Januari 1979

Aaliyah lahir di Brookly, New York sebagai anak bungsu dari pasangan Diane dan Michael Haughton. Keluarga ini pindah ke Detroit saat Aaliyah berusi 5 tahun. Darah seni Aaliyah datang dari sang ibu yang merupakan seorang vokalis. Aaliyah adalah keponakan dari Gladys Knight, setelah menikah dengan sang paman, Barry Hankerson. Ini juga sebagai pelicin karir Aaliyah di industri musik, karena dia juga sudah mengikuti sang bibi di usia yang masih 11 tahun. Keberhasilan itu diraihnya di usia 12 tahun, saat sang paman berhasil mendapatkan kontrak rekaman untuknya bersama Blackground Records. Dari sini Aaliyah digiring untuk dikenalkan ke seorang produser R&B kenamaan, R. Kelly. Dari sini lahirlah rekaman "Age Ain't Nothing But A Number" sebagai slogan yang sangat identik dengan Aaiyah di awal karirnya.

Photobucket13 Juni 1994

Album pertama Aaliyah "Age Ain't Nothing But A Number" akhirnya dirilis. Berisi 14 track, Aaliyah menyanyikan lagu-lagu yang kebanyakan ciptaan R. Kelly tersebut dengan teknik falsetto. Dari album inilah single 'Back & Forth' dan 'At Your Best' hadir sebagai 2 dari 4 lagu Aaliyah yang berhaisl menembus 10 besar tangga lagu di Amerika. Dan setelah ini, hubungan antara Aaliyah dan R. Kelly melanjut ke jenjang pernikahan. 31 Agustus 1994 adalah tanggal pernikahan mereka. Bertempat di Sheraton Gateway Suites di Rosemont, Illinois, dalam sertifikat pernikahan mereka tercantum angka 18 pada usia Aaliyah, padahal kala itu dia masih berusia 15. Oleh orangtuanya, kejadian ini dilaporkan. Tapi pasangan tersebut masih menjalankan kehidupan menyangka pernikahan yang pernah mereka lakukan.

27 Agustus 1996

Album kedua Aaliyah yang berjudul "One In A Million" dirilis. Tak ada campur tangan R. Kelly dalam pengerjaan album ini, berhubung Aaliyah juga sudah cabut dari Jive ke Atlantic. Tapi nama Timbaland yang mendominasi kerjasama dalam album ini. Dari 17 track yang ada, paling tidak ada 9 lagu yang dikerjakan bersama, 2 di antaranya melampirkan Timbaland sebagai fatured artists. Selain Timbo, ada juga Missy Elliott, Rodney Jerkins, Jermaine Dupri, dan Darryl Simmons. Dari album inilah single 'Got To Give It Up', 'One In A Million', dan 'Come Over' keluar. Album ini juga menjadi salah satu album paling berpengaruh di genre musik R&B dalam dekade 90'an. Selain itu, Aaliyah juga menyumbangkan suaranya untuk soundtrack film aminasi Anastacia di lagu 'Journey To The Past' yang dinominasikan dalam Oscar di tahun 1998. Aaliyah juga tampil membawakan lagu tersebut dalam perhelatan terbesar insan perfilman Hollywood tersebut, yang kemudian melabelinya sebagai penyanyi termuda yang pernah tampil di acara tersebut.

Photobucket17 Juli 2001

Bersama EMI/Virgin Aaliyah merilis album "Aaliyah" dengan single pertamanya 'We Need A Resolution' yang menampilkan Timbaland di dalamnya. Sebelumnya, Aaliyah tampil bareng Jet Li di film Romeo Must Die sekaligus menyanyikan 4 lagu untuk soundtracknya. Enggak tanggung-tanggung, single 'Try Again' berhasil mengantarkan Aaliyah memenangkan 2 moon man sekaligus untuk Best Female Video dan Best Video From A Film di MTV Video Music Awards tahun 2000. Aaliyah juga mendapat nominasi Grammy untuk kategori Best Female R&B Vocalist berkat single ini. Sayangnya, selang sebulan dari perilisan album ini, Aaliyah meninggal dunia. Video 'Rock The Boat' dan 'More Than A Woman' ditayangkan setelah kematiannya.

Photobucket25 Agustus 2001

Aaliyah dan kru telah menyelesaikan syuting untuk video klip 'Rock The Boat' di Kepulauan Bahama. Mereka yang seharusnya mengadakan perjalanan pulang di tangal 26 Agustus memutuskan untuk kembali ke Amerika secepatnya setelah pengampilan gambar lebih cepat selesai dari yang telah dijadwalkan. Aaliyah, Luis Morales II (pilot), Eric Forman (penata rambut), Anthony Dodd, Scott Gallin (secutiry), Douglas Kratz (produser video), Christopher Maldonado (stylist), Keith Wallace dan Gina Smith (staff Blackground Records) berada dalam satu pesawat Cessna 404 yang naasnya mengalami kecelakaan setelah berada 60 m dari landasan. Tidak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Dan diketahui bahwa penyebab dari kecelakaan yang merenggut nyawa sang bintang itu adalah kelebihan beban. Cessna tak sanggup membawa 9 orang dan seluruh peralatan syuting di dalamnya. Dan pada tanggal 31 Agustus upacara pemakaman Aaliyah dilaksanakan di gereja Saint Ignatius Loyola di New york yang dihadiri oleh sekitar 800 pelayat. 22 ekor burung merpati diterbangkan melambangkan setiap tahun kehidupan yang telah Aaliyah jalani. Banyak kontroversi yang terjadi pasca kematian tersebut. Orang tuanya menuntut pihak penerbangan yang ternyata diketahui bahwa pilot Morales tidak terdaftar di Federal Aviation Administration. Barry & Sons, Inc. sebagai pihak promotor juga menuntut Instinct Productions LLC yang disewa untuk pengerjaan video klip 'Rock The Boat'.

PhotobucketPasca meninggal

MTV Video Music Awards di tahun 2001 menggelar penghormatan kepada Aaliyah. Dihadiri oleh Janet, Missy Elliott, Timbaland, Ginuwine, dan Rashad, kakak Aaliyah. Hal lain yang terjadi setelah meninggalnya Aaliyah adalah album "Aaliyah" melaju ke puncak Billboard Hot 200 albums. Film kedua dan terakhir Aaliyah Queen Of The Damned dirilis di 22 Pebruari 2002. Di tahun 2003, VH1 memasukkan nama Aaliyah dalam daftar The Top 40 Women of the Video Era dan 100 Artis Terseksi. BET juga memasukkan nama Aaliyah di posisi 18 dalam daftar 25 Penari Terbaik Sepanjang Masa. Di akhir dekade 2000-an, majalah Billboard memasukka namanya di ranking 70 dalam daftar Top Artists of the Decade, berikut album "Aaliyah" sebagai album nomor 181 dalam 200 Albums of the Decade. Album kompilasi "I Care 4 U" di yang berisi 17 lagu terbaik dari Aaliyah. Single 'Miss You' sebagai single andalannya berhasil berada di posisi 3 Billboard Hot 100 Singles. Banyak artis yang gabung dalam pengambilan gambar untuk video ini, ber-lip sync ke setiap lirik yang dinyanyikan Aaliyah. DMX, Missy Elliott, La-La, Lil' Kim, Tweet, Jamie Foxx, Queen Latifah, Toni Braxton, Tank, Rosario Dawson, U-God of the Wu-Tang Clan, AJ Calloway, Free, Quddus, Nick Cannon, Playa, Dallas Austin, Big Tigger, Ananda Lewis, Laz Alonson, Elise Neal, Timbaland, Montel WIlliams, Jahein, JD Williams, Quincy Jones, Andre Royo, Eric B & Rakim, dan Static Major. Proyek film yang sudah dicanangkan untuknya juga harus digantikan. Seperti Honey, dimana Jessica Alba menggantikan peran tersebut. Perannya dalam trilogi The Matrix juga harus digantikan oleh aktris Nona Gaye, tapi adegan yang sempat dia syut untuk The Matrix Reloaded dimunculkan dalam seri Matrix Ultimate Collection. She was the Princess of R&B.

(Ai Hasibuan/ CreativeDisc Contributors)

Discography:

Studio albums

* Age Ain't Nothing but a Number (1994)

* One in a Million (1996)

* Aaliyah (2001)

Compilation albums

* I Care 4 U (2002)

* Ultimate Aaliyah (2005)

welly
More from Creative Disc