Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Jason Donovan
Time Tunnel

Time Tunnel: Jason Donovan 

Neighbours
Jason lahir pada tanggal 1 Juni 1968 di Malvern, Melbourne dari pasangan Terence Donovan dan Sue McIntosh. Awal karir Donovan dimulai sejak pertama kali dia tampil di televisi dalam acara drama seri Australia yang berjudul Skyways sebagai bintang tamu dan masih berusia 11 tahun. Kemudian dia juga tampil dalam film seri I Can Jump Puddles sebelum menjadi tenar di tahun 1986 setelah tampil dalam opera sabun Neighbours sebagai Scott Robinson. Dia hanya 3 tahun bermain dalam Neighbours sebelum akhirnya keluar pada tahun 1989. Dalam Neighbours pula Donovan bertemu dengan Kylie Minogue, yang nantinya juga akan menjadi partner duetnya dalam lagu Especially For You dan bahkan sempat berpacaran juga.

Photobucket1989 – 1990 [Ten Good Reasons & Between the Lines]
Di tahun 1988, setahun sebelum keluar dari Neighbours, Donovan mengikuti jejak Kylie dengan menandatangani kontrak rekaman dengan Mushroom Records di Australia dan PWL di UK. Single pertamanya di UK yang berjudul Nothing Can Divide Us dirilis pada tahun 1988, ditulis dan diproduseri oleh trio SAW [Stock, Aitken, Waterman] berhasil menempati posisi 5 di UK, dan nomer satu di Hongkong dan Jepang. Single berikutnya adalah Especially For You yang dinyanyikan secara duet bersama Kylie Minogue, dirilis bulan Desember 1988. Berhasil mencapai posisi 1 di bulan Januari 1989 setelah menghabiskan 4 minggu di posisi 2 di UK. Kesuksesan single ini juga dipengaruhi oleh peran mereka sebagai pasangan yang romantis dalam drama seri Neighbours yang berhasil memikat banyak pemirsa TV pada waktu itu dan juga mereka berdua berpacaran pada rentang waktu 1988 sampai 1989 setelah single tersebut dirilis. Too Many Broken Hearts dan sebuah lagu daur ulang milik Brian Hyland “Sealed With A Kiss” adalah dua single yang dirilis setelah Especially For You dan semuanya termuat dalam debut albumnya yang berjudul Ten Good Reasons dirilis tahun 1989. Setahun kemudian, album kedua Donovan dirilis yang berjudul Between the Lines. Masih diproduseri oleh SAW dan berhasil menempati posisi nomer 2 di UK charts. Album ini memuat 5 singles yang berhasil masuk ke Top 30, yaitu When You Come Back to Me, Hang On to Your Love, Another Night, Rhythm of the Rain [sebuah lagu lama yang dulu pernah dipopulerkan oleh the Cascades], dan I’m Doing Fine. Untuk mendukung kesuksesan penjualan album ini, Donovan menggelar national UK & Ireland Tour yang dimulai pada bulan Juni 1990. Album ini pula yang menandai berakhirnya kerjasama antara Donovan dan SAW. Setahun kemudian dia ikut ambil bagian dalam drama musikal Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat

Photobucket1991 – 1993 [Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat & All Around the World]
Donovan ambil bagian dalam drama musikal Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat pada tahun 1991 dan salah satu lagu yang dinyanyikan olehnya untuk drama tersebut berjudul Any Dream Will Do yang berhasil menjadi UK number 1 track selama 2 minggu pada bulan Juni 1991. Donovan akhirnya keluar dari team drama tersebut dengan alasan kelelahan yang kemudian posisinya diganti oleh presenter TV, Philip Schofield. Album ketiganya yang diberi judul All Around the World dirilis pada tahun 1993 dibawah label Polydor Records dan merupakan album pertamanya setelah dia berpisah dari SAW. Single andalannnya adalah Mission of Love, As Time Goes By dan All Around the World tetapi sayangnya album ini kurang sukses dan gagal masuk ke jajaran Top 20 dan bahkan tidak dirilis di Australia. Karena ketidaksuksesan ini jugalah yang membuat Donovan dipecat dari Polydor Records dan album ini jugalah yang menandai akhir dari karirnya sebagai pop star.

1995 – 2006 : Drugs & Fatherhood
Donovan akhirnya mengakui kalau di tahun 1995 dia mempunyai kecanduan serius dengan obat-obatan dengan menelan sekitar 2 gr kokain tiap harinya. Dia dilarikan ke rumah sakit ketika menghadiri pesta ulang tahun Kate Moss di Viper Room, Los Angeles. Donovan mengakui bahwa di tahun 1999 terkadang dia masih menggunakan kokain meskipun tidak sesering dulu dan abaru benar2 bisa berhenti dari kecanduan di tahun 2000 setelah anak pertamanya lahir dari istrinya yaitu Angela Malloch. Anak keduanya, yaitu Jemma lahir di bulan Maret 2000, semenjak itulah dia benar2 bersih dari masalah obat-obatan sehingga Donovan memutuskan untuk kembali kembali berakting di panggung dan televisi, antara lain dia mendapatkan peran dalam drama televisi di Australia, MDA (Medical Defence Australia). Kemudian di tahun 2004 dia termasuk dalam jajaran pentas musikal Chitty Chitty Bang Bang di London Palladium dan di bulan Januari 2006 dia ikut membintangi tour UK drama musical Sweeney Todd karangan Stephen Sondheim sebelum akhirnya kembali ke Melbourne untuk berperan dalam drama yang berjudul Festen. Donovan juga ikut serta dalam salah satu episode reality show I’m a Celebrity… Get Me Out of Here! di tahun 2006 dan selesai pada tahap ke 3.

Photobucket2007 – 2009 : Back to Singing
Pada bulan Juli 2007 Donovan tampil menyanyikan medley dari drama musikal Joseph bersama aktor lain, Donny Osmond dan Lee Mead dalam acara Concert For Diana kemudian di bulan September 2008, dia tampil di Tesco, Welwyn Garden City, Hertfordshire untuk mempromosikan album barunya yang dirilis pada tanggal 10 November 2008. Saat ini Donovan juga mempunyai acara radio rutin yang dibawakannya sendiri yaitu Sunday Night with Jason Donovan dan di tahun 2009 mulai tampil dalam iklan televisi makanan supermarket bersama Kerry Katona dan Coleen Nolan

Albums
1989 Ten Good Reasons
1990 Between the Lines
1991 Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat (Cast Recording)
1991 Greatest Hits
1993 All Around the World
1998 The Rocky Horror Show (Cast Recording) –
2006 Greatest Hits
2008 Let It Be Me

Official Website Jason Donovan
(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply