Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Kavana
Time Tunnel

Time Tunnel: Kavana 

PhotobucketCowok yang mempunyai nama asli Anthony Kavanagh ini lahir pada tanggal 4 November 1977 di Moston, Manchester, England, selain penyanyi dia juga penulis lagu dan aktor. Kesuksesan pertamanya dimulai pada bulan Mei 1996 setelah dirilis debut singlenya yang berjudul Crazy Chance yang diciptakan oleh salah satu member Take That yaitu Howard Donald. Pertama kali denger lagu ini juga langsung suka, mengena di kuping terutama karena Kavana ini memang cute banget dan langsung saja saya mencari debut albumnya yaitu self titled, Kavana. Album ini dirilis di tahun 1997 dan mendapatkan sertifikat Gold karena terjual lebih dari 100.000 copy hanya di UK. Dari 12 lagu yang terdapat di album pertamanya ini 9 lagu diciptakan oleh Kavana sendiri sementara 3 lainnya diciptakan oleh Howard Donald yaitu debut singlenya Crazy Chance, kemudian lagu daur ulang milik Shalamar yang berjudul I Can Make You Feel Good dan MFEO yang ditulis oleh Kennedy/Sheyne dimana kedua lagu tersebut juga termasuk dalam Top 10 Smash Hit singles. Di akhir tahun 1997 Kavana dianugerahi Best Male Artist 1997 oleh Smash Hits Magazine. Secara keseluruhan album pertamanya ini cenderung lebih ke pop R n B dan ada dua lagu favorit saya, yaitu I Can Make You Feel Good dan Wait For the Day.

PhotobucketAlbum berikutnya yang diberi judul Instinct dirilis menjelang akhir tahun 1998, Kavana menghabiskan waktu beberapa bulan di Italy untuk mengerjakan album ini. Berbeda dari album pertamanya, kali ini keseluruhan lagu dikerjakan oleh Kavana dan the Absolute production team yang terdiri dari Paul Wilson dan Andy Watkins. Sebagai catatan, team ini sudah pernah bekerjasama antara lain dengan Spice Girls, Gary Barlow, S Club 7, Boyzone, dll. Single pertama dari album ini adalah Special Kind of Something yang berhasil masuk ke Top 10 pada bulan Agustus dan Kavana menghabiskan waktu 6 bulan untuk mempromosikan 2 single berikutnya yaitu Funky Love dan ballad Will You Wait For Me. Album ini direncanakan untuk dirilis di UK pada bulan April 1999 tetapi dicancel oleh Virgin Records dan dia di drop dari label tersebut. Secara keseluruhan album keduanya ini lebih terdengar pop dan nuansa r n b seperti yg tampak di album pertamanya hilang sama sekali, saya pribadi lebih suka dengan Instinct karena lagu-lagunya lebih pas didengerin di kuping saya. Di Asia, Kavana juga laris manis, di Jepang, Taiwan bahkan di Indonesia dirilis album the Best nya yang diberi judul Thank You : Greatest Hits pada tahun 1999. Pernah juga mampir ke Jakarta untuk mempromosikan Instinct dan sempat tampil dalam salah satu acara live music di salah satu stasiun televisi kita dan menyanyikan lagu Special Kind of Something, dengan memakai kemeja merah dan celana panjang hitam (kalau saya tidak salah ingat) .. ada yang masih ingat ?

PhotobucketDi awal tahun 2000 Kavana hijrah ke Los Angeles untuk mengembangkan karier bermusiknya dan juga aktingnya dan akhirnya dia mendapatkan bagian untuk iklan TV sebelum mendapatkan peran sebagai Dr. Johnny dalam serial MTV yang berjudul Undressed di tahun 2001 yang menceritakan tentang kehidupan seksual dan romantis anak muda di Los Angeles. Setelah merasa percaya diri dan yakin dengan bekal akting yang didapatnya, Kavana kembali ke London pada tahun 2006 dan dengan cepat dia mendapatkan lagi peran sebagai Will dalam beberapa episode serial Hollyoaks : In the City. Selain itu Kavana juga bergabung dengan Jools Holland, seorang pianis, penyanyi, komposer dan presenter televisi dari Inggris sebagai vokalis tambahan dan juga backing singer dalam konsernya di UK

Setelah agak lama vakum dari dunia musik karena sibuk dengan akting, akhirnya dia memasukkan salah satu demo lagunya ke official MySpacenya dan sudah lebih dari 20.000 orang yang mendengarkannya, selain di MySpace, demo trsebut juga bisa dilihat di YouTube. Penampilannya sudah terlihat lebih dewasa dalam video demo tersebut, dan lagunya pun juga sedikit berbeda, terdengar agak sedikit ada sentuhan electronicnya. Lumayan menarik tetapi sayang sampai saat ini tidak ada kabar mengenai kelanjutan album barunya ataupun rilisan resmi single baru tersebut.

Di tahun 2007, tepatnya pada tanggal 7 April 2007 Kavana muncul sebagai salah satu kontestan Grease is the Word dan berhasil memasuki tahap “bootcamp” bersama dengan Alison Crawford. Bersama Alison, Kavana berhasil memuaskan para juri dan memasuki tahap final, meskipun Alison tereliminasi, Kavana berhasil menjadi runner up pada tanggal 9 Juni 2007 kemudian di tahun 2008, dia tampil dalam produksi teater berjudul the Extra Factor, sebuah fiksi drama musikal yang dibuat berdasarkan acara reality show the X Factor.

Discography
1997 Kavana
1999 Instinct
1999 Thank You : Greatest Hits [Asian]
2007 Special Kind Of Something – The Best Of Kavana

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Lagu Kavana apa yang paling kamu suka?

Related posts

Leave a Reply