Trending News

Blog Post

Album of The Day: Fantasia – Back To Me
Album of The Day

Album of The Day: Fantasia – Back To Me 

PhotobucketAlbum R&B soul ini memberikan dua belas track dan satu official single. “Back To Me” adalah album kembalinya Fantasia, setelah merilis “Fantasia” pada tahun 2006. Steve Harvey, komedian asal Amerika mengusulkan “Back To Me” sebagai judul album studio ketiga tersebut ketika Fantasia mengunjungi acara radio dipagi hari yang dipimpin oleh Steve.
Sukses dapat diraih Fantasia, buktinya pada penjualan minggu pertama, sudah habis 117.000 album dan debuting pada posisi #2 pada U.S. Billboard 200 dan #1 pada U.S. Billboard R&B / Hip-Hop Chart, dan ini merupakan album Fantasia yang paling sukses dibandingkan yang sebelumnya, sampai saat ini.

Track pertama dibuka oleh “I’m Doin’ Me” yang khabarnya akan dirilis sebagai official single kedua dari album “Back To Me”, bahkan “I’m Doin’ Me” sudah masuk U.S. Billboard Hot R&B / Hip-Hop Songs, dimana langsung menempati posisi #97, lagu dengan aliran soul ini sangat menonjolkan vokal Fantasia yang sangat khas, bahkan pada intro, Fantasia memberikan prologue sebelum memamerkan vokal soul yang boleh dibanggakan.

“Bittersweet” yang diproduseri oleh Chuck Harmony telah dirilis sebagai single kedua dan official single pertama dari album “Back To Me”, bisa dikatakan lead single dengan aliran R&B dan soul ini cukup mendapat perhatian dari penggemar musik R&B, terbukti dengan masuknya single “Bittersweet” pada posisi #7 pada U.S. Billboard Hot R&B / Hip-Hop Songs dan posisi #74 pada U.S. Billboard Hot 100. Untuk “Bittersweat” sendiri dirilis pada 11 Mei 2010 dengan format digital download. Sedangkan untuk official music video yang diarahkan oleh Lenny Bass yang menampilkan Devin Thomas, telah dipublikasikan melalui Vevo.Com pada 25 Juni 2010.

Masih dengan genre yang sama, beat yang lebih up dibandingkan dua track sebelumnya, “Man Of The House” dengan durasi 3 menit 20 detik memberikan mood yang semangat, hanya saja Pop R&B lebih mendominasi pada lagu ini. Vokal R&B yang dimiliki Fantasia memang merupakan talenta yang menakjubkan, dibuktikan dengan Pop R&B dalam ballad “Who’s Been Lovin’ You”, lagu yang diproduseri oleh Carlos McKinney atau terkenal dengan stage name Los Da Mystro, memberikan instrumen piano pada nada-nada yang dinyanyikan oleh Fantasia, tak heran, karena sang produser merupakan seorang pianis ternama, sehingga unsur piano dimasukkan untuk memberi warna pada lagu tersebut.

Salah satu memorable song pada album ini adalah lagu yang diproduseri oleh Oak dan Andrew Wasel yang berjudul “Collard Greens And Cornbread”. Lirik romantis dan tipikal merupakan ballad R&B, terutama ketika Fantasia menyanyikan pada bagian chorus, dimana feel dalam lagu dapat dirasakan secara maksimal. “Teach Me” merupakan lagu pada track enam, lagu ini sedikit membosankan, meskipun permainan vokal Fantasia sebenarnya dapat diancungi jempol, hanya saja feel yang didapat tidak klimaks, vokal Fantasia dengan backing vocal sepertinya tidak terlalu sinkron dan kesannya sedikit memaksa.
Masih dengan genre yang sama, “Move On Me” tak jauh berbeda dengan track sebelumnya, tak heran, kedua lagu ini diproduseri oleh tim yang sama, Malay And KP, hanya saja chorus pada lagu ini lebih baik dibandingkan lagu sebelumnya, mungkin karena vokal Fantasia yang mengambil suara tinggi terdengar agak husky sehingga memberikan kesan sexy. Track delapan diisi oleh Fantasia dengan lagu yang berjudul “Trust Him” dimana Fantasia kagum akan love interest yang dianggapnya sempurna untuk dirinya, tentunya ciri khas vokal R&B dan soul tetap menghiasi lagu ini.

Jenis musik soul tetap menjadi pilihan Fantasia dalam melantunkan “The Thrill Is Gone” pada track sembilan, blend antara musik gospel dan R&B dengan menggunakan ritma yang lebih catchy, vokal Cee-Lo Green dari Gnarls Barkley memberikan warna yang lebih hidup pada lagu ini ketika ia melantunkan rap. One of the best song from “Back To Me”. “Falling In Love Tonight” adalah lagu pop R&B yang mengisi track sepuluh, sebuah lagu dengan tema jatuh cinta, diproduseri oleh Jim Jonsin dan Rico Love, tempo medium dan earlicious. “Even Angels” mengisi track sebelas, dan dirilis sebagai promotional single pada 2 Februari 2010, sungguh sayang, lagu ini sebenarnya salah satu lagu terbaik, akan lebih baik jika dirilis sebagai official single, jenis musik yang diberikan adalah pop R&B, lagu ini pernah dibawakan Fantasia pada The Opray Winfrey Show.

Track penutup adalah “I’m Here” yang menjadi lagu tema dari acara musikal yang berjudul “The Color Purple” diproduseri oleh Brenda Russell, Allee Willis dan Stephen Bray, lagu ini mengingatkan vokal Fantasia pada saat menyanyikan “I Believe” pada tahun 2004 saat memenangkan American Idol, dimana nuansa broadway terasa sangat kuat dalam lagu ini, sekali lagi, “I’m Here” merupakan salah satu lagu terbaik dari album yang berjudul “Back To Me”.

Official Website Fantasia
(Joe Ronald / CreativeDisc Contributors)

Daftar Lagu:
01. I’m Doin’ Me
02. Bittersweat
03. Man Of The House
04. Who’s Been Lovin’ You
05. Collard Greens And Cornbread
06. Teach Me
07. Move On Me
08. Trust Him
09. The Thrill Is Gone (Featuring Cee-Lo Green)
10. Falling In LoveTonight
11. Even Angels
12. I’m Here

Related posts

Leave a Reply