Trending News

Blog Post

September Artist of The Month – Katy Perry
Artist of The Month

September Artist of The Month – Katy Perry 

Photobucket
Pertama, dia udah berani bilang ke orang ‘Ur So Gay’. Abis itu, dengan bangga dia ngaku ‘I Kissed A Girl’ and she likes it! Kemudian, dia sempat-sempatnya ‘Thinking Of You’ padahal dengan bersama cowok lain. Dia tak lain dan tak bukan adalah Katy Perry. Cewek yang aslinya bernama Katheryn Elizabeth Hudson ini memang cewek California. Dia lahir di Santa Barbara 25 Oktober 1984. Kebolehan bermusik yang iya punya adalah mencipta lagu, menyanyikannya, sekaligus bermain gitar. Bisa jadi ini adalah turunan dari papanya yang memang musisi yang aktif dalam musical scene.

Katy Perry juga punya darah Jerman dan Portugal yang ia dapat dari sang ibu. Katy kecil suka nyanyi di depan ortunya yang kemudian meanyarankannya untuk lebih fokus ke belajar vokal. Hasilnya, Katy ikuti saran ortu dan di Santa Barbara dia juga eksis di Music Academy of the West sekaligus mempelajari opera Italia. Dunia Katy berisi musik melulu….

Dari panggung depan ortu ke panggung yang lebih menjanjikan. Katy diboyong ke Tennesse. Enggak cuma itu, dia juga mulai nulis lagu sendiri, belajar untuk mengasah kemampuannya. Setelah itu, dia membuat demo tape hingga berhasil dikontrak sama Red Hill musik, sebuah label rekaman Christian. Umurnya waktu itu: 15 tahun. Nama komersilnya adalah Katy Hudson, dan dia berhasil membuat album gospel beraliran rock. Sayangnya, albumnya enggak sukses, dan Red Hill juga bangkrut. Pantang menyerah, Katy menuju Los Angeles untuk kerja bareng Glenn Ballard di bawah label rekaman Island. Katy pun mengubah namanya dari Katy Hudson menjadi Katy Perry, karena dinilai terlalu mirip sama bintang film Kate Hudson. Perry adalah nama gadis ibunya. Rencananya, Katy merilis album di tahun 2005 bareng Island, tapi menurut Billboard album ini enggak kejadian. Dan Katy didepak dari Island, setelah sebelumnya sempat ikutan ngisi soundtrack film The Sisterhood of the Travelling Pants membawakan lagu berjudul ‘Simple’. Lepas dari Island, Katy digandeng Columbia. Label ini menginginkan Katy jadi vokalis untuk proyek milik The Matrix (produser yang banyak kerjasama bareng Shakira, Avril Lavigne, dan juga Hilary Duff) tapi kemudian ditunda oleh pihak label. Merasa enggak ada kejelasan, Katy membuat saja proyek musiknya sendiri. Dan ketika ini hampir selesai, Katy justru dicampakkan dari Columbia yang memutuskan untuk tidak melanjutkan proses pengerjaan album Katy. Wah, enggak gampang ternyata bagi Katy untuk menjadi seorang artis rekaman. Karena itulah Katy jadinya going indie. Tapi tetap eksis, karena dia juga nongol di lagunya P.O.D berjudul ‘Goodbye For Now’ dan tampil di video Carbon Leaf ‘Learn To Fly’ juga Gym Class Heroes ‘Cupid’s Chokehold’ yang membuatnya terlibat asmara dengan vokalisnya, Travis McCoy. Selanjutnya, bakatnya dilirik oleh bos Virgin Records yang mengantarkannya ke sebuah kontrak rekaman bersama Capitol.

Nah, di Capitol lah karirnya benar-benar menanjak. Katy membuat EP “Ur So Gay” di tahun 2007 yang ternyata memikat perhatian Madonna. Katy pun makin eksis dengan tampil di serial Wildfire yang tayang di ABC. Langkah berikutnya adalah full album dengan single pertama yang menggemparkan. ‘I Kissed A Girl’ hadir di pertengahan 2008 dan berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 Singles. Selain Amerika, single ini juga merajalela di 30 negara lain, antara lain Kanada, Australia, dan Inggris. Single ini juga mengantarkan Katy menjadi nominator Grammy tahun 2009 untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance. Album pertama Katy “One Of The Boys” menyusul sebulan kemudian dan berhasil terjual sebanyak 7 juta kopi hingga saat ini di seluruh dunia. What a debut! Untuk album ini Katy kerja bareng Greg Wells, Dr. Luke, Glen Ballard, Dave Katz, dan masih banyak lagi. Single-single lain yang semakin mengangkat namanya adalah ‘Hot N Cold’ (yang juga memasukkan Katy ke kategori Best Female Pop Vocal Performance untuk kedua kalinya di ajang Grammy), ‘Thinking Of You’, dan ‘Waking Up In Vegas’. Kesuksesan Katy Perry tak terbendung. Berkat album ini dia juga berhasil memenangkan ESKA Music Awards, BRIT Awards, ECHO Music Awards, Los Premiros MTV Latinoamerica, MTV Europe Music Awards, MTV Australian Music Awards, MTV Video Music Awards Japan, NRJ Music Awards, People’s Choice Awards, Teen Choice Awards, Teen Music, TV Guys Choice Awards, Virgin Music Awards, dan Glamour Women of the Year Awards di tahun 2009. Serta berbagai unggulan seperti NME Awards, World Music Awards, MP3 Music Awards, Bravo A-List Awards, TMF Awards, Kids Choice Awards, Q Awards, dan berbagai penghargaan musik dunia lainnya.

Penampilan kedua Katy Perry lebih dan lebih sensasional dari ‘I Kissed A Girl’. Dia sudah membuktikannya dengan merajai kembali tangga lagu Billboard Hot 100 Singles dan chart-chart musik lainnya di berbagai belahan dunia dengan ‘California Gurls’. Tak lama dari kesuksesan itu, Katy merilis single kedua ‘Teenage Dream’ yang sedang merambah ke posisi teratas tangga lagu. Menyusul album keduanya “Teenage Dream” yang juga berisi track-track lebih gila dari ‘I Kissed A Girl’. Untuk album ini, Katy bekerja sama dengan Stargate, Tricky Stewart, Max Martin, dan juga beberapa produser yang kerja bersama di album pertama, Greg Wells dan Dr. Luke. Album ini akan semakin memperkukuh posisi Katy dalam industri musik! One of the most anticipated album of the year! Untuk itu, dengan bangga CreativeDisc dan Warner Music Indonesia menyambut kesuksesan Katy Perry lewat “Teenage Dream” sebagai Artist of the Month September ini!

Trivia:
1. Katy Perry lama pacaran dengan Travis McCoy, tapi setelah putus, Katy menjalin hubungan dengan Russell Brand dan kemudian mereka bertunangan di akhir 2009.
2. Masih dari tahun 2009, Katy Perry merilis album “MTV Unplugged” yang berisi 7 lagu. 2 lagu di antara adalah lagu baru, yaitu ‘Brick by Brick’ dan ‘Hackensack’ yang merupakan cover version dari Fountains of Wayne.
3. Setelah P.O.D dan Gym Class Hearoes, Katy juga berkontribusi untuk album “Want Deluxe” milik 3Oh!3 membawakan single ‘Starstrukk’ yang kemudian dijadikan soundtrack untuk film When In Rome. Katy juga tampil di album “Shockvalue II” milik Timbaland membawakan single ‘If We Ever Meet Again’.
4. Untuk MTV Video Music Awards tahun ini, Katy diunggulkan di 2 kategori, Best Female Video dan Best Pop Video, keduanya untuk ‘California Gurls’.

Official Websitenya
Baca Review Albumnya “Teenage Dream” disini
Official Website
Official Facebook
Official Twitter

(Intro by: Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply