Trending News

Blog Post

Single of The Day: Manic Street Preachers – (It’s Not War) Just The End of Love
Single of The Day

Single of The Day: Manic Street Preachers – (It’s Not War) Just The End of Love 

PhotobucketBand alternative rock asal Wales yang sudah berdiri sejak tahun 1988 dan sudah mengeluarkan 10 album ini akan kembali lagi dengan materi terbarunya berjudul “Postcards From A Young Man”. Trio yang terdiri dari James Dean Bradfield, Nicky Wire dan Sean Moore yang dulunya sempat terkenal di era 90’an dengan hit single “If You Tolerate This Your Children Will Be Next” ini sebelumnya telah mengeluarkan album “Journal For Plague Lovers” yang liriknya merupakan peninggalan gitaris mereka yang hilang di tahun 1995, Richey Edwards dan Nicky sendiri menegaskan tidak akan follow-up dari album ini justru materi terbaru mereka akan baru dan sama sekali tidak akan ada sangkut pautnya dengan album kesembilan mereka itu.

Awalnya album ini diberi title “(It’s Not War) Just The End Of Love” dan basis mereka menegaskan album ini akan menjadi “one last shot at mass communication” dan berharap album ini akan laku keras dan menjadi radio hits seperti apa yang mereka lakukan dulu di era pertengahan dan akhir 90’an.

Single ini sendiri akan dikeluarkan September nanti namun kehadirannya di radio-radio Indonesia membuat saya tertarik membuat reviewnya karena saya memang menjadi salah satu penggemar berat dari band ini. Single ini sendiri sudah diluncurkan di radio Inggris pada akhir Juli lalu dan video klipnya dirilis Agustus lalu dengan menampilkan permainan catur dan juga Michael Sheen, aktor Inggris yang sudah memainkan banyak sekali film handal seperti Frost/Nixon, The Queen dan juga The Damned United. Langsung saja kita membedah single mereka yang selalu masuk top 40 di UK Singles Chart ini semenjak “Stay Beautiful”.

Ketukan drum yang disahut dengan petikan gitar yang soulful dibalut dengan bunyi biola menambah megah opening lagu ini. Di bagian reff pertama memang belum ada tanda-tanda bagusnya track ini, masuk di bagian reff kedua, vokal James yang prima dan juga musik yang ear-friendly dan ringan membuat lagu ini semakin bernyali. Di pertengahan lagu permainan lincah Nicky dimainkan sebelum dibalas dengan raungan gitar James dan pukulan medium namun pasti dari Sean, benar benar eksplosif di bagian ini. Vokal Nicky juga diselipkan di sini (dimana sedikit mengingatkan kita akan “Your Love Alone Is Not Enough” dimana suara dia tiba-tiba muncul sebagai backing vokal). Dan lagu ini mempunyai ending yang menarik dan pas sesuai porsinya.
Nuansa lagu ini juga sedikit tercampur dengan rock 90’an awal.

Pengaruh Bon Jovi dan Aerosmith juga cukup kuat di lagu ini. Lagu ini ringan, typical Manic Street Preachers (yang enak didengar singlenya) dan ear-friendly. Liriknya sendiri cukup simple jika dibandingkan karya mereka sebelumnya. Alur lagu ini juga bagus dan saya perkirakan akan debut di 3 besar UK Singles Chart. Jika ditilik lagi judul lagu ini cukup unik and surely this track is so awesome. Dan jika mereka mendeskripsikan musik di album ini adalah “Heavy Metal Motown”, saya kira ini cukup untuk itu. Can’t wait for their full album soon.

Lihat Music Videonya disini
(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Lyrics:
To feel forgiveness, you gotta forgive
Do you see the stars or the darkness begin?
You fight your war, I fought for my life
You pay your dues and I’ll pay mine

It’s not war, just the end of love
Just like before but it’s never enough
Oh it’s never enough

You fight your war, I fight for my life
You pay your dues, and I won’t pay mine
To feel forgiveness you gotta forgive
It’s lost on me, I believe in revenge

It’s not war, just the end of love
You’ve got the looks
But I’ve got the stars
It’s not war, just the end of love
To feel some tenderness
Do you have to give up?
Do you have to give up?
Ooh do you have to give up?

guitar solo

It’s not war, just the end of love
(just the end of…)
Just like before, but it’s never enough
It’s not war just the end of love
You weathered the storm but sheltered the loss
but sheltered the loss
but sheltered the loss

Related posts

Leave a Reply